Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Vol 3, No 2 (2016): INOVASI

PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTIK SUNFARMA TANGERANG SELATAN

Sunanto Sunanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penetapan harga dan Kualitas layanan baik secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi alam penelitian ini adalah pelanggan Apotik SunFarma dan jumlah sampel berdasarkan Slovin berjumlah 100, sampling dengan teknik aksidental. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data:Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinan, Uji Parsial (Uji t), dan Uji Simultan (Uji F).Hasil Penelitian diperoleh: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Model regresi linier Y = - 28,582 + 0,927X1, nilai R=0,927 (korelasi positif sangat kuat), dan Nilai kontribusi adjusted R² sebesar 0,858 serta Nilai t hitung 24,515 (> t tabel), nilai sig. 0,000 (<0,05). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Model regresi linier sederhana Y = -16,376 + 0,950X2, dan Nilai R= 0,950 (korelasi positif sangat kuat), dan nilai kontribusi adjusted R² sebesar 0,902, nilai t hitung 30,204 (> t tabel), nilai sig. 0,000 (<0,05). (3) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara penetapan harga dan Kualitas layanan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Model regresi linier berganda Y = -22,073 + 0,302X1+ 0,668 X2, dan nilai korelasi ganda sebesar 0,956 (korelasi positif sangat kuat), serta nilai F hitung 516,005 (> F tabel) dan nilai sig. 0,000 (<0,05). Kata Kunci: Penetapan Harga, Kualitas layanan, Kepuasan Pelanggan, Apotik SunFarma

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Inovasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian dan kajian pemikiran bidang ilmu ilmu manajemen, baik di lingkup marketing, sumberdaya manusia dan keuangan. Dikelola oleh Prodi Magister Manajemen Universitas Pamulang, melaui proses review. ...