Penelitian ini bertujuan agar dilakukan kebijakan untuk menggunakan metode pembelajaran praktik berotasi sesuai dengan karakter mahasiswa sehingga pembelajaran belangsung dengan efektif.  Target khusus penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh karakter mahasiswa terhadap efektifitas pembelajaran mata kuliah praktik perbankan syariah dengan model berotasi dan karakter bagaimana yang paling efektif menggunakan metode tersebut. Metode pengolahan data pada penelitian ini adalah menggunakan uji beda paired sampel t-test. Hasil Penelitian menunjukkan Karakter mahasiswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap efektifitas pembelajaran mata kuliah praktik perbankan syariah dengan metode praktik berotasi dibandingkan metode praktik konvensional, Metode praktik berotasi pada mata kuliah praktik perbankan syariah dan efektif memberikan pemahaman kepada mahasiswa dengan karakter introvert maupun ekstrovert serta mampu membentuk nilai mahasiswa pada matakuliah prakik bank syariah dengan sangat baik, Metode praktik konvensional pada mata kuliah praktik perbankan syariah mampu membentuk pemahaman mahasiswa tentang kegiatan perbankan syariah namun belum efektif untuk membentuk nilai pemahaman mahasiswa dengan sangat baik. Kata Kunci: Karakteristik, Mahasiswa, Efektivitas, Pembelajaran, Praktik, Perbankan, Syariah, Berotasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017