ABSTRAKANALISIS ANTRIAN DI KASIR HYPERMART MALL WTC MATAHARI SERPONG. Penelitian ini membahas tentang analisis antrian di kasir Mall WTC Matahari Serpong dimana antrian merupakan salah satu fenomena dalam kegiatan sehari-hari yang dialami oleh masyarakat. Sebagai contoh, di sebuah pusat perberanjaan.Antrian yang panjang dan menunggu lama, membuat peranggan beralih ke tempat lain. Antrian yang terlihat tidak panjang membuat beberapa kasir menjadimenganggur. Hypermart adalah suatu usaha retail perbelanjaan yang bergerak dibidang jasa, yang terkadang memiliki permasalahan seperti jumlah antrian yangbanyak dikasir ketika konsumen akan membayar barang belanjaannyapenelitian ini dilakukan untuk menghindari hal tersebut pun untuk mendapatkan pelayanan yang lebih maksimal. Sehingga tujuan tujuan dari penelitian ini yaitu agarpenggunaan kasir lebih efisien dan memaksimalkan jumlah kasir yang telah bertugas di Hypermart.Peneltian ini menggunakan data waktu weekday (pukul 14.00–16.00) dan waktu weekend(pukul 15.00 -17.00), yaitu waktu pelanggan yang datang ke sistem, waktu mulai pelayanannya, waktu akhir pelayanan. Dari hasil analisa, untuk memprbaiki sistem di Hypermart adalah melakukan pengurangan kasir pada waktu weekday dengan menggunakan 3 (tiga) kasir dan waktu weekdaydengan menggunakan 3 (tiga)kasir dan waktuweekend menggunakan 5 (lima) kasir. Kata Kunci: Antrian, waktu Kedatangan, waktu Pelayanan dan Jumlah Kasir
Copyrights © 2017