JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211"
:
11 Documents
clear
ALOKASI BIAYA BERSAMA DALAM MENENTUKAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA UD. MARTABAK MAS NARTO
Pomalingo, Suwahyu;
Morasa, Jenny;
Tirayoh, Victorina Z.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (275.575 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4517
Biaya bersama merupakan biaya yang diolah secara bersama dalam mengolah bahan baku untuk beberapa tahapan proses produksi sehingga menghasilkan dua atau lebih macam produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis alokasi biaya bersama dalam menentukan harga pokok produksi (HPP) pada UD Martabak Mas Narto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Analisis menunjukkan UD. Martabak Mas Narto tidak melakukan perhitungan secara rinci terhadap besarnya HPP setiap kemasannya, sedangkan perhitungan menurut akuntansi biaya dilakukan dengan cara memisahkan HPP bersama dengan cara perhitungan alokasi biaya bersama menggunakan metode nilai jual relatif. metode nilai jual relatif merupakan metode yang sangat cocok dan tepat, hal ini disebabkan metode ini memiliki keunggulan seperti menggunakan dasar bahwa nilai jual mencerminkan besarnya biaya yang diserap oleh tiap jenis produk. Manajemen usaha disarankan untuk melakukan alokasi biaya bersama dengan metode nilai jual relatif sebagai acuan dalam mengalokasikan biaya. Kata kunci: biaya bersama, harga pokok produksi
ANALISIS PENGELOLAAN DAN PELAPORAN KEUANGAN PADA SATUAN KERJA BIDANG KEUANGAN POLDA SULAWESI UTARA
Dico, Dahlia;
Tinangon, Jantje J.;
Pusung, Rudy J.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (263.209 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4516
Satuan Kerja (Satker) Bidang Keuangan merupakan salah satu entitas akuntansi di bawah Lembaga Kepolisian yang berkewajiban menyelenggarakan akuntansi dan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN dalam menyusun laporan keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) yang ada dalam DIPA. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah pelaksanaan pengelolaan keuangan Satker Bidang Keuangan Polda Sulut sudah berjalan dengan baik sesuai dengan Perkap No. 22 Tahun 2011 pada Bab II Pasal 4 yaitu tentang Pengelolaan Keuangan Negara di Lingkungan Polri dan pelaporan keuangannya apakah sudah sesuai dengan PP No.71 Tahun 2010 tentang SAP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu data yang telah dikumpulkan, dirumuskan permasalahan, dan kemudian menggambarkan secara apa adanya tentang pengelolaan dan pelaporan keuangan pada satker ini. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengelolaan dan pelaporan keuangan telah dijalankan dengan baik, dapat dilihat dari transaksi yang terjadi dimulai dengan perencanaan penarikan dana sampai dana itu dapat dicairkan berdasarkan tugas dari masing-masing pejabat pengelola keuangan Negara dan pelaporan keuangannya sudah sesuai dengan SAP yaitu PP No.71 Tahun 2010, dimana telah menghasilkan tiga bentuk laporan keuangan. Pengelolaan dan pelaporan keuangan di Satker Bidang Keuangan Polda Sulut, diharapkan dapat dipertahankan dan terus mengikuti perkembangan aturan yang berlaku. Kata kunci: pengelolaan, pelaporan keuangan
PRODUCT ADVERTISEMENT AND BRAND EQUITY EFFECT TO CONSUMER BRAND CHOICE IN MANADO
Maramis, Gabriella;
Tumewu, Ferdinand
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (313.722 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4519
Company is using advertising as a media to offered products, so the product could be known and sold well in the market place. That is why advertising is made as attractive as possible, so that sometimes can be too extravagate, and ignoring the psychological, sociological, ecological, and aesthetic target audience or product being advertised. The aim of this research analysis is using multiple regression and causal research as a tool to gather data and analysis. This study collected 105 respondents data sample of population of people in Manado. The conclusion of this study is the influence of product advertisement and brand image on consumer brand choice, simultaneously and partially are significant. The recommendation of this research result is to increase brand equity the company should expand the brand engagement to the consumer and give more promotion. Â Keywords: product advertising, brand equity, consumer brand choice
PENERAPAN BIAYA RELEVAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA CV. TABEA
Rantung, Dewanti;
Mawikere, Lidia
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (260.686 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4513
Informasi tentang biaya yang relevan menjadi hal yang penting yang senantiasa diperlukan oleh perusahaan dalam pengambilan keputusan yang tepat. Setiap keputusan yang diambil oleh pihak manajemen akan menjadi tolak ukur keberhasilan dari suatu perusahaan di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis biaya relevan dalam kaitannya dengan pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus. Biaya relevan adalah biaya masa yang akan datang yang berbeda besarnya pada berbagai alternatif. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perusahaan belum menerapkan biaya relevan dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus. Manajemen perusahaan sebaiknya menerapkan perhitungan biaya relevan agar dapat mengambil keputusan dengan tepat terhadap alternatif pilihan yang  tersedia.Kata kunci: biaya relevan, pesanan khusus
PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PERUSAHAAN ROTI LIDYA MANADO
Kapojos, Rebecca;
Sondakh, Jullie J.;
Waladouw, Stanley
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (291.29 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4515
Sistem Activity Based Costing (ABC) dapat menyediakan informasi perhitungan biaya yang lebih baik dan dapat membantu manajemen mengelola perusahaan secara efisien serta memperoleh pemahaman yang lebih baik atas kekuatan, kelemahan dan keunggulan kompetitif perusahaan. Sehingga dengan metode ABC dapat menyajikan informasi harga pokok produksi (HPP) secara cermat dan akurat bagi kepentingan manajemen. Tujuan penelitian ini mengetahui perbandingan HPP dengan menggunakan metode yang diterapkan perusahaan Roti Lidya saat ini dengan harga pokok yang dihasilkan dengan metode ABC. Metode analisis yang digunakan adalah analisa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan HPP menggunakan ABC memberikan hasil yang lebih tinggi dari cara tradisional pada perusahaan Roti Lidya. Sistem tradisional memberikan perhitungan harga HPP yang lebih rendah dibandingkan dengan metode Activity Based Costing, dikarenakan perhitungan dengan sistem tradisional hanya menggunakan satu cost driver sehingga banyak terjadi distorsi biaya dan menghasilkan perhitungan HPP yang tidak relevan. Perusahaan sebaiknya mengevaluasi kembali sistem pembebanan biaya dalam menentukan HPP. Kata kunci: activity based costing, harga pokok produksi
PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN UNTUK PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA CV. MULTI MEDIA PERSADA MANADO
Makisurat, Aprilia;
Morasa, Jenny;
Elim, Inggriani
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (306.097 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4518
Pengendalian intern persediaan sangat penting dalam melindungi asset perusahaan dari kecurangan, pemborosan, dan pencurian yang mungkin terjadi dan dilakukan oleh karyawan maupun pihak lain. Oleh karena itu, sistem pengendalian internal harus dijalankan dengan baik dan efektif agar terhindar dari kesalahan atau kecurangan tersebut. Persediaan sangat penting untuk perusahaan dagang, karena merupakan barang-barang yang dimiliki untuk dijual atau digunakan dalam kegiatan normal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian intern untuk persediaan pada CV. Multi Media Persada Manado, sehingga mendapatkan gambaran yang jelas mengenai pengendalian intern persediaan barang dagangan yang telah diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif  yaitu dengan melakukan wawancara langsung kepada karyawan perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada CV. Multi Media Persada Manado yang merupakan salah satu jenis perusahaan dagang. Hasil penelitian pada CV. Multi Media Persada Manado atas pengendalian intern sudah baik, karena telah menerapkan unsur-unsur pengendalian intern. Disarankan  pihak manajemen dapat melakukan pencatatan manual serta menyediakan staf ahli dalam menilai kualitas barang dagangan.  Kata kunci: evaluasi, sistem pengendalian intern, persediaan
HEALTH AND SAFETY ON COMPANY PERFORMANCE AT PT LEIGHTON CONTRACTOR INDONESIA (LCI) IN LIKUPANG
Montolalu, Chirsthen;
Lapian, S. L.H.V
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (602.913 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v2i2.4521
Organizations and companies that smart enough to realize about the importance of health and safety started to give more attention to their organizational and management impact on safety performance particularly the function of health and safety. Health and safety have an important role in organizations profit. Profit margins are higher among the organizations with better on their health and safety management. This study aimed to find out does health and safety have an influence on company performance at PT. Leighton Contractors Indonesia. The type of this research is associative research and uses causal type of research where it is designed to determine whether health and safety have an influence or affects the company performance.The result shows that health and safety have an influence on company performance based on the influence analysis also health and safety and company performance have a strong relationship as shown in coefficient correlation. The result shows that health and safety influence the company performance simultaneously and partially. It is better for the management of the company to maintain the employees to keep following the rules of health and safety and if it is able, the company can improve the policy of health and safety. Keywords: health, safety, company performance
