DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID SEKOLAH DASAR DI KOTA MAKASSAR

irviana, ira (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika murid SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar (ii) Untuk mengetahui gambaran penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar (iii) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika murid di SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian true experiment (experiment penuh). Penelitian ini dirancang untuk mendapatkan pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar murid. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design didasarkan pada Sugiono (2010), yang melibatkan dua kelompok yaitu satu kelompok sebagai kelompok kontrol dan satu sebagai kelompok eksperimen yang dipilih secara random kemudian diberikan pretest untuk mengetahui keadaan awal. Dalam kelompok eksperimen dilakukan dengan menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual pada murid kelas IV SD BTN IKIP 1 Makassar. Dalam kelas kontrol pembelajaran dilakukan di dalam ruang kelas dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan media pembelajaran berupa literatur tentang materi matematika dan lembar kegiatan murid. Setelah diberikan perlakuan pendekatan kontekstual, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Description

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dikelola dengan proses peer review dan open acces. memiliki p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307. Terbit dua kali dalam setahun, bulan April dan September. Dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar ...