Dinamika Jurnal Pendidikan Dasar
Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN IPS DAN PERILAKU SOSIAL SISWA SMP NEGERI 1 KEBUMEN

Agung Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2016

Abstract

Keberhasilan pendidikan di negara Indonesia khususnya di sekolah formal tidak terlepas dari peranan kurikulum yang digunakan oleh satuan pendidikan sebagai acuan dan pedoman dalam kegiatan pendidikan.Penyempurnaan dan perubahan kurikulum ini merupakan sebuah tuntutan di dunia pendidikan karena kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.Di Negara Indonesia kurikulum selalu mengalami perubahan dan perkembangan sebagai pengaruh dari perkembangan masyarakat dan globalisasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan IPS sesuai kuriukulm 2013 oleh guru IPS di SMP N 1 meliputi pemahaman dan pengetahuan IPS, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) Siswa kelas 7 SMP N 1 Kebumen, secara umum siswa telah menerapkan nilai-nilai IPS di sekolah. (3) Faktor perilaku sosial siswa kelas 7 SMP N 1 Kebumen sebagian besar dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Saran bagi guru harus meningkatkan pemahaman dan penguasaan terkait kurikulum 2013 dengan mengikuti berbagai pelatihan.Bagi pemerintah agar melakukan pembenahan terhadap kendala-kendala yang dihadapi para pendidik di dalam melaksanakan kurikulum 2013

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Dinamika is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. Dinamika aims to provide a platform for the publication of the most advanced high-quality research in the areas of learning, development, instruction, ...