THE EFFECT OF ADVERTISEMENT AND PROMOTION ON BRAND SWITCHING BEHAVIOR OF MOBILE PHONE PROVIDERS IN MANADO
Runturambi, Fallonia;
Tumewu, Ferdinand
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (265.708 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4514
Companies should pay attention to advertisement and promotion of its brand in order to attract consumers, so, it will influence the brand switching behavior of consumers in choosing mobile phone provider. The aim of this research is to analyze the effect of advertisement and promotion on brand switching behavior. To achieve the objectives, the research method used is associative with multiple regression analysis. The population observed is people who are users of mobile phone providers in Manado with sample as many as 100 respondents. Results and conclusion show that advertisement and promotion have significant impact on brand switching behavior. Advertisement does not have positive and significant impact on brand switching behavior of mobile phone providers. Promotion has positive and significant impact on brand switching behavior of mobile phone providers. The findings of this research is strongly recommended that for mobile phone provider to simultaneously incorporate both Advertisement and Promotion in order to acquire new users or even for users of other brands to have a change of choice. Â Keywords: advertisement, promotion, brand switching, consumer behavior
REFERENCE GROUPS, FAMILY, ROLES AND STATUS ON YOUNG CONSUMER BAHVIOR TOWARDS PURCHASE INTENTIONS OF LUXURY FASHION BRANDS
Kembau, Agung;
Mekel, Peggy Adeline
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (544.772 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4520
Today, luxury consumption has become so popular, everyone aspire for luxury, particularly in fashion. Recently young consumers consumption`s pattern is not only to satisfy basic physiological needs but also to create a self and define one’s role in society. One of the most interesting aspects of consumption is luxury consumption which is not vital for young consumer’s survival but they are engaging in the consumption of luxury products. This research aims to analyze (1) what is the influence of social factors (reference group, family, roles and status) on young consumer behavior towards purchase intention of luxury fashion brand; (2) to identify which factors of social factors that has the most significant influence on young consumer behavior towards purchase intention of luxury fashion brand. The research method that used in this research associative with multiple linear regression analysis technique, as sample of the research 100 respondent  taken from people in Manado as young consumers. The findings revealed that reference groups, family, and roles & status have a significant effect to the young consumer purchase intention on luxury fashion brands. Young people with their uniqueness wants to get the attention of the people around them, they wants other people to like the luxury fashion goods they buy. Company or shop should improve the prestige of their product increase their product image. Keywords: reference group, family, roles and status, purchase intention
THE KEY DRIVERS OF BANKS E-RECRUITMENT IN MANADO
Kalangi, Keita Ch. M.;
Pangemanan, Sifrid S.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 1090 - 1211
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (336.024 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4524
Internet has linked most of the countries in this whole world. It is now becoming a critical communications tools and services, with distinct characteristics and communication capabilities that allow an organization or company to use them to achieve multiple communication goals. The objective of this research is to analyze how the key drivers of e-recruitment affect recruitment methods of Banks in Manado. This research is limited to three of Development Banks that are Bank Sulut, Bank Negara Indonesia, and Bank Rakyat Indonesia as Limited Companies that using online system to recruit the right employee from ramdom candidates. Method of Analysis used in this research is quanlitative method that aimed at making valid inferences from the often overwhelming amount of collected data. The implementation of e-recruitment system for recruiting new employees in observed bank in this research has made the recruitment system become beneficial in each bank. To conclude, related with the performance of these banks, the human resources department must consider about the importance of the key drivers because of these factors roles in stimulating the management parties of these banks to execute e-recruitment system in more effective and efficient way. Keywords: internet, e-recruitment, key drivers,bank recruitment.