Deiksis
Vol 11, No 01 (2019): Deiksis

Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Apresiasi Cerpen

Dien Mardiana Yulianti (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2019

Abstract

Studi ini dilakukan untuk melihat efektivitas Jigsaw sebagai upaya meningkatkan apresiasi cerpen siswa kelas IX SMP Pelita Bangsa Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan melalui model ini. Rata-rata nilai awal hanya sebesar 58,75 dalam kategori kurang dan pada akhir siklus I meningkat menjadi 74,60 pada kategori cukup tetapi masih di bawah KKM, dan pada akhir siklus II rata-rata nilai tes siswa sebesar 81,13 termasuk kategori baik. Dari siklus I ke siklus II terdapat kenaikan keaktifan, ketertarikan, dan partisipasi dari 68% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen siswa kelas IX SMP Pelita Bangsa, Tangerang Selatan. Kata Kunci: apresiasi cerpen, model pembelajaran Jigsaw.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Deiksis

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Deiksis is a journal that aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts, and theories in Indonesian language and ...