Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika
Vol 3, No 1 (2017)

Menuju Sosio Applied Science : Studi Pendekatan Sosiofotografi (Human Interest Photography) sebagai Metode Pembelajaran Sosiologi

Wahyu Munanto (Guru Sosiologi SMAN 16 Bekasi, Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
31 May 2017

Abstract

AbstrakArtikel ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran Sosiologi ke arah applied science lewat media Sosiofotographi (Human Interest) bagi siswa SMAN 16 Bekasi sebagai salah satu metode belajar yang memberikan ruang aplikatif kepada siswa agar mampu menangkap gejala sosial di sekitar mereka lewat media foto. Artikel ini dalam penelitian sosial diklasifikasikan sebagai action research, yang memiliki pandangan bahwa pengetahuan dapat dibangun dari pengalaman yang terbentuk dari tindakan. Dengan demikian orang dapat ditingkatkan kemampuannya melalui tindakan penelitian. Subjek dalam artikel ini adalah siswa-siswi SMAN 16 Bekasi. Teknik pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dengan pengamatan dan penilaian secara langsung yang dilakukan sehari-hari oleh peneliti. Penelitian ini memberi gambaran bahwa sosiofotografi adalah sebuah pendekatan pembelajaran Sosiologi yang berbentuk karya foto untuk selanjutnya di gabung dengan scrapbook. Dalam sosiofotografi Guru Sosiologi tak hanya mempunyai peran sebagai guru namun juga sebagai kurator foto, yang menyebabkan jika Guru Sosiologi ingin melaksanakan pendekatan sosiofotografi ini, maka guru sosiologi tersebut haruslah mempunyai pengetahuan minimal fotografi. Karena dalam mekanisme fotografi Guru Sosiologi dituntut mampu menyesuaikan hasil foto karya siswa dengan materi Sosiologi yang diajarkan. Diharapkan siswa mampu lebih peka terhadap gejala sosial disekitar mereka, penulis juga memberikan contoh beberapa siswa SMAN 16 Bekasi yang mampu berprestasi jika proses metode sosiofotografi ini berhasil dilaksanakan dengan benar. Kata Kunci: sosiofotografi, human interest, realitas sosial. AbstractThis article aims to develop sociology learning method toward applied science through Sosiofotographi (Human Interest) media for students of SMAN 16 Bekasi as one of the learning method that gives applicative space to students to be able to capture social phenomena around them through photo media. This article in social research is classified as action research, which holds the view that knowledge can be built on the experience formed by action. Thus, people can be increased their ability through research action. Subjects in this article are students of SMAN 16 Bekasi. Technique of data collecting done by leather with direct observation and assessment conducted by everyday by researcher. This study illustrates that socio-photography is a sociology learning approach in the form of photographic works for the next join with scrapbook. In socio-biography Teacher sociology not only has a role as a teacher but also as a photo curator, which causes if the sociology teacher wants to implement this socio-photography approach, then the sociology teacher must have minimal knowledge of photography. Because in the photography mechanism of sociology teachers are required to be able to adjust the results of student work photographs with sociology material taught. It is expected that students can be more sensitive to the social phenomena around them, the author also gives examples of some students of SMAN 16 Bekasi who are able to perform if the process of this sociophotographic method successfully implemented correctly. Keywords: socio-photography, human interest, social reality.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Hermeneutika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

“Hermeneutika”memuat hasil penelitian yang berkaitan dengan pengembangan sains dan teknologi dalam bidang ...