cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Manajemen & Keuangan
Published by Universitas Samudra
ISSN : 2252844X     EISSN : 26151316     DOI : -
Jurnal Manajemen & Keuangan merupakan wahana hasil penelitian dan telaah konseptual dalam bidang manajemen dan keuangan, diterbitkan sejak tahun 2012 dan terbit 2 kali setahun pada bulan Mei dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2022): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN" : 7 Documents clear
Kinerja Keuangan Sebagai Pemoderasi Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility dengan Nilai Perusahaan Maria Selviana Tresna Mau; Kadarusman Kadarusman
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 11 No 1 (2022): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v11i1.3942

Abstract

Tujuan dari penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh GCG dan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan serta kinerja keuangan sebagai variabel pemoderasi. Dalam penelitian ini variabel GCG diproksikan dengan kepemilikian manajerial. Variabel kinerja keuangan diproksikan dengan ROA. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan sampel penelitian. Diperoleh 22 perusahaan sebagai sampel penelitian sesuai dengan kriteria sampel yang telah ditentukan. Metode analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa GCG tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. kinerja keuangan tidak mampu memoderasi hubungan GCG terhadap nilai perusahaan. Kinerja keuangan mampu memoderasi hubungan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan.
Strategi Pengembangan Bisnis Ukm Di Sentra Ukm Fashion Bulak Timur, Kota Depok Erwin Permana; Herlan Herlan
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 11 No 1 (2022): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v11i1.4368

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis UKM di Sentra UKM Fashion Kota Depok. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis menggunakan analisis situasi internal-ekternal, penggabungan dengan menggunakan matriks IE, dan perumusan strategi dengan menggunakan SWOT. Serangkaian analisis situasi terhadap lingkungan bisnis dan penggabungan menggunakan matrik IE diperoleh pemahaman bahwa UMKM fashion kota depok berada pada kuadran ke-2 di matrik IE dengan rekomendasi strategi umum pertahankan dan pelihara (hold and maintenance). Sedangkan analisis menggunakan SWOT diperoleh beberapa rekomendasi strategi yang lebih spesifik yakni citra perusahaan dimata konsumen, memperkuat kapabilitas digital, memperkuat jaringan yang sudah ada dan menambah jaringan baru dengan berbagai macam pihak, meningkatkan modal kerja untuk pembiayaan operasional dan memperluas distribusi, peningkatan Kualitas SDM perusahaan dan pengembangan karyawan, memperluas pasar yang sudah ada, melakukan perencanaan produksi dan efisiensi biaya
Analisis Minat Pengguna Layanan Online Travel Agent (OTA) Pada Tiket.com di Indonesia Mengggunakan Model Pendekatan Modifikasi UTAUT 2 Adhi Prasetio; Wita Nursandi
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 11 No 1 (2022): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v11i2.3432

Abstract

Tiket.com merupakan OTA terpopuler kedua di Indonesia setelah Traveloka. Dengan adanya kondisi New Normal karena Covid-19, Tiket.com beserta perusahaan OTA lainnya kembali berlomba untuk menciptakan terobosan terbaru untuk bisa menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat perilaku konsumen terhadap penggunaan layanan website Tiket.com dengan menggunakan model UTAUT 2 yang sudah dimodifikasi. Faktor ini terdiri dari Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Hedonic Motivation, Price Value, Habit dan Website Quality serta Age dan Gender sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan persepsi pelanggan terhadap variabel dan meneliti hubungan sebab akibat antara variabel berdasarkan hipotesis di dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner online melalui Google Form. Jumlah responden berjumlah 400 responden yang berdomisili di Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada enam faktor dalam model Modifikasi UTAUT 2 yang mempengaruhi minat perilaku (Behavioral Intention) dalam penggunaan layanan website Tiket.com. Sedangkan yang berpengaruh positif terhadap Use Behavior ada dua yaitu Behavioral Intention dan Habit. Dalam faktor moderasi, Gender tidak memoderasi pengaruh faktor apapun, sedangkan moderasi Age hanya berpengaruh kepada Price Value terhadap Behavioral Intention saja. Disarankan bahwa Tiket.com harus bisa terus mempertahankan minat pengguna untuk bisa terus menggunakan layanannya dengan mempertimbangkan semua faktor-faktor yang ada dalam UTAUT 2 agar bisa memberikan pelayanan website serta produk berkualitas tinggi
Pengaruh Love Of Money, Machiavellian Dan Budaya Etis Organisasi Terhadap Kecenderungan Fraud Accounting Di Sektor Pemerintahan (Persepsi Pegawai Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tangerang) Lena Erdawati; Mikrad; Hendra Galuh Febrianto
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 11 No 1 (2022): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v11i1.4328

