Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4 No 2 (2015): November 2015

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL SINEKTIK DAN MODEL SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA

Krisbiono, Agung Dias (Unknown)
Supriyanto, Teguh (Unknown)
Rustono, Rustono (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan penggunaan model sineltik dan model simulasi dalam pembelajaran menulis teks drama berdasarkan gaya belajar peserta didik kelas XI. Kemampuan menulis teks drama merupakan keterampilan yang membutuhkan kreativitas peserta didik untuk menuangkan ide, pengetahuan dan pengalamanya. Selama ini proses pembelajaran menulis masih bersifat teoretis, lebih menonjolkan aspek pengetahuan dan pemahaman saja, guru dalam menggunakan model pembelajaran masih kurang maksimal, sedangkan aspek praktik belum mendapatkan perhatian guru. Hasil penelitian ini dapat membuktikan keefektifan penggunaan model sinektik dan model simulasi pada peserta didik yang bergaya belajar visual dan auditorial sehingga hasil belajarnya menjadi optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

seloka

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia publishes articles of original researchs and conceptual studies about Indonesian language, literature, learning and teaching. This journal is published by Study Program Pendidikan Bahasa Indonesia, Postgraduate Universitas Negeri ...