Studi ini dilakukan untuk melihat efektivitas Jigsaw sebagai upaya meningkatkan apresiasi cerpen siswa kelas IX SMP Pelita Bangsa Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan melalui model ini. Rata-rata nilai awal hanya sebesar 58,75 dalam kategori kurang dan pada akhir siklus I meningkat menjadi 74,60 pada kategori cukup tetapi masih di bawah KKM, dan pada akhir siklus II rata-rata nilai tes siswa sebesar 81,13 termasuk kategori baik. Dari siklus I ke siklus II terdapat kenaikan keaktifan, ketertarikan, dan partisipasi dari 68% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen siswa kelas IX SMP Pelita Bangsa, Tangerang Selatan. Kata Kunci: apresiasi cerpen, model pembelajaran Jigsaw.
Copyrights © 2019