Keberhasilan mahasiswa pada akhir semester secara akademik dapat dilihat dari pencapaian indek prestasi mahasiswa. Indek prestasi itu sendiri dapat dipengaruhi oleh keyakinan, kemampuan adaptasi mahasiswa selama kuliah dan juga pola asuh orang tua mahasiswa. Kemampuan adaptasi setiap mahasiswa pada lingkungan kampus berbeda-beda satu sama lainnya, hal ini juga dapat dipengaruhi oleh pola asuh yang dimiliki oleh orang tua mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan adaptasi lingkungan dengan Indek prestasi mahasiswa semester 5 angkatan 2015 di STIKes Majapahit Mojokerto. Penelitian ini menggunakan desain corelasional dengan teknik samplingtotal sampling. Jumlah sampel adalah 34 mahasiswa semester 5 angkatan 2015 di STIKes Majapahit, dan penilitian dilakukan pada bulan September 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah pola asuh orang tua mahasiswa adalah demokrasi yakni sebanyak 13 orang (38.2%), sebagian besar adaptasi lingkungan yang dilmiliki mahasiswa adalah positif yakni sebanyak 18 orang (52.9%), dan hampir setengah mahasiswa memiliki Indek prestasi yang sangat rendah yakni sebanyak 10 orang (29.4%). Berdasarkan penghitungan uji Fisher Exact Probability Test menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pola asuh orang tua dengan Indek prestasi mahasiwa (pvalue = 0,025) dan ada hubungan antara adaptasi lingkungan dengan Indek prestasimahasiswa (pvalue = 0,032), pada mahasiswa semester 5 angkatan 2015 di STIKes MajapahitMojokerto. Pencapaian indek prestasi yang sangat beragam ini dapat dikarenakan masih ada orang tua yang belum demokratis dalam mengasuh anaknya. Selain itu juga masih adanya mahasiswa yang memiliki adaptasi lingkungan negatif. Akhirnya hal ini yang menyebabkan terjadinya disparietas hasil Indek prestasi dikalangan mahasiswa. Kata Kunci : pola asuh, adaptasi lingkungan, prestasi akdemik, mahasiswa.
Copyrights © 2017