Syntax Jurnal Informatika
Vol 6 No 1: SYNTAX Jurnal Informatika

E-Kuesioner Pengukuran Kepuasan Pelanggan dengan Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis Berbasis Web

Edi Prayitno (STMIK Kharisma Karawang)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2017

Abstract

Kepuasan adalah tingkat perasaan seorang setelah membandingkan kinerja/hasil yang dirasakan dengan harapannya PT Indotech Metal Nusantara merupakan perusahaan dalam bidang metal stamping, Namun pelayanan terhadap pelanggan masih memiliki kekurangan yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan. PT Indotech Metal Nusantara perlu menyejajarkan langkah dalam penggunaan teknologi dengan memanfaatkan media web. mengoptimalkan perancangan sistem berbasis web yang lebih berfokus pada proses kuesioner pengukuran kepuasan pelanggan, tujuan dari pengukuran kepuasan pelanggan yaitu untuk membangun sistem pengukuran kepuasan pelanggan berbasis web, membantu PT Indotech Metal Nusantara khususnya Staff Sales dan Marketing dalam pengukuran kepuasan pelanggan, mengurangi keterlambatan waktu dalam pengisian kuesioner kepuasan pelanggan, mempermudah dalam pencarian data pengukuran kepuasan pelanggan serta mempermudah pengontrolan dalam pengukuran kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Customer Satisfaction Index untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan dari tiap pelanggan. Kemudian dilanjutkan dengan mengukur atribut-atribut kepuasan pelanggan dengan menggunakan Important Performance Analysis. Adapun dalam permodelan sistem menggunakan SDLC Waterfall. Dari penelitian ini dihasilkan persentase dari tiap-tiap kepuasan pelanggan per pelanggan serta hasil kuadran dari seluruh pengukuran kepuasan pelanggan.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

syntax

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Syntax Jurnal Informatika berfokus pada Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kompilasi, Perancangan Basis Data, Data Mining, Teknologi Web Services, Business Intelligent, Kecerdasan Buatan, Logika Fuzzy, Computer Vision, Embedded System, Robotika, Sistem Pakar, Machine Learning, E-Commerce, Digital dan ...