Syntax Jurnal Informatika
Vol 3 No 02: syntax

PERANCANGAN E-COMMERCE ACCESSORIES HANDPHONE BERBASIS KOMPONEN

Sandy Kosasi (STMIK Pontianak Jalan Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2016

Abstract

Abstrak Kebutuhan untuk memperluas pasar sasaran seringkali mengalami hambatan dengan keterbatasan sumberdaya manusia, fasilitas perusahaan dan hambatan dalam pemrosesan data transaksi bisnis. Meningkatnya biaya operasional, sulit menjangkau pasar yang lebih luas, jaminan pelayanan informasi yang terbatas, tidak efektifnya media promosi karena masih menggunakan brosur, diseminasi informasi cenderung tidak efektif, keterbatasan aksesibilitas tempat usaha dan kesulitan membangun personalisasi konsumen. Tujuan penelitian menghasilkan sistem pemasaran yang memberikan kemudahan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan biaya yang relatif lebih efektif dan personalisasi konsumen.  Perancangan aplikasi E-Commerce menggunakan model sekuensial linier dengan pendekatan waterfall. Penelitian ini menghasilkan aplikasi E-Commerce accessories handphone berbasis komponen yang dapat memberikan kemudahan digitisasi pemasaran secara online tanpa bergantung kepada tempat dan waktu. Arsitektur aplikasi E-Commerce memfokuskan kepada penggunaan komponen menggunakan kerangka CSS (Cascading Style Sheet), PHP (Personal Home Page), javascript framework, jQuery, CI (CodeIgniter), dan memberdayakan MVC (Model View Controller). Pengujian aplikasi E-Commerce menggunakan functional test. Perangkat lunak untuk melakukan functional test adalah Lime. Teknik Lime sudah terintegrasi dengan kerangka Symfony untuk bahasa pemrograman PHP sehingga mudah proses pengujiannya.  Kata Kunci : E-Commerce, MVC CodeIgniter, Komponen, Pendekatan Waterfall

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

syntax

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Syntax Jurnal Informatika berfokus pada Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kompilasi, Perancangan Basis Data, Data Mining, Teknologi Web Services, Business Intelligent, Kecerdasan Buatan, Logika Fuzzy, Computer Vision, Embedded System, Robotika, Sistem Pakar, Machine Learning, E-Commerce, Digital dan ...