MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 2 No 1 (2019): January 2019

Model Pembelajaran Terpadu Mata Pelajaran IPS Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tema Indahnya Kebersamaan

Muhamad Arif (STAI Al-Azhar Menganti Gresik)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2019

Abstract

Model pembelajaran adalah sebuah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur secara sistematis agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran juga menjadi sebuah pedoman bagi guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran maka sangatlah perlu melakukan pembaruan tentang sebuah model pembelajaran pada kurikulum terpadu (tematik) yang sangat mudah di pahami oleh peserta didik terutama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), tentang keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia. Model-model pembelajaran terpadu, meliputi: Model dalam satu desain ilmu meliputi model keterhubungan, yaitu model connected dan model nested. Model antar mata pelajaran yaitu keterurutan antar mata pelajaran, meliputi: sequenced, shared, webbed, threaded, integrate. Model lintas siswa yaitu: Immersed dan networked. Dan model pembelajaran terpadu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), meliputi: Model integrasi berdasarkan tema, Model integrasi berdasarkan potensi utama dan Model integrasi berdasarkan masalah. Penulis menggunakan model integrasi berbasis tema agar siswa lebih mudah memahami, terutama kelas IV tema indahnya kebersamaan di madrasah ibtidaiyah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mida

Publisher

Subject

Description

MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam contains scientific studies on education in Madrasas or Elementary Schools, educational innovations, and educational thinking in the form of: 1) Research results, 2) Conceptual ideas, 3) Literature studies, and practical ...