Abstract

Maksud tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak dari love for money, Machiavellian, dan budaya etis organisasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Subyek survei ini yaitu pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Tangerang, dengan total 29 OPD. Dalam sampel survei ini, kami menggunakan metode pengambilan sampel 87 responden. Metode pengumpulan data menggunakan survei. Survei ini merupakan jenis survei kuantitatif. Artinya, penelitian yang berfokus pada pengujian hipotesis menggunakan alat analisis statistik dan menarik kesimpulan umum. Metode analisis data memakai model persamaan struktural (SEM) partial least squares (PLS). Penelitian ini menjawab hasil hipotesis yaitu: 1) love for money memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap tren penipuan akuntansi. 2) Machiavellian memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap tren penipuan akuntansi. 3) Budaya perusahaan yang etis memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap tren penipuan akuntansi
Towards Resilient MSMEs: The Role of Organizational Resilience and Entrepreneurial Resilience Roymon Panjaitan
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 11 No 1 (2022): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v11i1.5035

Abstract

Resilient MSMEs can be influenced by strong entrepreneurial resilience and organizational resilience in facing the challenges of business competition dynamics. This study discussion aims to analyze the success of the seller's intelligent proactive ability in bridging entrepreneurial resilience and organizational resilience in resilient MSMEs, as well as the effect of moderation of environmental turbulence from the relationship of the smart proactive ability of sellers to resilient MSMEs. A total of 186 respondents were sampled to MSME businesses, data collection techniques in the form of questionnaires and interviews. SEM-PLS compound path analysis is used in this research, where the seller's intelligent proactive ability is used as mediation and environmental turbulence as a moderation function. The results of this study there is a positive correlation between entrepreneurial and organizational resilience to the proactive ability of smart sellers, positive relationships of the smart ability of sellers on resilient MSMEs, and the positive impact of the direct influence of entrepreneurial resilience to Tangguh MSMEs. However, there is a negative relationship of moderation of environmental turbulence as well as organizational resilience relationships in resilient MSMEs. The conceptual contribution of this study model provides positive stimulus in measuring resilience for MSMEs obtained from internal factors and external disturbances.
Analisis Efisiensi dengan Data Envelopment Analysis Agressive dan Pengukuran Faktor-Faktor yang Diduga Berpengaruh terhadap Efisiensi Bank Syariah Bukopin Arijal Koiri; Rendra Erdkhadifa
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 11 No 1 (2022): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v11i1.5113

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran perbankan syariah dalam meningkatkan pembangunan ekonomi nasional ke arah peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kredit atau pembiayaan yang dituntut untuk selalu efisien. Maka dari itu peneliti mengangkat permasalahan efisiensi dan faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap efisiensi Bank Syariah Bukopin dengan tujuan untuk mengetahui hasil tingkat efisiensi Bank Syariah Bukopin dan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap efisiensi Bank Syariah Bukopin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Sampel penelitian ini berjumlah 26 data laporan triwulan dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu Data Envelopment Analysis Agressive dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel input yang memberikan kontribusi terbesar dalam peningkatan efisiensi Bank Syariah Bukopin adalah beban tenaga kerja dan beban overhead sedangkan pada variabel output adalah pendapatan fee base income. Selama periode penelitian rata-rata efisiensi yang diperoleh dengan teknik DEA Agressive sebesar 0,786. Adapun faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat efisiensi Bank Syariah Bukopin adalah FDR dan Size, sedangkan NPF, ROA, dan CAR tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat efisiensi.
Corporate Governance Dan Profitabilitas Perusahaan Publik Di Indonesia Eka Febiyanti Samhudi; Hersugondo Hersugondo
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 11 No 1 (2022): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33059/jmk.v11i1.5125

Abstract

This study examines the relationship between internal corporate governance mechanisms consisting of the size of the board of directors, the board of commissioners, the proportion of independent commissioners, institutional ownership and managerial ownership on profitability as measured using the return on asset (ROA) ratio and using control variables, namely sales growth and risk. business. A total of 807 companies listed on the Indonesia Stock Exchange during 2015 to 2020 were included in the population in this study. After using purposive sampling technique, 300 companies from various sectors were used as research samples. The data processing technique used is multiple regression analysis using SPSS version 23 software. Several tests were carried out such as Pearson Correlation, F Test, Coefficient of Determination and T Test to see the relationship and influence between variables. This study found a positive and significant relationship between the size of the board of directors, the size of the board of commissioners and managerial ownership on return on assets (ROA), meaning that the increase in the return on company assets is influenced by these three variables. The proportion of independent commissioners and institutional ownership does not have a significant effect on return on assets because it is based on the results of the t test with a significance value > 0.05. The sales growth control variable has a positive and significant effect on ROA while business risk has a negative and significant relationship with ROA. This research has important implications for policy makers within the company as well as for researchers in the same field.

Page 1 of 1 | Total Record : 7