Strategi pembelajaran meliputi kegiatan-kegiatan menetapkan pendekatan, metode, teknik, dan standar keberhasilan. Salah satu dari strategi pembelajaran yang kita sudah ketahui adalah cooperative learning. Dalam pembelajaraan kooperatif, salah satu di dalamnya terdapat teknik peta konsep yang mana sangat cocok digunakan untuk membantu siswa dalam belajar dan memotivasi menulis cerita pendek. Kota Bumiayu merupakan sebuah kota kecil di daerah Pantura yang masuk dalam kabupaten Brebes. Berdasarkan pengamatan di lapangan, siswa SMP di kota Bumiayu ini merasa kesulitan dalam menulis cerpen. Hal tersebut dikarenakan beberapa kendala yang dialami oleh siswa SMP di Bumiayu berupa kesulitan menemukan tema, penokohan, setting/latar, plot/alur, amanat, diksi. Metode penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan filosofis dan pedagogis yakni menganalisis lebih dalam tentang strategi concept mapping dalam memotivasi menulis cerpen siswa SMP di kota Bumiayu. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi concept mapping atau peta konsep untuk menumbuhkan motivasi menulis cerpen pada siswa di SMP khususnya siswa SMP di kota Bumiayu. Hasil dari penelitian ini adalah penjabaran tentang penggunaan strategi concept mapping atau peta konsep dalam menumbuhkan motivasi menulis cerpen pada siswa SMP khususnya siswa SMP di kota Bumiayu.Kata kunci: concept mapping, motivasi, menulis, cerpen.
Copyrights © 2018