Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4 No 2: Agustus 2015

PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENYUSUN TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK URAI UNSUR INTRINSIK BAGI SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Amalia, Arifa (Unknown)
Doyin, Mukh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan kebutuhan siswa dan guru terhadap buku panduan menyusun teks cerpen, (2) merumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku panduan menyusun teks cerpen dengan menggunakan teknik urai unsur instrinsik, dan (3) mendeskripsikan prototipe pengembangan buku panduan menyusun teks cerpen dengan menggunakan teknik urai unsur intrinsik bagi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan enam tahap. Buku panduan dikemangkan untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks cerpen. The purpose of this research are (1) the needs of students and teachers to arrange guide book to arrange short story text, (2) the principles of development Guide Book to Arrange Short Story Text that suit their needs, and (3) prototype Guide Book to Arrange Short Story Text for junior high school students. This research approach research and development (R & D) carried out by six stages. The guide book was developed to help improve the student’s ability to arrange text stories  

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and ...