TULISAN ini merupakan satu bagian dari hasil penelitian yang bertujuan untukmendeskripsi genre tulis yang telah diperoleh atau dicapai oleh pembelajar sekolahmenengah pertama (SMP) di Sumatra Utara dan mengajukan model pembelajaransesuai dengan Kurikulum 2013 berdasarkan perolehan genre itu. Desain penelitianadalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah 333 pembelajar SMP dan 18 guru darienam sekolah yang mewakili SMP yang tersebar di wilayah Provinsi Sumatra Utara.Dari sumber data itu diperoleh data berupa teks atau genre yang ditulis pembelajar SMP, deskripsi pembelajaran genre di kelas, dan transkripsi percakapan dengan guru yang masing-masing diperoleh dengan teknik elisitasi data, observasi pembelajaran menulis genre di kelas, dan wawancara dengan guru. Teks yang ditulis pembelajar dianalisis dengan teori linguistik fungsional sistemik (LFS). Data dari observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajar SMP telah memperoleh sembilan jenis genre yang pada prinsipnya didominasi oleh genre bercerita. Sejumlah unsur konteks sosial persekolahan di satu sisi menghambat dan di sisi lain memfasilitasi pembelajaran genre. Atas dasar unsur yang memfasilitasi dan yang menghambat itu, model pembelajaran genre berdasarkan Kurikulum 2013 diajukan yang pada dasarnya merupakan perpaduan antara genre-based learning dan pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam Kurikulum 2013.
Copyrights © 2014