DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 2, No 1 (2019): April

EFEKTIVITAS PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD INPRES 6/80 POMPANUA RIATTANG KABUPATEN BONE

Syamsiah, Syamsiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang ?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan fokus penelitian adalah murid kelas kelas VI SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang. Pengumpulan data dengan teknik Tes, observasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data.Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pengamatan, wawancara dengan indikator-indikator pada tahap refleksi dari siklus penelitian. Data yang terkumpul disetting ke dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode quantum learning meningkatkan hasil belajar murid dalam pembelajaran IPS bagi siswa kelas VI SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang, hasil penelitian menujukkan bahwa nilai pembelajaran IPS mengalami peningkatan dari pelaksanaan siklus I ke siklus II.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Description

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dikelola dengan proses peer review dan open acces. memiliki p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307. Terbit dua kali dalam setahun, bulan April dan September. Dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar ...