Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap pemahaman membaca teks narasi bahasa Inggris. Mengetahui pengaruh tata bahasa terhadap pemahaman membaca teks narasi bahasa Inggris. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa secara bersama-sama terhadap Pemhaman membaca teks narasi bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, sampel diambil sebanyak 30 siswa dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data menggunakan instrument: tes, analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, modus, standar deviasi dan statika inpresial yaitu untuk mencari koefisien korelasi dengan uji t. Proses penelitian ini berlangsung hampir 1 bulan dimana peneliti melakukan tes langsung di kedua kelas tersebut. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2016. Hasil menunjukkan; 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan penguasaan tata bahasa secara bersama-sama terhadap pemahaman membaca teks narasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 12,281. Secara bersama-sama penguasaan kosakata dan penguasaan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 34,3 % terhadap variable pemahaman membaca teks narasi. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap pemahaman membaca teks narasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,010 < 0,05 dan th = 3,349. Variabel penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 21,89 % dalam meningkatkan pemahaman membaca teks narasi. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan tata bahasa terhadap pemahaman membaca teks narasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,027 < 0,05 dan th = 2,287. Variabel penguasaan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 12,44 % dalam meningkatkan pemahaman membaca teks narasi.Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Tata Bahasa, Pemahaman Membaca Teks Narasi Bahasa Inggris
Copyrights © 2017