Jurnal TAMBORA
Vol 2 No 3 (2017): EDISI 5

MEME POLITIK DI MATA PEMILIH MUDA SUMBAWA

Arzak, Miftahul (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan pemilih muda terhadap kampanye politikmenggunakan Meme. Meme dalam kampanye politik praktis tergolong dalam kampanye kreatif danbaru di Indonesia, khususnya di Sumbawa. Terlebih disebarkan melalui media sosial. Dalam penelitianini, peneliti akan menggunakan metode analisis resepsi (reception analysis) milik Stuart Hall untukmelihat bagaimana penerimaan dan tanggapan pemilih muda di Sumbawa terhadap Meme sebagaiMedia Kampanye Politik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Periode 2016-2021di media sosial. Pertama, Peneliti akan mencari Preferred Reading dari Meme sebagai salah satu mediakampanye dengan melakukan encoding-decoding. Dari Preferred Reading tersebut, peneliti akanmendapatkan wacana yang hadir di dalam Meme serta menjadi acuan pertanyaan ke informan. Kedua,Peneliti akan mewawancarai narasumber yang merupakan Pemilih Muda di Kabupaten Sumbawa,antara lain 4 sampel dari pelajar Sekolah Menengah Atas dan Mahasiswa yang berumur 17-19 tahunatau yang baru pertama kali ikut berpartisipasi pada pemilihan umum di Sumbawa. Persebaran sampelberada pada Kabupaten Sumbawa bagian Barat, di Kabupaten Sumbawa bagian Timur, di KabupatenSumbawa bagian Selatan dan di Kota Sumbawa. Dari penelitian tersebut akan didapatkan penerimaaninforman terhadap meme sebagai media kampanye politik pada Pemilihan Bupati Sumbawa Periode2016-2021.

Copyrights © 2017