JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781"
:
12 Documents
clear
EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PEMUNGUTAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DISPENDA SULAWESI UTARA
Ekawati, Fina
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (284.285 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.1.3.2013.1875
ABSTRAK Dalam menjalankan suatu organisasi baik swasta maupun pemerintahan, sistem pengendalian manajemen merupakan suatu hal yang berperan. Dalam organisasi pemerintahan terbagi dalam unit-unit organisasi yang merupakan pusat pertanggungjawaban. Sebagai suatu pusat pertanggungjawaban sangat diperlukan pengendalian dalam setiap pelaksanaan kegiatan.Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pendapatan Daerah Sulut yang merupakan salah satu unit organisasi pemerintahan.Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulut menerapkan sistem pengendalian manajemen secara efektif dan efisien dalam pelaksanaan pemungutan pajak kendaraan bermotor.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem pengendalian manajemen pada Dinas telah efektif dan efisien, dimulai dengan penentuan visi dan misi serta tujuan,sasaran,membuat struktur organisasi, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan program kerja Dinas dan membuat laporan pertanggungjawaban, serta pemungutan pajak kendaraan bermotor yang melebihi target yang yang diharapkan. Kata kunci: sistem pengendalian manajemen, pusat pertanggungjawaban
THE INFLUENCE OF BEHAVIORAL LOYALTY AND ATTITUDINAL LOYALTY ON PURCHASE BEHAVIOR
Sondakh, Brainly
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (253.789 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.1.3.2013.1883
ABSTRACT Creative, innovative, work effectively, and efficiently are demand for the company to show its competitive advantage in the competitive business world. Every product and service that produced must surely attract the attention of customers so the products or services that produced will become customers' choice to use, and aims to be a loyal. Customer will be loyal if the products or services that provided make them satisfied. The research objectives are to analyze the influence of behavioral loyalty and attitudinal loyalty to purchase behavior of Bentenan Fabric in North Sulawesi. Theories supporting this research are customer loyalty and purchase behavior. The population observed is people that buy and wear Bentenan Fabric of north Sulawesi with sample as many as 100 respondents. Results and conclusions are behavioral loyalty has negative correlation with purchase behavior and attitudinal loyalty is the most influencing variable.Keywords: customer loyalty, purchase behavior
ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK HOTEL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KOTA MANADO
Walakandou, Randy J.R.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (505.963 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v1i3.1879
ABSTRAK Dalam membiayai pembangunan daerah, salah satu upaya Pemerintah Daerah adalah melalui sektor pajak. Hal demikian dilakukan oleh Pemerintah Kota Manado melalui Dispenda dalam melakukan usaha-usaha peningkatan pajak hotel untuk meningkatkan kas daerah untuk membiayai pembangunan. Penelitian ini dilakukan di DISPENDA di Kota Manado. Dispenda Kota Manado adalah tempat untuk menyelenggarakan kewenangan Pemerintah Daerah dalam rangka desentralisasi dibidang pendapatan daerah, khususnya di Kota Manado.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pajak hotel terhadap PAD di Kota Manado. Metode Analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data target dan realisasi penerimaan pendapatan daerah Kota Manado dari tahun 2007 – 2011. Penerimaan PAD Kota Manado selalu tidak dapat mencapai target disetiap tahunnya, bahkan menurun setiap tahunnya. Penerimaan Pajak Hotel Kota Manado selama tahun 2007 – 2011 terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Jumlah penerimaan Pajak Hotel Kota Manado selama tahun 2007 -2011 memberikan kontribusi yang cukup besar setiap tahunnya, sehingga hal ini mempengaruhi jumlah PAD yang diterima. Ketidakcapaian target PAD di setiap tahunnya disebabkan oleh masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajaknya karena itu diperlukan sosialisasi dan kalau perlu diberikan sanksi bagi wajib pajak yang telat membayar pajaknya. Kata kunci: pajak hotel, PAD
THE EFFECT OF SHIPPING FEE ON CUSTOMER RETENTION ON THE ONLINE SHOP IN MANADO
Walangarei, Christine
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (236.363 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v1i3.1881
