Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh berupa informasi mengenai pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah serta hal-hal yang memengaruhi pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Sumber data pada penelitian ini yakni kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, kepala perpustakaan, guru Bahasa Indonesia, serta peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 4 Kota Bengkulu telah melaksanakan beberapa program literasi, seperti 1) kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran, 2) jurnal membaca, 3) penghargaan pengunjung perpustakaan, 4) sudut baca dan pondok belajar, serta 5) kunjungan perpustakaan daerah. Program-program tersebut belum terlaksana dengan maksimal, karena tidak adanya Tim Literasi Sekolah. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu masih berada pada tahap pembiasaan.Kata kunci: implementasi, Gerakan Literasi Sekolah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018