SPHOTA: Jurnal Linguistik dan Sastra
Vol 11 No 1 (2019): Sphota

Penerapan Problem-Based Learning dengan Siklus Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai Argumentatif

Maharani, Anak Agung Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2019

Abstract

Kemampuan menulis esai argumentatif sebagai kebutuhan di abad 21 sangat penting dikuasai mahasiswa untuk mengasah kemampuan berpikir kritis mereka. Dirancang sebagai penelitian tindakan kelas, peneliti menerapkan Problem-Based Learning dengan siklus Lesson Study yang menjawab dua pertanyaan penelitian berikut: (a) Bisakah kemampuan menulis esai argumentatif dari mahasiswa ditingkatkan dengan penerapan Problem-Based Learning dengan siklus Lesson Study? Dan (b) Bagaimanakah respon mahasiswa terhadap penerapannya? Subjek penelitian terdiri dari 36 mahasiswa semester IVA di PSP Bahasa Inggris, FKIP Unmas Denpasar. Untuk mengumpulkan data, tes dan kuisioner dipakai sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif (model interaktif). Ditemukan bahwa penerapan Problem-Based Learning dan Lesson Study mampu meningkatkan kemampuan menulis esai argumentatif mahasiswa serta subjek memberikan respon yang positif terhadap penerapannya demi peningkatan pembelajaran.    

Copyrights © 2019