Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap pemanfaatan buku teks PAI pada SD di Kota Ambon berkaitan dengan berbagai problema dan upaya mengatasinya. SDN 1 Ambon dan SDN 89 Ambon dipilih sebagai sasaran penelitian ini memiliki karakteristik berbeda dari kondisi masyarakat lingkungannya, kota dan pinggiran kota dan akreditasinya, B dan C. Masing-masing kedua sekolah ini hanya mempunyai seorang guru PAI. Buku ajar PAI di SDN 1 dibeli sendiri oleh murid sedang di SDN 89 diadakan Pemerintah. Kedua SD tersebut pada tahun ajaran 2014/2015 masih menggunakan kurikulum KTSP. Dalam proses pembelajaran pada kedua sekolah tersebut, buku teks pelajaran PAI dipergunakan sebagai instrumen pembelajaran di setiap kelas tanpa buku bantu selain LKS. Pada SDN 1 Ambon, saat pelajaran agama, siswa beragama Islam pindah ke ruang lain. Pada SDN 1 Ambon, buku teks pelajaran PAI tidak disediakan oleh pihak sekolah, Sedangkan pada SDN 89 disediakan oleh sekolah. Kata Kunci: pemanfaatan, buku teks
Copyrights © 2016