eDimensi Arsitektur Petra
Vol 6, No 1 (2018): Februari 2018

Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar Buddha di Denpasar, Bali

Dwiki Pradipta Sinarta (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2019

Abstract

Desain Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar diDenpasar, Bali ini didasari oleh pemikiran kondisi infrastruktursekolah yang ada saat ini yang kurang memadai dan jugabelum adanya fasilitas khusus bagi umat yang beragamaBuddha, sehingga masalah desain utama adalah bagaimanamenciptakan sekolah yang sesuai dengan standar yang telahditetapkan pemerintah dengan tambahan fasilitas bagi umatberagama Buddha. Selain itu, untuk merespon kegiatan yangada, proyek ini memberikan ruang terbuka hijau yang cukupbesar sehingga pengguna dapat bermain dengan leluasa dikawasan sekolah ini. Pendekatan Semiotik dipilih untukmenciptakan kawasan pendidikan dasar yang memiliki nilaiagama Buddha.Keunikan proyek ini ada pada zoning pada setiapbangunannya. Setiap bangunan memiliki fungsi yangberbeda dan juga pengguna yang berbeda juga, tetapiterdapat satu bangunan yang dimana menjadi tempatberkumpulnya segala perbedaan tersebut seperti ajarandalam Agama Buddha dimana Sang Buddha menjadi gurudari semua makhluk baik dewa dan manusia. Bangunantersebut menjadi pusat yang mengikat setiap bangunan yangada. Setiap bangunan Taman Kanak-kanak dan juga SekolahDasar memiliki drop off sendiri sehingga memudahkan bagiorang tua dalam mengantarkan anaknya. Pembagian parkirantara guru dan juga orang tua murid memudahkan dalampengaturan sirkulasi dan pembagian parkir kendaraan.

Copyrights © 2018