cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE)
ISSN : 24610690     EISSN : 27149935     DOI : -
Publication media for Scientific Research of Software Engineering.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019): IJSE 2019" : 15 Documents clear
Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Pada Wisata TMII Berbasis Website Retno Sari; Ratih Yulia Hayuningtyas
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 5, No 2 (2019): IJSE 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v5i2.6957

Abstract

Abstrak: Para wisatawan sebaiknya terlebih dahulu mengetahui kondisi dari objek wisata yang ingin dikunjungi dengan melihat opini wisatawan sebelumnya. Data dalam penelitian ini didapat dari Tripadvisor, yang kemudian diklasifikasikan ke dalam class negatif dan class positif. Dari data tersebut akan dibuatkan aplikasi dengan Naive Bayes. Algoritma Naive Bayes dipilih karena memberikan hasil yang tepat dalam pengklasifikasian opini dalam bentuk paragraf. Pengolahan awal dalam penelitian ini meliputi tokenization, stopword removal, dan stemming kemudian data akan diuji dengan algoritma Naive Bayes. Untuk memudahkan wisatawan mengetahui klasifikasi opini publik maka pada penelitian ini dibuat aplikasi analisis sentimen menggunakan pemrograman PHP dan HTML untuk memudahkan wisatawan mencari kesimpulan dari sebuah opini.  Kata kunci: Analisa Sentimen, Naive Bayes
Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Material Bangunan Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 5, No 2 (2019): IJSE 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v5i2.6962

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi informatika saat ini sangat cepat dan pesat, membawa perubahan yang begitu besar di berbagai bidang. Adapun komputer yang merupakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware maupun software. Sebuah toko material bahan bangunan membutukan adanya suatu sistem informasi yang menunjang dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan atau customer. Pada saat sekarang ini, beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan material bahan bangunan masih menggunakan cara-cara yang manual. Mulai dari pencatatan data barang, proses transaksi barang, sampai penyimpanan data lainnya yang berhubungan dengan proses penjualan hingga sampai pembuatan laporan. Hal tersebut memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan dan keterlambatan dalam pencarian data yang diperlukan. Perancangan program ini merupakan solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada toko material bahan bangunan, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas penjualan.Kata kunci: Perancangan Program, Aplikasi Penjualan, Penjualan Bahan Bangunan
Rancang Bangun Aplikasi “Sipedi” Pada UPTD Puskesmas Nanggulan Kulon Progo Budi Kristianto; Elly Muningsih
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 5, No 2 (2019): IJSE 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v5i2.6953

Abstract

Keberadaan Perpustakaan Puskesmas dibawah pengelolaan UPTD Puskesmas Nanggulan selain sebagai layanan masyarakat juga merupakan sumber data, informasi, dan pengetahuan. Perpustakaan Digital berbasis Web sangat diperlukan karena dapat mempermudah penyimpanan dan penyebarluasan informasi serta ilmu pengetahuan ke seluruh masyarakat. Untuk penelitian ini merancang bangun aplikasi “Sipedi” yaitu Sistem Informasi Perpustakaan Digital berbasis web pada UPTD Puskesmas Nanggulan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Website ini dikembangkan menggunakan program PHP dan pengolahan data menggunakan database MySQL. Design tampilan dirancang menggunakan Adobe Dreamweaver CS6. Metode pengembangan perangkat lunak penelitian ini menggunakan model waterfall dengan beberapa tahapan, meliputi analisis kebutuhan perangkat lunak, desain, pembuatan kode program, pengujian, dan pendukung (support) atau pemeliharaan (maintenance). Sedangkan pengujian yang dilakukan menggunakan Black Box Testing.
Rancang Bangun Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Berbasis Web Pada Klinik Johar Kabupaten Karawang Robi Sopandi; Andi Taufik; Abdussomad Abdussomad; Ratih Kurnia
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 5, No 2 (2019): IJSE 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v5i2.6958

Abstract

Abstrak: Klinik Johar menjadi rujukan bagi banyak pasien yang memerlukan pelayanan pengobatan di klinik  tersebut. Hal ini berdampak dengan banyaknya data-data yang harus di kelola. Pengelolaan secara efektif dan efisien serta cepat akan meningkatkan kualitas pelayanan yang dapat diberikan oleh klinik. Pasien yang akan berobat di klinik, tentu harus melewati beberapa prosedur terlebih dahulu, salah satunya yaitu melakukan pendaftaran. Pendaftaran pasien secara manual dapat mengakibatkan lambatnya proses pengelolaan data yang manual berdampak kepada kurang baiknya pelayanan terhadap pendaftaran pasien. Data pendaftaran pasien akan banyak yang rusak dan sulit dicari jika dikelola secara manual. Digitalisasi menjadi sangat diperlukan dalam pengelolaan data pendaftaran pasien agar pengelolaan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga data cepat diproses, tidak mudah rusak dan terdokumentasikan dengan baik, mudah dicari. Hal ini akan berdampak positif terhadap pelayanan kepada para pasien dan terciptanya tertib administrasi pada pendaftaran pasien oleh karena itu dibuat rancang bangun aplikasi pendaftaran pasien berbasis web dengan metode pengembangan sistem waterfall Kata kunci: Patient Registration Program, Information Systems, Website Services System, Waterfall
Pengaruh Rating Film Terhadap Jumlah Audience Yang Menonton Film Nissa Almira Mayangky; Desiana Nur Kholifah; Imanuel Balla; Indra Jiwana Thira
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 5, No 2 (2019): IJSE 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v5i2.6963

Abstract

Abstrak:  Film menjadi salah satu bentuk hiburan yang ditawarkan dan diminati sejumlah audience dengan disajikan melalui adaptasi dari novel, komik, atau serial televisi, serta melalui berbagai macam media. Perkembangan perfilman dari tahun ke tahun semakin berkembang dan mulai diminati. Keinginan penonton dalam mencari, menggunakan dan menilai suatu film telah membuat dunia perfilman saat ini menjadi sorotan utama sineas dalam menyalurkan hobi, minat, bakat, dan usaha mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang apakah tingginya rating atau penilaian sebuah film berpengaruh pada banyaknya jumlah penonton. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penonton film box office tahun 2014-2015. Penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu rating dan views dengan jumlah data sebanyak 696 data. Pengolahan data yang digunakan algoritma regresi linier. Hasil pengolahan data implementasi algoritma regresi linier pada rapidminer menunjukan pengaruh rating film hanya sebesar 0,011. Kecilnya angka rating ini menunjukan bahwa pengaruh yang diberikan rating film terhadap jumlah audience tidak terlalu signifikan atau tidak berpengaruh.
Desain Aplikasi Manajemen Kunjungan Pelanggan Barbershop Squad Corporation (AK-SQUAD) Husni Faqih; Aditya Syaiful Islam; Zanuar Rifai; Ayu Amarcia A.S.W
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 5, No 2 (2019): IJSE 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v5i2.6954

Abstract

Seiring perkembangan media sosial dan tumbuhnya kesadaran untuk berpenampilan menarik, membuat pertumbuhan bisnis di bidang barbershop berkembang sangat pesat tidak hanya di kota besar bahkan hingga ke daerah-daerah. Memberikan pelayanan terbaik adalah salah satu strategi sukses dalam bisnis jasa. Salah satu bentuk pelayanan terbaik adalah pemberian informasi secara berkelanjutan seperti informasi diskon. Data pelanggan ini didapat dari sistem pengeolalaan data pelanggan. SQUAD Corporation Pemalang sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa barbershop juga menggunakan strategi tersebut dengan menggunakan aplikasi Ms. Excel. Belum menggunakan aplikasi yang khusus untuk pengelolaan data pelanggan memiliki kekurangan pada kesulitan mendapatkan data pelanggan karena sebagian pelanggan enggan mengisi data kunjungan. Penyampaian informasinya juga masih manual cek data telepon setiap pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem informasi yang nyaman bagi pelanggan dalam mengisi data kunjungan untuk kebutuhan pengembangan layanan Squad Corporation. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dan metode pengembangan software Rapid Application Development (RAD). Teknik pengumpulan data dengan malakukan kegiatan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian adalah desain Aplikasi Manajemen Kunjungan Pelanggan Barbershop Squad Corporation (AK-SQUAD).
Komparasi Algoritma C4.5, K-NN Dan Naïve Bayes Dalam Penerimaan Karyawan Menggunakan PSO Pada PT. XYZ Taufik Asra
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 5, No 2 (2019): IJSE 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v5i2.6959

Abstract

Abstrak: Merekrut karyawan-karyawan dengan kualitas terbaik salah satu tugas HRD untuk membantu memajukan perusahaan. Karyawan dengan kualitas terbaik tersebut diharapkan memberikan kontribusi yang tinggi terhadap perusahaan nantinya. Untuk mendapatkan karyawan terbaik perusahaan menerapkan seleksi penerimaan karyawan yang ketat. Masalah muncul ketika karyawan yang lulus seleksi ternyata mengundurkan diri ketika masa kontraknya belum terpenuhi, bahkan ada yang menghilang pada saat proses training. Hal itu mengakibatkan tingginya turnover pada perusahaan. Sampel data yang digunakan ada 111 data, diambil dari data karyawan yang bertahan lebih dari 12 bulan, daftar karyawan resign dibawah 12 bulan dan calon karyawan yang ditolak. Setelah proses cleansing di dapat 80 data dengan rincian 32 diterima dan 48 ditolak. Dengan algoritma C4.5 dioptimasi menggunakan PSO yang dievaluasi dengan confusion matrix menghasilkan tingkat accuracy 86.25%, precision 80.83% dan recall 68.33% serta grafik AUC 0.530. Dengan algoritma K-NN dioptimasi menggunakan PSO yang dievaluasi dengan confusion matrix menghasikan tingkat accuracy 82,50%, precision 84,33% dan recall 75,00% serta nilai grafik AUC 0,796. Dengan algoritma Naïve Bayes dioptimasi PSO yang dievaluasi dengan confusion matrix menghasikan tingkat accuracy 91,25%, precision 88,50,% dan recall 94,17% serta nilai grafik AUC 0,903. Kata kunci: Penerimaan Karyawan, C4.5, K-NN, Naïve Bayes,PSO
Perancangan Sistem Tumbuh Kembang Balita dengan Metode Forward Chaining Saghifa Fitriana
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 5, No 2 (2019): IJSE 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v5i2.7155

Abstract

Abstrak: Pertumbuhan Balita saat ini sedang menjadi salah satu fokus dari pemerintah. Banyaknya jenis penyakit dan virus yang bermunculan saat ini yang menyerang pada balita menjadi penyebab pemerintah menghimbau puskesmas dan posyandu untuk mensosialisasikan kepada para orang tua balita supaya memberikan makanan dengan gizi yang seimbang supaya kesehatan fisik balita dapat meningkat di grafik KMS dan selalu berada pada garis hijau yang menunjukkan batas normal. Posyandu dan puskesmas sebaiknya lebih detail dalam mencatat pertumbuhan balita yang sesuai dengan standar ukuran bayi sehat dari WHO. Pencatatan data tersebut sebaiknya tersimpan dengan rapi dan terstruktur agar dapat dipantau oleh puskesmas maupun posyandu serta data tersebut akan sinkron ketika balita melakukan pemeriksaan di Puskesmas setempat sehingga tidak diperlukan pendaftaran bagi balita yang terdaftar di posyandu setempat. Keakuratan data balita berupa Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Kepala menjadi salah satu hal penting yang sangat dibutuhkan untuk menentukan kesehatan fisik balita tersebut masuk dalam kategori Kurang, Normal atau Berlebih. Sehingga dengan adanya Metode Forward Chaining dapat disimpulkan hasil dari perhitungan jika ketiga kriteria tersebut berada pada garis normal semua maka termasuk dalam balita sehat.
Rancang Bangun Sistem Informasi Absensi Karyawan Pada Pt. San Andreas Mandiri Bekasi Rio, Nova; Hariyanto, Dicky; Sunita, Elvi
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 5, No 2 (2019): IJSE 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v5i2.6955

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang  ini,teknologi informasi melaju dengan cepatnya. Adapun  komputer yang merupakan  peralatan yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan  manusia,saat mencapai kemajuan baikdi dalam pembuatan hardware maupun software.PT. San Andreas Mandiri membutukansekali adanya suatu sistem informasi yang menunjang dan memberikan manfaat dalam membangun  perusahaan.Untuk itulah peneliti membuat sebuah sistem absensi karyawan pada PT. San Andreas Mandiri bekasi yang belum terkomputerisasi. Pada saat ini PT. San Andreas Mandiri hanya berupa perusahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor, engineering, fabrikasi . Sistem absensi yang ada pada PT. San Andreas Mandiri ini masih dilakukan secara manual,mulai dari absen masuk hingga pembuatan laporan untuk absen, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan,kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pengolahan data-data yang diperlukan. Metodelogi yang dipilih pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall serta dibantu dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Tujuan pada penelitian ini diharapkan PT. San Andreas Mandiri dapat meminimalisir tingkat kesalahan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan sistem absensi karyawannya.
Sistem Informasi Pelayanan Pasien Berbasis Website Pada Puskesmas II Baturraden Joko Dwi Mulyanto; Fatimahtuz Zahra
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 5, No 2 (2019): IJSE 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v5i2.7097

Abstract

Abstrak: Puskesmas II Baturraden bergerak sebagai salah satu instansi kesehatan di daerah Baturraden ini memiliki banyak pasien yang berobat setiap harinya. Tidak dapat dipungkiri, bahwa pelayanan pasien pada Puskesmas ini pun harus di tingkatkan, mulai dari pelayanan pada saat pasien akan melakukan pendaftaran, kemudian selanjutnya dilakukan pemeriksaan sampai memberikan resep serta mengambil obat yang harus digunakan oleh pasien. Masalah yang terdapat di Puskesmas II Baturraden ini adalah pada sistem pelayanan kesehatan pasiennya, yaitu dimana data-data yang dibutuhkan saat pelayanan pasien berlangsung masih dicatat dan disimpan secara manual yang mengakibatkan sering terjadi kesalahan dalam pencatatan data pasien. Data pasien yang disimpan masih berupa arsip, sehingga terjadi penumpukan data dan keamanan dari datanya kurang terjamin. Kegunaan dalam penelitian ini adalah untuk membantu proses pelayanan kesehatan terhadap pasien yang membutuhkan data-data di setiap prosesnya, sehingga memberikan pelayanan yang lebih cepat dan efektif serta efisien. Dengan adanya Sistem Informasi Pelayanan Pasien ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah user dalam melayanai para pasien yang akan berobat seperti pada proses pencarian data-data pasien menjadi lebih cepat dan akurat, sehingga dapat mendukung perkembangan Sistem Informasi Pelayanan Pasien pada Puskesmas II Baturraden ini.

Page 1 of 2 | Total Record : 15