cover
Contact Name
Eko Pramudya Laksana
Contact Email
pramudyalaksana29@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jkbk.fip@um.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN : 25484311     EISSN : 25033417     DOI : -
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print), is a peer-reviewed journal which publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling. Every submitted manuscript will be reviewed by at least two peer-reviewers using double blind review method. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling is published by Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education, Universitas Negeri Malang in collaboration with Asosiasi Bimbingan dan Konseling (ABKIN).
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 4 (2016)" : 7 Documents clear
Hubungan antara Tayangan Erotika di Pornomedia terhadap Perilaku Seksual Siswa Zunita Nur Cahyani; Carolina Ligya Radjah; Blasius Boli Lasan
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 4 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.604 KB)

Abstract

Abstract: The mass media which contain of erotic impression can stimulate teenagers who want to know everything about sexual and want to imitate what they hear and look from mass media as a part of learning process.The purpose of this research is to determine the relationship between the erotical exposure on pornmedia to the sexual behaviour of students. The research design is descriptive correlational on subjects totalling 87 people. The instruments used is the scale of the erotical exposure and sexual behaviour scale which contain 46 items on each scale. Trials carried out to 40 people with the validity 0,312 and reliability 0,947 and 0,953. The result of research shows the correlation of rxy = 0,212,  p = 0,049 < 0,05 it means that there is a correlation between the erotical exposure on pornomedia with student’s sexual behaviour.Abstrak: Media massa yang mengandung tayangan erotika dapat merangsang remaja yang ingin tahu tentang hal yang berbau seksual dan ingin meniru apa yang ia dengar dan lihat dari media massa sebagai bagian dari proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tayangan erotika di pornomedia terhadap perilaku seksual siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional pada subyek penelitian yang berjumlah 87 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala tayangan erotika dan skala perilaku seksual dengan jumlah 46 butir pada masing-masing skala. Uji coba dilakukan kepada 40 orang yang menghasilkan validitas butir sebesar 0,312 serta reliabilitas sebesar 0,947 dan 0,953. Hasil uji penelitian menunjukkan korelasi sebesar rxy = 0,212,  p = 0,049 < 0,05 artinya ada hubungan antara tayangan erotika di pornomedia dengan perilaku seksual siswa.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i42016p158
Perbedaan Tingkat Komitmen Tugas Siswa Kelas Akselerasi dan Siswa Kelas Reguler di SMA Negeri Se-Kota Kediri Rosalia Dewi Nawantara; Laelatul Arofah
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 4 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.51 KB)

Abstract

Abstract: Education plays an important role in shaping the character of students. One of the characters to be instilled by teachers is task commitment. However, what happens in the field, students have lack of responsibility in completing tasks. Task commitment identical with gifted academic children which is acceleration class students. Despite that commitment to duty is basically owned by everyone including regular students. The purpose of this study was to determine level of commitment differences of acceleration class students and regular class students. The method used is descriptive survey research. Data analysis technique used is Mann Whitney test. From the calculation results obtained t value of 0.009 < 0.05, so there is a difference between the commitment level of labor between acceleration class students and students’ regular classroom.Abstrak: Pendidikan berperan penting dalam pembentukan karakter siswa. Salah satu karakter yang harus ditanamkan oleh guru adalah komitmen terhadap tugas. Akan tetapi, yang terjadi di lapangan siswa kurang memiliki tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Komitmen tugas identik dengan anak berbakat akademik yaitu siswa kelas akselerasi. Meskipun begitu komitmen tugas pada dasarnya dimiliki oleh semua orang termasuk siswa  kelas reguler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat komitmen tugas siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Mann-Whitney Test. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai t hitung sebesar 0,009<0,05 bahwa terdapat perbedaan antara tingkat komitmen tugas antara siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i42016p165
Pengembangan Paket Pelatihan “Ground, Understand, Revise, Use (GURU)-Karier” untuk Meningkatkan Efikasi Diri Karier Calon Konselor Nora Yuniar Setyaputri; Blasius Boli Lasan; Devi Permatasari
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 4 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.026 KB)

