Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Vol 11 No 1 Maret (2015): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan

KEPUASAN KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KUALITAS LAYANAN PEGAWAI BRSU TABANAN

Ni Made Kariati (Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali)
I Wayan Edi Arsawan (Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2017

Abstract

Dewasa ini proses dalam sebuah organisasi berjalan dengan kompleks dimana berlangsungnya suatu kegiatan secara terintegrasi dan bersinergi memerlukan pendekatan yang dinamis antar semua departemen dalam sebuah organisasi. Karena secara holistic sebuah organisasi berkeinginan membuat terciptanya kepuasan dari dalam (kepuasan karyawan) dan kepuasan dari luar (kepuasan pelanggan). Kepuasan kerja dapat ditinjau dari dua sisi yakni sisi karyawan dan sisi perusahaan. Karakteristik umum dari pekerjaan-pekerjaan yang yang bergerak dibidang jasa tersebut adalah interaksi intensif dengan konsumen, Rumah sakit merupakan lini organisasi yang bersentuhan langsung dengan konsumen yakni pasien dan kerabatnya. Badan Rumah Sakit Umum Tabanan merupakan salah satu rumah sakit pemerintah yang sudah bersertifikat nasional maupun internasional. Sampai saat ini masalah yang dihadapi secara langsung adalah mengenai keluhan pasien baik berupa, sistem dan prosedur pelayanan pengobatan yang relatif lama dan kurang sigapnya bagian-bagian yang terlibat langsung dalam pemberian layanan kepada para pasien. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan sebagai berikut;(1) Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kulaitas layanan dengan koefiSien jalur sebesar 0,612. (2) Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kulaitas layanan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,475. (3)Komitmen organisasional berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan layanan dengan koefisien jalur sebesar 0,411.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and ...