Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran explicit instruction yang dimodifikasi menggunakan aplikasi matematika wingeom lebih baik dibandingkan model pembelajaran explicit instruction tanpa modifikasi pada materi bangun ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu dengan mengambil dua kelompok yang dijadikan sampel penelitian. Kelompok pertama diberikan model pembelajaran explicit instruction berbasis aplikasi wingeom, dan kelompok yang kedua diberikan model pembelajaran explicit instruction tanpa modifikasi. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Hikmah Ngompak Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi dengan jumlah sampel 61 siswa, dengan pembagian 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Pemilihan sekolah didasarkan pada jumlah kelas yang tersedia cukup banyak dan sarana prasarana yang memadai untuk pembelajaran. Uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji-t dengan uji prasyarat uji nomalitas dan homogenitas pada kedua kelompok sampel. Soal yang diujikan untuk memperoleh nilai prestasi sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini adalah rata-rata kelas eksperimen 80,67 dan kelas kontrol 60,32. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji-t dan a= 5% diperoleh tobs = 1,187 dan ttabel = 1,645 sehingga DK= {t│t< -1,960 atau t>1,960}. Simpulan uji hipotesis adalah H0 ditolak maka prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran explicit instruction dengan aplikasi wingeom lebih baik daripada model explicit instruction tanpa aplikasi wingeom. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran explicit instruction berbasis aplikasi wingeom memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari pada model pembelajaran explicit instruction tanpa aplikasi wingeom pada materi bangun ruang.
Copyrights © 2018