Abstract

Bimbingan dan Konseling merupakan suatu sistem, yaitu meliputi: masalah, tujuan, teknik, media dan evaluasi. Suatu teknik dalam pelaksanaan layanan BK tidak dapat berdiri sendiri oleh karena itu perlu diwadahi oleh suatu media. Fungsi dari media bimbingan dan konseling adalah untuk memperlancar proses pelaksanan layanan BK tersebut. Teknik yang dipilih adalah Proses GURU (Ground, Understand, Revise, Use) sedangkan media yang dipilih adalah paket pelatihan “GURU-Karier”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media bimbingan dan konseling berupa Paket Pelatihan “GURU-Karier” yang dapat diterima secara teoretis dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall 1983. Paket pelatihan ini terdiri dari 2 eksemplar, yaitu 1) paket pelatihan untuk pegangan konselor dan 2) paket pelatihan untuk pegangan konseli. Berdasarkan hasil uji ahli BK, uji ahli pengembangan media pendidikan, uji pengguna dan uji kelompok kecil pada 6 mahasiswa BK (calon konselor) dapat disimpulkan bahwa paket pelatihan “GURU-Karier” terbukti layak diterima sebagai media bimbingan dan konseling untuk meningkatkan efikasi diri karier calon konselor. Saran yang diajukan dalam penelitian ini antara lain agar para dosen BK dan guru BK/konselor dapat menggunakan paket pelatihan “GURU-Karier” untuk meningkatkan efikasi diri karier calon konselor, dapat menggunakan paket pelatihan ini sebagai sarana pengembangan pribadi konselor, bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan subjek penelitian yang lebih luas, mengganti rancangan penelitian menjadi penelitian eksperimental dengan kelompok kontrol serta penelitian tindakan bimbingan dan konseling.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i42016p132
Keefektifan Teknik Self Instruction dalam Konseling Cognitive Behavior Counseling untuk Meningkatkan Efikasi Diri Sosial Siswa SMKN 2 Malang Fitri Aryadini Dewi; Adi Atmoko; Triyono Triyono
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 4 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.14 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effectiveness of self instruction technique in cognitive behavior counseling to improve the self efficacy in social relation of vocational students. This experimental study using Single Case Experimental Design (SCED) model of the A-B-A’. The subject of research are three students of  SMKN 2 Malang which show a low level of self efficacy social based on the scale of self efficacy social. The research instrument used as scale self efficacy social with the validity > 0.3 and reliability 0, 883, observation guidelines, and counseling guidelines. The results showed that subjects experienced an increase in social self-efficacy after a treatment given. Data has been analyzed using a visual inspection showed significant changes, so that it can be concluded self-instruction techniques in cognitive behavioral counseling is effective to improve student’s social self-efficacy SMKN 2 Malang.Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan teknik self instruction untuk meningkatkan efikasi diri sosial siswa SMKN 2 Malang. Penelitian eksperimen ini menggunakan metode Single Case Experimental Design (SCED) model A-B-A’. Subjek penelitian berjumlah tiga siswa kelas X di SMKN 2 Malang yang menunjukkan tingkat efikasi diri sosial rendah berdasarkan skala efikasi diri-sosial. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala efikasi diri sosial dengan validitas butir  > 0,3 dan realibilitas 0, 883, pedoman observasi, dan pedoman konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek mengalami peningkatan efikasi diri sosial setelah diberikan treatment. Data yang telah dianalisis menggunakan visual inspection menunjukkan perubahan secara signifikan, sehingga dapat disimpulkan teknik self instruction dalam konseling kognitif-perilaku efektif untuk meningkatkan efikasi diri sosial siswa SMKN 2 Malang.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i42016p172
Pengembangan Media Layanan Informasi Menghadapi Perubahan Masa Pubertas bagi Siswa Sekolah Dasar Fitri Firdayati; Ella Faridati Zen; Elia Flurentin
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 4 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.799 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media layanan informasi “menghadapi perubahan masa pubertas” bagi siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall dengan prosedur sebagai berikut: (1) perencanaan; (2) pengembangan produk; (3) uji coba produk; (4) revisi akhir produk. Data uji coba produk dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penilaian uji coba produk dapat disimpulkan bahwa produk sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah dan sangat menarik secara teoritis dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai media dalam bimbingan menghadapi perubahan masa pubertas.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i42016p142
Model Cognitive Stage Experiential (CSE) dan Kesadaran Dini Kebhinekatunggalikaan Siswa SD Kelas Rendah IM Hambali
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 4 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.051 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori sangat rendah; (2) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori rendah; (3) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori sedang; (4) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori tinggi; (5) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori sangat rendah adalah 42.5%, 43% dan 41%; (2) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori rendah adalah 20%, 20%, 22%; (3) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori sedang adalah 27%, 25%, dan 26%; (4) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori tinggi adalah 5%, 9%, 7%; (5) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori sangat tinggi adalah 6%, 3%, 4%.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i42016p179
Keefektifan “Proses Guru” Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK Guruh Sukma Hanggara
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 4 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.402 KB)

Abstract

Kemampuan pengambilan keputusan karier merupakan bagian dari kontinum perkembangan karier siswa yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan proses GURU (Ground, Understanding, Revise, Use) sebagai teknik bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMK. Metode eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design digunakan dalam penelitian ini dan subjeknya sebanyak 12 siswa SMKN 1 Trenggalek. Analisis data dengan menggunakan Two Independent Sample Test Mann Whitney U, diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,03 < taraf nyata (   /2=0,05) serta disimpulkan bahwa “Proses GURU” sebagai teknik bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMK. Dari hasil tersebut maka peneliti menyarankan agar Konselor/Guru BK dapat mengkolaborasikan proses GURU dengan berbagai pendekatan lain, menggunakannya untuk mengembangkan berbagai potensi siswa dengan memperhatikan tahap perkembanganya, aspek psikologis dan konten intervensinya. Peneliti selanjutnya disarankan agar meneliti proses GURU dengan desain penelitian lain seperti Single-Subject Designs atau penelitian tindakan dan memerhatikan penggunaan maupun kelayakan instrumen serta validitasnya, disamping juga mengaplikasikan untuk pengembangan berbagai aspek psikologis lainya seperti motivasi, harga diri, efikasi diri, kemampuan berfikir kritis, kemampuan berfikir respek dan lain sebagainya.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i42016p148

Page 1 of 1 | Total Record : 7