Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan
Vol 03, No 01 (Maret 2018) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklan

PERANCANGAN FOSIL DIGITAL DINOSAURUS DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI HOLOBOX DI MUSEUM GEOLOGI BANDUNG

Abdul Haris Rustaman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Museum Geologi Bandung merupakan salah satu museum terbesar di Indonesia yang banyak menyimpan fosil purbakala. Salah satu koleksi unggulan yang terkenal adalah replika fosil Dinosaurus Karnivora terbesar dan terganas yaitu Tyrannosaurusrex (Tyrex). Dinosaurus jenis ini merupakan objek yang menjadi primadona ketika mengunjungi Museum. Penerapan teknologi di Museum Geologi saat ini belum merata, informasi yang ditampilkan ketika mengujungi Dinosaurus disajikan masih bersifat statis berupa deskripsi teks, gambar dan fisik replika dari Tyrex. Hal ini belum dapat memberikan kesan visual yang dinamis dan interaktif. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini berupa Observasi, Wawancara dan Studi Literatur. Diperlukan sebuah teknologi digital berupa Hologram Box (Holobox). Pemilihan teknologi Holobox karena penggunaan media digital sebagai media display saat ini semakin berkembang. Berdasarkan data rekapitulasi terakhir dari Museum Geologi Bandung jumlah pengunjung museum kategori terbanyak yaitu SMP sebesar 1.161.947 orang dan SMA sebesar 557.905 orang. Pengguna dari perancangan ini ditargetkan untuk pengunjung remaja usia 12 – 18 tahun (SMP dan SMA) yang sedang aktif mempelajari dan mencari informasi tentang fosil Dinosaurus. Hasil dari perancangan ini adalah multimedia interaktif Hologram 3D (tiga dimensi) yang menampilkan informasi tentang Dinosaurus Tyrex secara dinamis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

demandia

Publisher

Subject

Arts Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Journal “demandia” is a print and electronic publication media which publishes the results of studies and research in the field of Visual Communication Design, Design Management and Advertising; published twice a year (March and September). The journal managed by Telkom University aims to ...