Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3 No 1: Maret 2014

PENINGKATAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VII B

Lestari, Esti Puji (Unknown)
Setyaningsih, Nas Haryati (Unknown)
Mardikantoro, Hari Bakti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi proses pembelajaran menceritakan kembali cerita anak yang dibaca, mendeskripsi peningkatan keterampilan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca siswa, dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menceritakan kembali cerita anak yang dibaca dengan metode cooperative script. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes dan nontes. Nilai rata-rata siklus I 62,43 dan siklus II 77,67. Perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami perubahan ke arah yang lebih positif.The aim of this research is to describe learning process of retelling children story that is read, describing an increase of retelling children story’s skill that students read, and describe students behavior change after following learning of retelling children story that is read using cooperative script method. This research uses cycles PTK design that is conducted in two cycles, cycle I and cycle II. The result shows that there is development in the result of test and nontest. The average on the cycle I is 62,43 and cycle II is 77,67. The students behavior in following learning process changes to the more positive side.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and ...