Indonesian Journal on Computing (Indo-JC)
Vol. 4 No. 1 (2019): Maret, 2019

Perancangan User Interface Game Angklung dengan Metode User Centered Design (Studi Kasus Saung Angklung Udjo)

Wahyu Kurniawan Hartanto (Telkom University)
Danang Junaedi (Unknown)
Emil Robert Kaburuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2019

Abstract

Angklung adalah kebudayaan khas Indonesia yang telah diakui UNESCO sejak tahun 2010. Salah satu bentuk pelestarian terhadap kebudayaan angklung, pemerintah kota Bandung menjadikan Saung Angklung Udjo sebagai tempat untuk melestarikan angklung. Seiring perkembangan teknologi, game angklung untuk smartphone sudah banyak dikembangkan. Pada suatu game, aspek usability merupakan salah satu aspek penting penghubung antara user dengan game. Berdasarkan evaluasi usability yang dilakukan menggunakan metode Quality in Use Integrated Measurement (QUIM) kepada beberapa aplikasi dan game angklung diperoleh rata- rata pengujian untuk semua faktor belum memenuhi aspek usability yang mengakibatkan pengguna mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi game angklung. Oleh sebab itu perlu dilakukan perancangan user interface terhadap aplikasi game angklung supaya dapat digunakan dalam bermain angklung. Metode yang digunakan untuk perancangan user interface aplikasi game angklung adalah metode user centered design yang berfokus pada characteristics, task, environments dari pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi dengan menggunakan QUIM aplikasi game Belajar Bermain Angklung dapat memenuhi kebutuhan dan kemampuan pengguna, hal ini terlihat dari nilai usability terendah sebesar 86% yang artinya sudah memenuhi aspek usability

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

indojc

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Indonesian Journal on Computing (Indo-JC) is an open access scientific journal intended to bring together researchers and practitioners dealing with the general field of computing. Indo-JC is published by School of Computing, Telkom University ...