cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan
ISSN : 25489879     EISSN : 25992139     DOI : -
Edcomtech is a journal in the field of educational technology which contains conceptual studies and empirical findings in scientific disciplines of educational technology theories and practices. The covered topics are involved the foundation and philosophy of educational technology, design and implementation, assessment and evaluation, strategies and models of general and specific learning, research and development methods, research and development methods, emerging technologies, and technology integration in learning. Journal of Edcomtech is willing to facilitate writers to disseminate conceptual ideas, development, and research findings which are useful in the development of science, study programs, and educational technology profession.
Arjuna Subject : -
Articles 153 Documents
Aplikasi Kolaborasi Penulisan dan Penyuntingan Berbasis Web untuk Peningkatan Mutu Karya Ilmiah Mahasiswa Arafah Husna; Sihkabuden Sihkabuden; Eka Pramono Adi
Edcomtech Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.514 KB)

Abstract

Abstrak: Komunitas mahasiswa memerlukan wahana untuk mengkonstruksi pengetahuan dalam wujud tulisan ilmiah secara kolaboratif. Mahasiswa di lingkungan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang harus memiliki kesempatan dalam memberikan kontribusi yang akan meningkatkan mutu pembelajaran dan memiliki dampak terhadap masyarakat. Mengelola pengetahuan menulis ilmiah secara kolaborasi merupakan peluang utama untuk mencapai perbaikan yang signifikan dalam kinerja substansial mahasiswa di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.Bagaimana mengembangkan media kolabarasi penulisan ilmiah yang spesifik untuk mahasiswa di lingkungan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang dan bagaimana teknologi konsep Web.2.0 dengan Wiki serta fasilitas di dalamnya memungkinkan mahasiswa di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang untuk membuat, mempublikasikan dan berbagi konten digital dalam komunitas sosial baru dan komunitas yang mungkin sudah ada Tujuan penelitian menghasilkan model sistem kolaborasi penulisan ilmiah antar mahasiswa di lingkungan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang berbasis web dan mempublikasikan secara ilmiah berkenaan dengan mtatakelola kolaborasi mahasiswa. Metode pengembangan model Pembelajaran digunakan model Davidson-Shivers dan Rasmussen (2007) dan dipilih berdasarkan kesesuaian terhadap kebutuhan karateristik pengembangan sistem.Abstract: The student community needs a vehicle to construct knowledge in the form of collaborative scientific writing. Students in the Department of Educational Technology, State University of Malang must have the opportunity to make contributions that will improve the quality of learning and have an impact on society. Managing scientific writing knowledge in a collaborative manner is the main opportunity to achieve significant improvements in student performance in the Department of Educational Technology, State University of Malang. How to develop specific scientific writing collaborative media for students in the Department of Educational Technology, State University of Malang and how to conceptualize Web technology. 2.0 with Wiki and the facilities in it enable students in the Department of Educational Technology, State University of Malang to create, publish and share digital content in new social communities and communities that may already exist. Research objectives are to produce a scientific writing collaboration system model between students in the University of Educational Technology Department environment Negeri Malang is web-based and publishes scientifically regarding the management of student collaboration. The method of developing the Learning model uses the Davidson-Shivers and Rasmussen (2007) model and is selected based on its suitability to the needs of system development characteristics.
Pengembangan Video Termediasikan Augmented Reality sebagai Electronic Performance Support System dalam Pembelajaran Yerry Soepriyanto; Basith Rahmatullah
Edcomtech Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.463 KB)

