Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan
Vol 3 No 02 (2018): Vol 03, No 02 (September 2018) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manaj

KAJIAN GAYA BAHASA IKLAN ANTANGIN FIT PADA MEDIA SOSIAL

Ira Wirasari (Unknown)
Theodora Evipani BR Karo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2018

Abstract

Iklan merupakan tanda dan citra visual yang harus diberi makna. Melalui iklan informasi dapat disampaikan kepada konsumen tentang produk tertentu yang diiklankan. Adapun penelitian ini menganalisis gaya bahasa pada iklan Antangin FIT di media sosial, yang bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif iklan serta makna visual yang terkandung di dalam iklan Antangin FIT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik utama yaitu wawancara terhadap desainer iklan dan studi literatur serta menggunakan pendekatan teori semiotika Roland Barthes untuk mendeskripsikan makna visual yang terkandung di dalam iklan. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa strategi kreatif yang digunakan pada iklan Antangin FIT adalah dengan menggunakan strategi kreatif atau unique selling proposition (USP) yang berarti strategi proposisi penjualan unik. Alasan penggambaran sosok perempuan multitasking dikarenakan dapat menangani banyak pekerjaan atau kewajiban sekaligus perannya lebih banyak dibandingkan laki-laki. Hal ini terlihat dari aspek visual pada iklan yang menggambarkan perempuan memiliki banyak tangan. Sedangkan pada aspek tekstualnya terdapat kata “tumbang” yang mengandung gaya bahasa (majas) hiperbola Dengan demikian, iklan ini berfokus kepada strategi kreatif iklan yang menggunakan perempuan sebagai kekuatan di dalam iklan, meskipun banyak kegiatan atau pekerjaan yang ditangani selalu tetap FIT dengan produk Antangin FIT.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

demandia

Publisher

Subject

Arts Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Journal “demandia” is a print and electronic publication media which publishes the results of studies and research in the field of Visual Communication Design, Design Management and Advertising; published twice a year (March and September). The journal managed by Telkom University aims to ...