JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Vol 2, No 2 (2017): Volume 2 Number 2 September 2017

Kefektifan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kesantunan Tindak Tutur Imperatif

Mai Yuliastri Simarmata (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Pontianak)
Rini Agustina (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan bahan ajar berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan kesantunan tindak tutur imperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif dengan bentuk penelitian Research and Development (R dan D). Subjek yang dipilih mahasiswa kelas C Sore dengan jumlah 33. Instrumen pengumpul data adalah tes kesantunan berbahasa, wawancara, dan observasi. Untuk menganalisis keefektifan dari bahan ajar berbasis pendidikan karakter berbahasa untuk meningkatkan kesantunan berbahasa menggunakan desain pre eksperimental:one group pretest - posttest design. Berdasarkan output Test Statistics di atas, diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”. Artinya terdapat perbedaan antara hasil kesantunan berbahasa mahasiswa sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar berbasis pendidikan karakter berbahasa, sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis pendidikan karakter berbahasa melayu dialek Pontianak pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JP-BSI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JP-BSI), publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. It is published twice a year, namely in March and September. The scopes of the topics include, but not limited to: 1) Foreign language learning, Indonesian ...