cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis
ISSN : 1412632X     EISSN : 26146789     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 7 Documents clear
ANOMALI MONDAY EFFECT PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2016 Marselia Purnama
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.824 KB)

Abstract

Perbedaan hari dalam satu minggu, memiliki pengaruh yang berbeda terhadap perilaku dalam kehidupan. Hal tersebut menarik untuk menjadi penelitian, dimana ada fenomena, hari perdagangan juga berpengaruh pada tingkat pengembalian dan risiko investasi di bursa saham.Penelitian ini menguji apakah terdapat tingkat pengembalian yang tidak normal yang berasal dari fenomena Monday Effect di Bursa Efek Jakarta, dengan sampel return harian Bursa Efek Jakarta di tahun 2010 hingga 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak empiris dari efek hari Senin terhadap return saham harian.Analisis dan pengolahan data dilakukan oleh SPSS 22.0. analisis menggunakan regresi berganda baik secara simultan atau parsial.Dapat disimpulkan bahwa hari-hari perdagangan pada periode penelitian 2010-2016 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return indeks saham dalam periode penelitian ini, sehingga Monday Effect terjadi pada Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010-2016.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN GERAI ALFAMIDI TAMAN ROYAL TANGERANG Eso Hernawan; Andy Andy
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.593 KB)

Abstract

Dari hasil analisa variabel promosi, pelayanan dan harga berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen diketahui bahwa pengaruh promosi cukup kuat terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 0,674, pelayanan mempunyai pengaruh cukup kuat pada keputusan pembelian sebesar 0,622, dan harga juga berpengaruh cukup kuat terhadap keputusan pembelian sebesar 0,644. Pada pengujian secara farsial atau uji t diketahui t hitung promosi sebesar 5.379, t hitung pelayanan sebesar 3.315 dan t hitung harga sebesar 2.520, Jika dibandingkan dengan t tabel sebesar 1.984 maka terdapat pengaruh yang signifikan dari masing-masing variabel promosi, pelayanan dan harga pada keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan diketahui Fhitung dengan nilai 49.203 dimana nilai tersebut lebih besar dari Ftabel sebesar 2.71 dengan demikian maka terbukti secara simultan untuk variabel Promosi, Pelayanan dan Harga memiliki pengaruh pada Keputusan Pembelian Konsumen
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK ELEKTRONIK DI KOTA BANJARMASIN (KAJIAN PADA PASAR PRODUK PERSONAL COMPUTRER) Berlin Silaban
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.28 KB)

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai peneliti adalah untuk mengetahui factor produk, harga, tempat, dan promosi yang menpengaruhi perilaku konsumen dalam membeli produk elektronik personal computer di Banjarmasin, dan untuk mengetahui faktor harga dan tempat yang dominan mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli produk elektronik personal computer di Banjarmasin. Hasil penelitian dapat rekomendansi bahwa Faktor produk, harga, tempat, dan promosi yang dianggap signifikan memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumen dalam membeli produk elektronik personal computer di Banjarmasin, sesuai dengan hasil uji analisis factor. Faktor harga dan tempat dianggap dominan memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumen dalam membeli produk elektronik personal computer di Banjarmasin, karena kedua factor ini memberikan bobot pengaruh yang tertinggi
KETERKAITAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, ARUS KAS BEBAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KOMITE AUDIT INDEPENDEN PADA MANAJEMEN LABA (Pendekatan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Pada tahun 2011-2015) Rini Novianti; Sonny Santosa
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.212 KB)