Abstract

Abstrak: Pebelajar kadangkala merasa kesulitan pada saat mengillustrasikan isi pembelajaran berupa pengetahuan konsep. Oleh karena itu pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk video yang termediasikan oleh Augmented Reality yang valid untuk digunakan dalam sistem elektronik pendukung kinerja (Electronic Performance Support System) pembelajaran. Marker (Penanda) ditempatkan pada modul bahan ajar pada bagian gambar yang mengillustrasikan sebuah konsep, sehingga pada saat pebelajar belum mamahami secara penuh maka kamera smartphone yang digunakan sebagai detektor marker menangkap dan menjalankan video-nya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Sadiman untuk mengembangkan video termediasikan Augmented Reality. Hasil pengembangan adalah video termediasikan Augmented Reality yang digunakan sebagai sistem pendukung kinerja pembelajaran dalam katagori valid.Abstract: Students sometimes find it difficult to illustrate learning content in the form of conceptual knowledge. Therefore, this development aims to produce video products mediated by Augmented Reality which are valid for use in learning performance support electronic systems (Electronic Performance Support Systems). A marker is placed on the teaching material module in the image part that illustrates a concept, so that when students do not fully understand it, the smartphone camera used as a marker detector captures and runs the video. This study uses Sadiman's development method to develop Augmented Reality mediated videos. The result of the development is Augmented Reality mediated video which is used as a learning performance support system in a valid category. 
Penerapan Metode Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Ilham Fahriansah; Agus Wedi; Saida Ulfa
Edcomtech Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.938 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Tanjungrejo I Malang. Dengan menggunakan prosedur PTK, penelitian ini dilakukan 2 siklus perbaikan. Proses perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif Jigsaw dapat merangsang interaksi antar siswa. Hasil tindakan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam kelompok.Abstract: This study aims to increase the activeness and learning outcomes of students in social studies in class V SD Negeri Tanjungrejo I Malang. By using the PTK procedure, this study carried out 2 cycles of improvement. The process of improving learning by applying the Jigsaw cooperative method can stimulate interaction between students. The results of the action indicate an increase in learning outcomes and student activity in the group. 
Konsep dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran Agus Wedi
Edcomtech Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.425 KB)

Abstract

Abstrak: Salah satu indikator penyebab rendahnya kualitas penyelenggaraan pembelajaran di sekolah adalah adanya ketidakkonsistenan teoretis—praktis penggunaan metode pembelajaran. Pada konteks penyelengaraan pembelajaran di mana metode merupakan bagian integral di dalamnya, maka persoalan mendasar tidak lain adalah tidak terejawantahkannya metode pembelajaran secara optimal sebagamana diamanatkan pada tataran teori. Di sinilah perlunya revitalisasi konsistensi teoretis—praktis penggunaan metode pembelajaran.Abstract: One of the indicators that causes the low quality of learning in schools is the theoretical inconsistency — the practical use of learning methods. In the context of the implementation of learning in which the method is an integral part of it, the fundamental problem is none other than the failure to implement the learning method optimally as mandated at the theoretical level. This is where the need for revitalizing theoretical consistency - the practical use of learning methods.
Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Interaktif Pokok Bahasan Gaya Pada Matapelajaran IPA Kelas IV SD Muzakki Muzakki; Mohammad Efendi; Abdul Manan
Edcomtech Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.573 KB)

Abstract

Abstrak: Agar konsep-konsep abstrak yang diajarkan pada matapelajaran IPA SD dapat diterima oleh siswa diperlukan sebuah media atau perantara untuk mengkonkretkan materi. Pengembangan media ini menggunakan model Sadiman (2008), dengan materi tentang pokok bahasan gaya. Validitas hasil pengembangan ditunjukkan oleh pemenuhan kriteria yang diperoleh dari hasil ujicoba, yaitu ahli media dengan tingkat validitas sebesar 90,56%, ahli materi sebesar 91,11% dan siswa perorangan sebesar 95,56%, siswa kelompok kecil sebesar 94,44% serta siswa kelompok besar sebesar 91,17%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, disimpulkan bahwa media animasi pembelajaran interaktif pada matapelajaran IPA pokok bahasan gaya adalah valid atau layak.Abstract: In order for the abstract concepts taught in elementary science subjects to be accepted by students, a medium or intermediary is needed to concretize the material. This media development uses the Sadiman (2008) model, with material on the subject of style. The validity of the development results is indicated by the fulfillment of the criteria obtained from the test results, namely media experts with a validity level of 90.56%, material experts at 91.11% and individual students at 95.56%, small group students of 94.44% and large group students of 91.17%. Based on the results of this validation, it was concluded that the interactive learning animation media on the science subject subject of style was valid or feasible. 
Studi Multikasus: Epidemi Perilaku Merorok Di Kalangan Remaja dan Implikasinya dalam Pendidikan Mohammad Efendi
Edcomtech Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.034 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini memaparkan secara kuantitatif perilaku merokok di kalangan remaja melalui kajian multikasus. Berdasarkan informasi yang ditelaah, disimpulkan bahwa prevalensi perilaku merokok di kalangan remaja berada pada ambang yang memprihatinkan, karena secara kuantitas rentangan frekuensinya berkisar antara 15-50%. Determinan tumbuh-kembangnya perilaku merokok, terutama akibat pengaruh atau tekanan dari lingkungan dan pembelajaran lewat media massa. Untuk itu, disarankan kepada otorita pendidikan untuk meminimalkan frekuensi tumbuh-kembangnya perilaku merokok di kalangan anak dan remaja.Abstract: This study describes quantitatively smoking behavior among adolescents through a multi-case study. Based on the information analyzed, it can be concluded that the prevalence of smoking behavior among adolescents is at an alarming threshold, because in terms of quantity the frequency range ranges from 15-50%. Determinants of the development of smoking behavior, especially due to the influence or pressure from the environment and learning through mass media. For this reason, it is advisable to education authorities to minimize the frequency of growth and development of smoking behavior among children and adolescents.
PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF POKOK BAHASAN GAYA PADA MATAPELAJARAN IPA KELAS IV SD Muzakki, Muzakki; Efendi, Mohammad; Manan, Abdul
Edcomtech Vol 1, No 2 (2016): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (35.098 KB)

