Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Tlogosari Kulon 01. Nilai hasil belajar matematika siswa kelas 1 yang masih banyak siswa tidak memenuhi KKM. Hal ini disebabkan kurangnya penggunakan model dan media pembelajaran yang memperjelas konsep-konsep abstrak dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan model NHT (Numbered Heads Together) berbantu media sapuan terhadap peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif pada mata pelajaran MATEMATIKA kelas 1 SD Negeri Tlogosari Kulon 01. Desan penelitian ini menggunakan desain One-Group Pretest-posttest. Populasi pada penelitain ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Tlogosari Kulon 01.. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berbantu media sapuan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 1 efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai posttest siswa meningkat 20,18% dari hasil nilai pretest. Selain itu diperkuat dengan hasil peritungan uji-t diperoleh   sebesar 21,36193 dan   sebesar 2,048 ,karena   (21,36193) >   (2,048) maka hal itu menunjukan bahwa uji t  signifikan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019