Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 4, No 1 (2019): Februari 2019

Peran Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra Positif Rumah Sakit Umum Zainal Abidin

Diana Natasya (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Syiah Kuala)
Dr. Taqwaddin Husin S.H., S.E., M.S (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Humas Rumah Sakit Umum Zainal Abidin dalam meningkatkan citra positif. Pendekatan yang gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan teori Image Restoration. Teori ini berangkat dari dua asumsi dasar, asumsi pertama adalah komunikasi yaitu aktivitas yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Asumsi yang kedua adalah tujuan komunikasi yaitu memelihara citra dan reputasi positif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara semi terstrukur dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan ialah teknik Purposive Sampling. Hasil peneltian bahwa kinerja dari Humas Rumah Sakit Umum Zainal Abidin masih belum optimal. Dalam praktiknya Humas Rumah Sakit Umum Zainal Abidin hanya menjalankan 3 (tiga) peran yaitu peran Humas sebagai penasehat ahli, peran Humas sebagai fasilitator komunikasi, dan peran Humas sebagai fasilitator pemecah masalah. Disarankan kepada Humas Rumas Sakit Umum Zainal Abidin untuk mensosialisasikan seluruh peraturan ataupun ketentuan rumah sakit kepada masyarakat yang akan berobat dan disarankan kepada masyarakat yang hendak berobat dapat mencari tahu terlebih dahulu ketentuan dan peraturan yang diberlakukan di rumah sakit agar tidak terjadi kesalahpahaman. Kata Kunci : Peran Humas, Citra, dan Rumah Sakit Zainal Abidin This study aims to determine the role of Public Relations of Zainal Abidin General Hospital in improving a positive image. The approach used in this study is a qualitative approach with descriptive methods. This study used the theory of Image Restoration. This theory departs from two basic assumptions, the first assumption is communication which is the activity used to achieve a goal. The second assumption is the purpose of communication that is maintaining a positive image and reputation. Data collection techniques used are semi-structured interviews and documentation. The technique of selecting informants used is purposive sampling technique. The results of the research show that the performance of the Public Relations of Zainal Abidin General Hospital is still not optimal. In practice, Public Relations of Zainal Abidin General Hospital only carries 3 (three) roles, namely the role of Public Relations as an expert advisor, the role of Public Relations as a communication facilitator, and the role of Public Relations as a facilitator of problem-solving. It was suggested to the Public Relations Rumors of Zainal Abidin General Hospital to socialize all regulations or provisions of the hospital to the people who would seek treatment, suggested to the people who want to seek treatment to find out in advance the rules and regulations that are applied in the hospital so that there is no misunderstanding. Keywords: Role of Public Relations, Image, and Zainal Abidin Hospital

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...