Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pola kalimat bahasa Inggris dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks analytical baik secara individual maupun simultan. Penelitian ini diadakan di SMAN 1 Cileungsi siswa kelas X1 dengan jumlah sampel 60 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah ex post facto. Data penguasaan pola kalimat bahasa Inggris, penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks analitycal diperoleh melalui test. Data dianalisis menggunakan metode statistic deskriptif, koefisien korelasi ganda, dan analisis regresi ganda. Untuk menguji statistic menggunakan uji T dan uji F. hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pola kalimat bahasa Inggris dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks analytical siswa baik secara individual maupun simultan. Hal ini ditunjukan oleh hasil regresi ganda R= 0.517 dengan kontribusi sebesar 26.7 %, dan Fobserved 10.386 dengan nilai sig= 0.000<0.05. Kata Kunci: Pola Kalimat Bahasa Inggris, Kosakata, dan Keterampilan Menulis
Copyrights © 2018