Abstract

Agar konsep-konsep abstrak yang diajarkan pada matapelajaran IPA SD dapat diterima oleh siswa diperlukan sebuah media atau perantara untuk mengkonkretkan materi. Pengembangan media ini menggunakan model Sadiman (2008), dengan materi tentang pokok bahasan gaya. Validitas hasil pengembangan ditunjukkan oleh pemenuhan kriteria yang diperoleh dari hasil ujicoba, yaitu ahli media dengan tingkat validitas sebesar 90,56%, ahli materi sebesar 91,11% dan siswa perorangan sebesar 95,56%, siswa kelompok kecil sebesar 94,44% serta siswa kelompok besar sebesar 91,17%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, disimpulkan bahwa media animasi pembelajaran interaktif pada matapelajaran IPA pokok bahasan gaya adalah valid atau layak.Kata kunci: pengembangan, animasi pembelajaran, interaktif.
Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Pelajaran Bahasa Di Kelas V Sekolah Dasar Dyaristya E; Agus Wedi; Eka Pramono Adi
Edcomtech Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.686 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan proses, dan penilaian hasil pembelajaran dalam pelajaran bahasa di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan proses pembelajaran sudah dilakukan oleh masing-masing guru bahasa; pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan sesuai dengan RPP, dan penilaian hasil belajar dilakukan melalui ulangan harian dan ulangan semester.Abstract: This study aims to describe the planning, process implementation, and assessment of learning outcomes in language lessons in grade V elementary school. This study used a descriptive research design with observation, documentation, and interview methods. The results showed that the learning process planning had been carried out by each language teacher; the implementation of the learning process is carried out in accordance with the lesson plan, and the assessment of learning outcomes is carried out through daily tests and semester tests.
Rancangan Pembelajaran dan Teknologi Dalam Militer Susilaningsih Susilaningsih
Edcomtech Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1065.597 KB)

Abstract

Abstrak: Rancangan pembelajaran di bidang militer menunjukkan tren yang meningkat dan berdampak luas. Peningkatan model pelatihan militer disebabkan beberapa faktor di antaranya penerapan pembelajaran dan teknologi dalam pelatihan pada militer. Model rancangan pelatihan merupakan hal yang vital dan investasi jangka panjang untuk membantu tenaga kerja militer memperoleh ketrampilan dan pengetahuan yang diperlukan.Abstract: Teaching design in the military field shows an increasing trend and has a broad impact. The increase in military training models is due to several factors including the application of learning and technology in military training. Training design models are a vital and long-term investment to help military personnel acquire the necessary skills and knowledge.
Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar Prayoga Dwi Jatmiko; Anastasia Wijayantin; Susilaningsih Susilaningsih
Edcomtech Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.929 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemanfaatan video pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) kelas IV di SDN I dan SDN III Tasik madu Trenggalek. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (eksperimen kuasi). Penelitian ini menganalisis ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media video pembelajaran dan tidak menggunakan video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran secara signifikan berbeda perolehan hasil belajarnya di bandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media video pembelajaran.Abstract: This study aims to determine the effect of the use of instructional videos on the learning outcomes of fourth grade natural science (IPA) subjects at SDN I and SDN III Tasik Honey Trenggalek. The research design used was quasi-experimental (quasi-experimental). This study analyzes whether there are differences in student learning outcomes using instructional video media and not using instructional videos. The results showed that learning using instructional video media was significantly different in the acquisition of learning outcomes compared to learning that did not use instructional video media.

Page 1 of 16 | Total Record : 153