Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika
Vol 19, No 1 (2019): Maret 2019

GAYA KOMUNIKASI RELAWAN SERAMBI INSPIRASI DALAM MEMBANGUN MINAT BELAJAR ANAK (Studi Deskriptif Kualitatif Pada SD Dinamika Indonesia Bantar Gebang-Bekasi)

Erita Riski Putri (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Aryadillah - (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Umar Muhammad (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2019

Abstract

Pendidikan formal maupun informal yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan anak, akan menjadi pemacu utama kesuksesan pada masa depan. Dengan begitu, hal ini dapat dilihat dari gaya komunikasinya relawan pegajar. Relawan mempunyai gaya bagaimana mereka berkomunikasi dengan anak untuk membangun minat belajarnya. Dengan latar belakang kawasan sampah serta orang tua yang kebanyakan pekerja sebagai pemulung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi relawan serambi inspirasi dalam membangun minat belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara secara langsung dengan para relawan Serambi Inspirasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gaya komunikasi yang digunakan oleh Relawan adalah The Equalitarian Style yang didukung adanya beberapa aspek gaya komunikasi yaitu Dramatic, Animated Expresive, Open, Relaxed, Attentive, Impression Leaving, Friendly, dan Precise. Pada hasil pembahasan, didapat peningkatan adanya minat belajar anak dengan gaya komunikasi yang dilakukan oleh para relawan Serambi Inspirasi. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Cakrawala difokuskan kepada kajian dan keilmuan bidang Humaniora dan Sosial yang meliputi bidang Bahasa, Komunikasi, ...