ABSTRACT Nowadays, online shops are becoming the most popular shopping style. In contrast with walk-in stores, online shops enthusiasts can shops throughout different cities and countries. With cheaper prices than walk-in stores, the online shop reach, the top of the world trade in a short time. Many buyers do not look at the price of the products but the shipping fees make them cancel to order. The reason is if the product is cheap then the shipping fee makes it expensive. Customers only buy once or twice then stop buying because the shipping fee makes them uncomfortable to buy from the online shop. The specific objective of this research is to examine the significant difference in customer retention between online shops with shipping fee and online shops without shipping fee. Theories supporting this research such as consumer motivation in shopping, customer retention, and shipping fee. The population of this research is shopper either shopping in-physical store or shopping in online store with sample as many as 100 respondents and sampling design is convenience sampling. Result and conclusion is there is a significant difference in customer retention between online shop without shipping fee and online shop with shipping fee. Keywords: customer retention, shipping fee
HUBUNGAN JUMLAH WISATAWAN, JUMLAH HOTEL, TERHADAP PENERIMAAN PAJAK HOTEL
Adam, Aldo
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (248.699 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v1i3.1873
ABSTRAK Konsekuensi dari penerapan otonomi daerah yaitu setiap daerah dituntut untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tujuan penelitian ini untuk melihat seberapa kuat hubungan jumlah wisatawan dan jumlah hotel terhadap penerimaan pajak hotel di Kota Manado. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang menggunakan (time series), atau runtut waktu selama tujuh tahun yaitu dari tahun 2005-2011. Data penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah analisis korelasi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah wisatawan dan jumlah hotel memiliki hubungan yang kuat terhadap penerimaan pajak hotel di Kota Manado. Dan jumlah hotel sangat berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak hotel di Kota Manado.Kata kunci : wisatawan, hotel, penerimaan pajak hotel
HUBUNGAN JUMLAH DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN DENGAN PENERIMAAN PPh KPP PRATAMA MANADO
Pangemanan, Rima Naomi
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (471.953 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.1.3.2013.1880
ABSTRAK Undang-undang Pajak Penghasilan telah menetapkan sistem pemungutan pajak secara self assessment,dimana wajib pajak diberi kepercayaan dan tanggung jawab penuh dari pemerintah untuk menghitung, membayar dan melaporkan sendiri jumlah pajak yang terhutang. Bagian yang penting dari pelaporan pajak yang harus disetorkan adalah harus terdaftar sebagai Wajib Pajak dan harus menyerahkan formulir SPT Tahunan sebagai alat ukur Kepatuhan Wajib pajak. Tujuan Penelitian untuk melihat seberapa kuat hubungan antara Jumlah dan Kepatuhan Wajib Pajak Badan Dengan Penerimaan PPh di KPP Pratama Manado. Menggunakan data sekunder (time series) atau dalam kurun waktu lima tahun yaitu tahun 2007 – 2011 dan diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi serta metode wawancara. Alat analisis yang digunakan adalah analisis korelasi berganda yang melihat hubungan antara berbagai variable yang diteliti. Hasil Penelitianterhadap variable Kepatuhan Wajib Pajak dalam hal ini Pelaporan SPT  Tahunan tidak mendukung adanya peningkatan Penerimaan Pajak Penghasilan Badan dan menyatakan tidak terjadi hubungan diantara kedua variabel tersebut dengan alasan kemungkinan adanya pelaporan yang terlambat dan tidak rill. . Sedangkan variable Jumlah Wajib Pajak Badan memiliki hubungan dengan Penerimaan Pajak Penghasilan di KPP Pratama Manado. Hasil Pengujian peningkatan Jumlah Wajib Pajak sangat mendukung penerimaan Pajak Penghasilan Badan di KPP Pratama Manado. Kata kunci : wajib pajak, PPh, penerimaan pajak.
ANALISIS VARIANS BIAYA OPERASIONAL DALAM MENGUKUR EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL PT. PEGADAIAN
Watania, Jane Irene
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (448.838 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.1.3.2013.1876
ABSTRAK Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, perusahaan perlu melakukan suatu perencanaan yang matang dan pengendalian yang efektif terhadap biaya yang akan dikeluarkan dalam kegiatan operasionalnya. PT.Pegadaian (Persero) merupakan salah satu lembaga formal di Indonesia yang bergerak dibidang jasa yang berdasarkan hukum diperbolehkan melakukan pembiayaan dengan bentuk penyaluran kredit atas dasar hukum gadai.Dalam kegiatannya pemberian produk jasa pegadaian dikenakan biaya operasional, karena pada setiap kegiatannya terdapat biaya-biaya tertentu yang diperlukan dalam menjalankan kegiatan operasinya. Pentingnya pengendalian biaya terhadap biaya operasionalnya membantu perusahaan dalam menganalisis varians biaya operasional yang terjadi, agar realisasi biaya yang terjadi tidak melebihi dari anggaran yang ditetapkan sebelumnya sehingga tujuan perusahaan bisa tercapai.Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian dari analisis varians biaya operasional di Kantor Wilayah VI PT. Pegadaian (Persero) Manado, terjadi penyimpangan biaya baik itu penyimpangan tidak menguntungkan (unfavorable) atau penyimpangan menguntungkan (favorable).Namun untuk pengendalian terhadap biaya operasional diperusahaan sudah efektif, karena adanya usaha perbaikkan yang dilakukan perusahaan pada setiap biaya yang terjadi penyimpangan. Kata kunci : varians, biaya operasional, efektivitas, pengendalian.
ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE VARIABEL COSTING PT. TROPICA COCOPRIMA
Lambajang, Amelia A.A
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (425.015 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v1i3.1874
ABSTRAK Harga pokok produksi merupakan kumpulan dari biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi. Perhitungan harga pokok produksi yang benar, akan mengakibatkan penetapan harga jual yang benar pula, sehingga nantinya mampu menghasilkan laba sesuai dengan yang diharapkan. PT Tropica Cocoprima merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi dalam pembuatan tepung terigu. Hasil penelitian menyatakan bahwa perhitungan harga pokok produksi ini menghasilkan selisih yang cukup signifikan yang berpengaruh terhadap penetapan harga jual. Untuk itu, perusahaan hendaknya memisahkan biaya produksi dan biaya non produksi dan lebih mengoptimalkan kegiatan produksinya sehingga mampu menghasilkan harga pokok produksi yang tepat dengan biaya yang rendah, Agar supaya perusahaan bisa memperoleh laba yang maksimal. Kata kunci: biaya produksi, variabel costing
PENGARUH PELATIHAN, PEMBERDAYAAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEPUASAN KERJA
Lodjo, Fernando Stefanus
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (322.889 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v1i3.1882
ABSTRAK Setiap perusahaan mempunyai tujuan akhir yang sama yaitu Laba untuk itu perusahaan berupaya meningkatkan kemampuan para karyawannnya dikarenakan karyawan merupakan kekuatan dari perusahaan agar perusahaan dapat bersaing dan tumbuh di era persaingan yang ketat ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis baik secara simultan dan parsial pengaruh pelatihan, pemberdayaan dan efikasi diri terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan pada PT. PLN Wilayah Suluttenggo Manado menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 127 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa pelatihan, pemberdayaan dan efikasi diri secara bersamaan signifikan terhadap kepuasan kerja, Pelatihan signifikan terhadap kepuasan kerja. Pemberdayaan tidak signifikan terhadap kepuasan kerja. Efikasi diri signifikan terhadap kepuasan kerja. Dapat disimpulkan bahwa variabel pemberdayaan merupakan variabel yang lemah. Kata kunci: pelatihan, pemberdayaan, efikasi diri, kepuasan kerja.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WP RESTORAN MELAPORKAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN DI MINAHASA
Oroh, Nenita Dewi
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 664-781
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (331.235 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.1.3.2013.1877
ABSTRAK Suatu hal yang juga menentukan dalam keberhasilan pemungutan pajak adalah kemauan untuk melakukan kewajiban pepajakannya tersebut, yaitu bahwa hasil pemungutan pajak tersebut tidak langsung dinikmati oleh para wajib pajak sehingga menghambat dan mengurangi kesadaran untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Penelitian ini dilakukan pada restoran yang berada di Kabupaten Minahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan wajib pajak restoran tentang pajak dan manfaat yang dirasakan wajib pajak restoran terhadap kesadaran dalam melaporkan kewajiban perpajakannya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan adalah pengetahuan yang dimiliki oleh wajib pajak restoran di Kabupaten Minahasa memberikan pengaruh yang bersifat positif dan signifikan terhadap kesadaran wajib pajak restoran dalam melaporkan kewajiban perpajakannya dan manfaat yang dirasakan oleh wajib pajak restoran memberikan pengaruh terhadap kesadaran wajib pajak restoran dalam melaporkan kewajiban perpajakan di Kabupaten Minahasa. Hanya saja, secara statistik besarnya pengaruh dari manfaat yang dirasakan wajib pajak terhadap kesadaran wajib pajak dalam melaporkan kewajiban perpajakan tidak bersifat signifikan. Kata kunci: pengetahuan, manfaat, kesadaran wajib pajak