Abstract

Penelitian yang mengarah pada kuantitatif ini bertujuan untuk melihat keterkaitan antaran Dewan Komisaris Independen, Arus Kas Bebas, Kepemilikan Institusional, Komite Audit Independen padah Manajemen Laba. Penelitian ini mengambil beberapa bentuk laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari sebuah laman resmi yaitu BEI sebagai data sekunder. Sebuah teori lain menyatakan betapa penting keterkaitan antaran populasi dengna sampel, dan akhirnya peneliti membatasi populasi pada perusahaan yang terdaftar dan tercantum dilaman resmi tersebut dengan periode 2011-2015. Hal ini mengarah pula pada purposive sampling dalam pengambilan sampel. Metode analisis regresi logistic yang menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 22 dijadikan sebagai salah satu pengujian hipotesis dalam penelitian ini. Metode analisis lainnya yang digunakan antara lain uji statistic deskriptif, uji asumsi klasik, (uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji normalitas) dan uji hipotesis
ANALISIS SELISIH PAJAK PENGHASILAN STUDI KASUS PADA PT. SSE VAN DER HORST INDONESIA Benyamin Melatnebar
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.917 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan selisih PPh, yang dihitung menurut laba akuntansi menurut perusahaan dan laba kena pajak berdasarkan UU PPh yang berlaku beserta aturan pelaksanaannya. Dari hasil penelitian, analisis data dan pembahasan diperoleh hasil; faktor-faktor yang menimbulkan selisih PPh pada PT. SSE VAN DER HORST INDONESIA disebabkan oleh perbedaan tetap dan waktu, selisih tersebut diindikasikan sebesar Rp. 8.214.702.000,00 pada tahun 2002. Selisih ini terdiri dari perbedaan waktu sebesar Rp. 3.912.035.333,00 dan tetap sebesar Rp. 4.302.666.667,00. Metode alokasi PPh perusahaan menggunakan metode PPh ditangguhkan. Selisih PPh ditangguhkan perusahaan dialokasikan pada aktiva lain-lain, sedangkan SAK menghendaki pengalokasian pada aktiva pajak tangguhan. Berdasarkan data tahun 1998 – 2002 menunjukkan hasil bahwa H₀ diterima, maka dapat dikatakan tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara selisih PPh menurut PT. SSE VAN DER HORST INDONESIA dengan PPh menurut teori
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP DASAR GOOD CORPORATE DI INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI JAKARTA TAHUN 2015) Salikim Salikim
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.459 KB)

Abstract

Terkait dengan prinsip kewajaran (fairness), suatu informasi akuntansi disebut wajar apabila disajikan sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum di Indonesia. Tingkat kewajaran tersebut berasal dari opini yang diberikan oleh akuntan publik, dalam hal ini auditor, berdasarkan petimbangan profesional mereka. Prinsip ke dua, yaitu akuntabilitas (accountability) melibatkan peran akuntan yang ada di posisi komite audit. Prinsip ini menekankan pada kualitas informasi yang disajikan perusahaan. Untuk itu informasi yang ada dalam perusahaan harus diukur, dicatat, dan dilaporkan oleh akuntan sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi yang berlaku. Prinsip GCG yang ke empat yaitu responsibility, prinsip ini berhubungan dengan tanggungjawab perusahaan sebagai anggota masyarakat yaitu dengan cara mengakomodasi kepentingan pihak-pihak yang berkaitan dengan perusahaan. Prinsip yang terakhir adalah independensi (independency), masalah independensi merupakan fokus utama bagi para akuntan publik atau auditor eksternal
ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN PADA PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA, Tbk (Studi kasus dari Tahun 2014-2016) Sutandi Sutandi
Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.277 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja perusahaan pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Tahun 2014, 2015, dan 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu kinerja perusahaan diukur menggunakan rasio keuangan antara lain rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, dan rasio aktivitas. Setelah melakukan penelitian pada laporan keuangan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, maka ditemukan dari tahun 2014 sampai 2016 banyak mengalami penurunan. Pada rasio likuiditas tingkat hasil perhitungan masih di atas rata-rata industri namun mengalami penurunan tiap tahunnya. Pada rasio solvabilitas juga mengalami hal yang sama, yaitu tiap tahun mengalami penurunan hasil perhitungan, tetapi hasil menunjukan masih di atas rata-rata industri. Jadi perusahaan masih dinyatakan likuid dan solvabel

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 23 No. 3 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 23 No. 2 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 23 No. 1 (2025): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 3 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 2 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 22 No. 1 (2024): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 3 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 2 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 21 No. 1 (2023): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 20 No. 3 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 20 No. 2 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 2 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No 1 (2022): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 19 No 3 (2021): Jurnal Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 19 No 2 (2021): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 19 No. 1 (2021): Primannomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 1 (2021): Primannomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 3 (2020): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 18 No 2 (2020): PRIMANOMICS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Vol 18 No 1 (2020): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 3 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 2 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 17 No 1 (2019): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 3 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 2 (2018): Primanomic : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 16 No 1 (2018): Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue