cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 50 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019" : 50 Documents clear
Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Daerah Pada Tahun 2017 Di Kabupaten Aceh Timur Mahmudiah Mahmu; Dr. Dahlan, S.H., M.Hum Dahlan
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (23.795 KB)

Abstract

Berdasarkan data dari Komisi Independent Pemilihan Kabupaten Aceh Timur dengan berita acara nomor: 15/BA/KIP-ATIM/II/2017 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Di Tingkat Kabupaten Aceh Timur Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur Tahun 2017. Tertera Kabupaten Aceh Timur dari keseluruhan surat suara yang terpakai dengan jumlah persentase 66,80% surat suara, sedangkan persentase jumlah surat suara yang tidak terpakai atau golput (golongan putih) yaitu 33,20% surat suara. Seharusnya sebagai warga Negara Indonesia setiap masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan benar serta tidak golput, karena mengingat setiap masyarakat mempunyai hak pilih yang telah diberikan dan diatur dalam undang-undang. Apabila hak pilih digunakan dengan benar maka akan terpilihnya kepala daerah yang handal serta profesional dalam memimpin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat Kabupaten Aceh Timur terhadap pentingnya pemilihan kepala daerah. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Aceh Timur. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif yaitu metode yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan penyebab golongan putih (golput) yang terjadi di Kabupaten Aceh Timur pada tahun 2017 disebabkan oleh tiga faktor, diantaranya yaitu; faktor status sosial dan ekonomi, faktor kekecewaan pada realitas pemerintah dan politik, dan faktor kesadaran politik. Diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Aceh Timur agar ikut berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah, serta membuka diri untuk tidak apatis terhadap hak pilihnya yang telah diberikan kepada setiap masyarakat.Analysis of Community Participation in Regional Head Elections in 2017 in East Aceh RegencyBased on data from the Independent Election Commission of East Aceh district with the news number: 15/BA/KIP-Atim/I /2017 concerning Acquisition Summary of Vote Count Results In East Aceh District Level In Election of Regent and Vice Regent of East Aceh district of Aceh Year 2017 Listed east of the total ballots used with the percentage of 66.80% of ballots, while the percentage of the number of unused ballots or Abstentions (White Group) which is 33.20% of ballots. Indonesia should have as citizens of every community exercise their voting rights properly and no abstentions, because remember every society has the right to vote have been given and regulated by law. If suffrage is used correctly it will be the election of Regional Head of reliable and professional in the lead. The purpose of this study was to determine how the public participation in the important election of Regional Head. This research was conducted in East Aceh district. Type of research is quantitative research method that is based on the philosophy of positivism, is used to examine the population and the particular sample, data collection using research instruments, quantitative data analysis/statistics, with the aim to test the hypothesis that has been set. These results indicate the cause of the White Group (Abstentions) that occurred in East Aceh District in 2017 was caused by three factors, among which are; social status and economic factors, factors disappointment at the government and the political reality, and political awareness factor. It is expected that the people of East Aceh Regency should participate in the Election of Regional Heads, and open themselves to not be apathetic about their voting rights that have been given to every community. 
KOMUNIKASI ANTAR-BUDAYA DALAM KELUARGA CAMPURAN (Studi Tentang Pengelolaan Emosi Dan Komitmen Mempertahankan Rumah Tangga Pada Keluarga Campuran Tionghoa-Aceh Di Banda Aceh) Irham Syahputra; Amsal Amri
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (23.795 KB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan emosi setiap individu pada pasangan kawin campur antara Etnis Aceh dengan Etnis Tionghoa, serta komitmen setiap pasangan keluarga campuran dalam mempertahankan rumah tangga yang memiliki perbedaan etnis. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pasangan yang menikah beda suku antara suku Aceh dengan suku Tionghoa. Berdasarkan hasil penelitian ini, Latar belakang personal pasangan perkawinan campuran antara suku Aceh dengan suku Tionghoa di awali dengan bermacam-macam hal, ada yang memang sengaja bertemu di tempat kerja, ada yang didasari oleh cinta yang mempertemukan mereka, dan ada juga yang pernah menjadi tetangga sejak dulu, serta bisa dibilang bervariasi. Dalam hal pengelolaan emosi, setiap pasangan memiliki keberagaman dalam berpendapat. Namun, hampir keseluruhan pasangan pernikahan campuran ini menunjukkan sikap kedewasaannya dalam mengelola emosi. Baik itu emosi amarah, sedih, bahagia, rasa takut, kecewa, dan emosi-emosi lainnya. Mengenai komitmen mempertahankan rumah tangga, setiap pasangan pernikahan beda budaya ini memiliki tekad yang sangat kuat dalam mempertahankan rumah tangganya, mereka menganggap bahwa untuk mencapai ke tahap ini bukanlah yang mudah. Banyak suka dan duka harus dilewati masing-masing pasangan  ini hingga pernikahan mereka masih bias dipertahankan hingga saat ini.INTER-CULTURE COMMUNICATION IN MIXED FAMILIES(Study of Emotion Management and Commitment to Maintain Households in Chinese-Aceh Mixed Families in Banda Aceh)Abstract : The purpose of this study was to determine the emotional management of each individual in mixed marriages between Ethnic Acehnese and Chinese Ethnics, as well as the commitment of each mixed family partner in maintaining households with ethnic differences. In this study the data collection methods used were interviews and documentation. The subjects of this study were married couples from different ethnic groups between the Acehnese and Chinese ethnic groups. Based on the results of this study, the personal background of mixed marriages between the ethnic Acehnese and Chinese ethnic groups began with a variety of things, some of them deliberately met at work, some were based on love that brought them together, and some were neighbors long ago, and can be varied. In terms of managing emotions, each partner has diversity in opinion. However, almost all of these mixed marriage couples show their maturity in managing emotions. Whether it's anger, sadness, happiness, fear, disappointment, and other emotions. Regarding the commitment to maintain the household, each marriage couple of different cultures has a very strong determination to maintain their household, they assume that reaching this stage is not an easy one. A lot of joy and sorrow must be passed by each of these couples until their marriage can still be maintained today.
Strategi Politik Partai Gerindra Dalam Perolehan Kursi Anggota Legislatif Kota Banda Aceh Pada Pemilu Tahun 2014;The Political Strategy of the Gerindra Party in Obtaining the Seat of the Legislative Members of Banda Aceh in the 2014 General Elections. TM Ridduwan Syah; Ubaidullah, M.A.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (23.795 KB)

Abstract

ABSTRAK  Pada saat pemilu legislatif tahun 2014 di Aceh, Partai Gerindra telah memberikan ruang dan keleluasaan bagi seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dan mencalonkan diri dalam pemilu legislatif di Aceh periode 2014-2019. Pasca pemilihan legislatif 2009 yang lalu ternyata partai ini di pemilihan legislatif  2014 malah semakin membawa perubahan pencapaian yang progresif. Mengingat partai baru, menarik dikaji bagaimana strategi Partai Gerindra Kota Banda Aceh dalam menarik simpatisan demi perolehan kursi DPRK pada tahun 2014. Partai Gerindra memiliki 2 kursi di DPRK Kota Banda Aceh, dibanding pemilihan legislatif 2009 yang sama sekali tidak memperoleh kursi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong dan menghambat calon legislatif Partai Gerindra di Aceh dalam mempengaruhi atau menarik simpatisan masyarakat Aceh pada pemilu legislatife di Aceh tahun 2014, dan untuk mengetahui bagaimanakah bentuk strategi kampanye politik yang dilakukan oleh calon legislatif dari Partai Gerindra pada pemilu legislatif tahun 2014 di Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan penelitian wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Peningkatan perolehan kursi Anggota Legislatif Partai Gerindra Provinsi Aceh pada pemilu 2014 adalah adanya asfiliasi dengan partai lokal yang berkuasa di Aceh yaitu partai Aceh. Tentu ini sedikit memberi ruang untuk caleg dari partai Gerindra dalam melakukan kampanye politik nya sehingga mampu menarik simpatisan masyarakat di Aceh. Selain citra partai yang baik di mata masyarakat partai Gerindra juga melakukan standarisasi rekrutmen politik yang baik, sehingga mampu mengantarkan kader yang berkualitas dan berintegritas di parlemen. Hal yang menjadi hambatan bagi caleg partai Gerindra dalam mempengaruhi masyarakat Aceh untuk mendapatkan dukungan penuh seperti isu HAM yang melibatkan petinggi partai walaupun belum jelas kebenaran nya, sehingga calon legislatif dari partai Gerindra sedikit terganggu dengan isu ini. Disarankan kepada partai Gerindra agar tetap menjaga keharmonisan partai, dan  merawat hubungan baik antar sesama kader dan partai koalisi yang telah dijalankan sehingga bisa tetap eksis di kancah perpolitikan di Kota Banda Aceh. Kata Kunci : Peningkatan, Pemilu Legislatif, Partai Gerindra.  The Political Strategy of the Gerindra Party in Obtaining the Seat of the Legislative Members of Banda Aceh in the 2014 General ElectionsABSTRACT During the 2014 legislative elections in Aceh, the Gerindra Party has provided space and flexibility for all people to participate and run in the legislative elections in Aceh for the 2014-2019 period. After the previous 2009 legislative elections it turned out that this party in the 2014 legislative elections actually brought progressive changes in achievement. Given the new party, it is interesting to study how the strategy of the Banda Aceh Gerindra Party in attracting sympathizers for the DPRK seats in 2014. The Gerindra Party has 2 seats in the Banda Aceh City DPRK, compared to the 2009 legislative elections which did not obtain seats. The purpose of this research is to find out what factors encourage and inhibit the Gerindra Party legislative candidates in Aceh in influencing or attracting Acehnese sympathizers in the legislative elections in Aceh in 2014, and to find out how the political campaign strategies are carried out by legislative candidates from the Party Gerindra in the 2014 legislative elections in Banda Aceh. The research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques in this study were obtained by conducting interview research and documentation. The results of this study are the increase in the acquisition of the Gerindra Party Legislature in Aceh Province in the 2014 election was the affiliation with the local party in power in Aceh, namely the Aceh party. Of course this gives little room for candidates from the Gerindra party to carry out their political campaigns so as to attract sympathizers of the people in Aceh. In addition to the party's image that is good in the eyes of the community, the Gerindra party also standardizes good political recruitment, so that it can deliver cadres who are qualified and have integrity in parliament. This is an obstacle for Gerindra party candidates in influencing the people of Aceh to get full support such as human rights issues involving party leaders even though the truth is not clear, so the legislative candidates from the Gerindra party are a little disturbed by this issue. It is recommended to the Gerindra party to maintain party harmony, and maintain good relations between fellow cadres and coalition parties that have been carried out so that they can still exist in the political arena in Banda Aceh City. Keywords: Improvement, Legislative Election, Gerindra Party. 
Strategi Pedagang Batu Akik dalam Menarik Minat Pembeli di Kota Banda Aceh (Studi Komunikasi Pemasaran Marketing Mix) syakban Yahya
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (23.795 KB)

Abstract

ABSTRAK Tahun 2013-2016 yang lalu batu akik telah menjadi suatu komoditas yang sangat menarik hampir bagi semua orang. Batu Akik telah menjadi cenderamata bagi setiap orang termasuk bagi turis wisatawan asing yang berkunjung ke Kota Banda Aceh. Namun sekarang ini telah menjadi barang yang kurang menarik lagi, hal ini diperkirakan karena kemampuan komunikasi pemasaran penjual batu akik yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pedagang batu akik dalam menarik minat pembeli di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan teori Pemrosesan Informasi McGuire. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini sebanyak 10 orang penjual batu akik di Kota Banda Aceh dengan objek kajiannya strategi pedagang batu akik di Kota Banda Aceh dalam menarik minat pembeli. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang batu akik di Kota Banda Aceh menggunakan tiga cara yakni melalui komunikasi dengan berbagai promosi baik penyampaian informasi secara personal dari mulut ke mulut maupun melalui komunikasi kelompok seperti diskusi dan seminar. Selain itu komunikasi pemasaran batu akik juga melalui media elektronik dan media cetak seperti televisi, radio, brosur, spanduk, majalah dan koran. Di samping itu dalam menarik minat pembeli, para pedagang batu akik juga melakukan peningkatan hasil produksi yang menarik dan berkualitas seperti mata cicin dan kalung, dibuat yang lebih menarik bagi konsumen bertujuan untuk memperlancar pemasaran dan lebih mudah melakukan komunikasi dalam menarik minat pembeli. Selanjutnya para pedagang batu akik di Kota Banda Aceh juga menyesuaikan dengan harga yang dapat terjangkau oleh pembeli/kounsumen. The Marketing Mix Strategy of Batu Akik in Attracting buyers in Banda Aceh City  Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Pedagang Batu Akik.  ABSTRACT This study aims to find out the marketing mix strategy for marketing mix traders at Batu Akik in attracting buyers in the city of Banda Aceh. This study uses McGuire's Information Processing theory. This research method uses a qualitative approach with the type of research descriptive. The subject of this study were 10 people selling Batu Akik in Banda Aceh City with the object of study being the strategy of Batu Akik traders in Banda Aceh City in attracting buyers. Data collection techniques are carried out by interview and observation. Based on the results of the study, it can be seen that the marketing communication strategy carried out by Agate stone traders in Banda Aceh uses three ways, namely through communication through promotions, both personal information from one mouth to another, as well as through media such as brochures, banners, magazines, newspapers, fellow friends, seminars and others. In addition, in attracting buyers, Agate traders also create attractive and quality productions such as eyes and necklaces. To facilitate the distribution and make it easier to communicate in attracting buyers, Agate stone traders in Banda Aceh City adjust to prices that can be reached by buyers / consumers. Keywords: Strategy, Marketing Communication, Marketing Mix, Agate Traders 
Strategi Pemenangan Irwandi Yusuf Pada Pilkada Tahun 2017 di Aceh Besar;The Strategy Of Winning Irwandi Yusuf In 2017 Elections In Aceh Besar Saumi Rahmah; Effendi Hasan
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (23.795 KB)

Abstract

 ABSTRAK Pilkada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun 2017 pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah lebih unggul dibandingkan kandidat lainnya dengan perolehan jumlah suara sebanyak 898.710 dari total suara sah 2.414.801. Adapun hasil Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh 2017 khusunya di kabupaten Aceh Besar pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah sebanyak 88.511 suara, dengan total suara sah sebanyak 189.897. Dari hasil perolehan suara tersebut menunjukkan bahwa pasangan nomor urut enam Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah berhasil mengalahkan 5 kandidat lainnya. Kemenangan ini menarik untuk ditelusuri lebih lanjut terkait strategi dan faktor apa saja yang digunakan oleh pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah untuk memenangkan Pilkada gubernur dan Wakil Gubernur Aceh 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemenangan Irwandi Yusuf pada Pilkada tahun 2017 di Aceh Besar serta faktor-faktor yang Menyebabkan Irwandi-Nova meraih kemenangan di Aceh Besar. Hal tersebut yang menjadi fokus peneliti tentang bagaimana strategi pemenangan Irwandi Yusuf pada Pilkada Tahun 2017 di Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kemenangan pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah pada Pilkada tahun 2017 di Aceh Besar mencakup beberapa hal diantaranya: membangun komunikasi politik antar warga dengan melakukan pendekatan langsung dengan masyarakat, serta memberikan penggambaran kepada masyarakat tentang visi dan misi yang akan direalisasikan. Selain itu juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan cara dialog dan diskusi tidak hanya dengan masyarakat akan tetapi juga merangkul tokoh ulama. Faktor yang mempengaruhi kemenangan pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah mencakup beberapa faktor diantaranya: Program JKA dijalankan oleh Irwandi, Jaminan Kesehatan Aceh merupakan Program pemerintah Aceh di masa kepemimpinan Irwandi Yusuf pada tahun 2010 silam. Kekuatan mesin politik partai pendukung yakni Partai Demokrat, PKB (Partai Kebangkitan Bangsa),  PNA (Partai Nasional Aceh), PD Aceh (Partai Daerah Aceh) dan PDI-P ( Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan). pengaruh kepemimpinan Irwandi periode 2007-2012 sebagai Gubernur Aceh, kepiawaiannya membangun citra sebagai figur pemimpin yang dekat dengan rakyat dan memiliki komitmen terhadap nasib rakyat kecil, peka terhadap persoalan yang di hadapi masyarakat. Kata  kunci: Strategi Pemenangan, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, Pilkada 2017             ABSTRACTThe election for the 2017 Governor and Deputy Governor of Aceh in the pair Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah was superior to other candidates with the acquisition of 898,710 votes from the total valid votes 2,414,801. The results of the 2017 Governor and Deputy Governor of Aceh elections, especially in the Aceh Besar district, Irwandi Yusuf and Nova Iriansyah, were 88,511 votes, with a total of 189,897 valid votes. From the results of the vote shows that the number six pair Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah managed to defeat the other 5 candidates. This victory is interesting to explore further regarding the strategy and what factors are used by the Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah pair to win the 2017 governor and Deputy Governor elections in Aceh. The purpose of this study was to determine Irwandi Yusuf's winning strategy in the 2017 elections in Aceh Besar and the factors that led to Irwandi-Nova's victory in Aceh Besar. This is the focus of the researchers about how the strategy of winning Irwandi Yusuf in the 2017 elections in Aceh Besar. The method used in this study is qualitative descriptive. Data collection techniques used were interviews and documentation. The results showed that the strategy of Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah's victory in the 2017 elections in Aceh Besar included several things including building political communication between citizens by making a direct approach to the community, as well as providing a description of the vision and mission to be realized. In addition, it also carried out socialization to the community by means of dialogue and discussion not only with the community but also embracing ulama leaders. The factors that influenced the victory of Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah's pair included several factors including: The JKA program was run by Irwandi, Aceh Health Insurance was a program of the Aceh government in Irwandi Yusuf's leadership in 2010. The political power of supporting parties is the Democratic Party, PKB (National Awakening Party), PNA (Aceh National Party), PD Aceh ( Aceh District Party) and PDI-P (Indonesian Democratic Party of Struggle). The    influence of Irwandi's leadership in the period 2007-2012 as the Governor of Aceh, his expertise builds the image of being a leader figure who is close to the people and has a commitment to the fate of the small people, sensitive to the problems faced by the community.Key words: Winning Strategy, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, 2017 Regional Election
komunikasi persuasif pembinaan mualaf oleh dinas syariat islam kota banda aceh kasiman anuar; amsal amri
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (23.795 KB)

Abstract

Penelitianini berjudul “Komunikasi Persuasif Pembinaan Muallaf Oleh Dinas Syari’at Islam Kota Banda Aceh”bertujuan untuk mengetahui pola  komunikasi persuasif yang dilakukanolehDinasSyari’at Islam Kota Banda Aceh dalam memberikan pembinaan bagi muallaf dan kendala komunikasi persuasive pembinaan muallaf oleh Dinas Syari’at Islam Kota Banda Aceh.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Subjek penelitian ini ialah pihak Dinas Syari’at Islam 5 orang dan muallaf 3 orang. Objek kajiannya pola komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Dinas Syari’at Islam Kota Banda Aceh dalam memberikan pembinaan bagi muallaf. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pola komunikasi persuasif yang dilakukanolehDinasSyari’at Islam Kota Banda Aceh dalam memberikan pembinaan bagi muallaf dengan cara memberikan ceramah dan konsultasi oleh da’I dan pemateri Pesan yang disampaikan berisikan ajaran agama seperti cara membaca Al-Qur’an, ilmu tauhid, fiqhdanahklak yang baik. Penyampaianpesandibantudengan media sarana prasarana seperti infokus serta melalui media sosial.Dengan adanya pembinaan ini telah membuat para muallaf mengetahui berbagai pengetahuan Islam sehingga maullaf bisa melakukan ibadah sesuai anjuran agama Islam.Dalam memberikan pembinaan kepada muallaf melalui komunikasi persuasive terdapat beberapa kendala Dinas Syari’at Islam Kota Banda Aceh seperti masih minimnya minat muallaf untuk mengikuti pembinaan, kesibukan muallaf dengan pekerjaannya, perbedaan etnis dikalangan muallaf serta belum adanya sarana pendukung seperti transportasi dan buku panduan yang standar bagi  muallaf yang diterbikan oleh Dinas Syari’at Islam Kota Banda Aceh.  Kata Kunci:Komunikasi Persuasif, Pembinaan, Muallaf, Dinas Syari’at Islam.  Persuasive Communication for the Development of Muslim converts by the Islamic Office of the City of Banda Aceh       The research entitled "Persuasive Communication for the Development of Muslim converts by the Islamic Office of the City of Banda Aceh" aims to find out the persuasive communication patterns carried out by the Banda Aceh Syari'at Service in providing guidance to converts and constraints on persuasive communication of converts to Islamic Education Services. 'at Islam City of Banda Aceh. This research method uses a qualitative approach with the type of research descriptive. The subject of this research is the Islamic Department of Syari'at 5 people and convert 3 people. The object of the study was the persuasive communication pattern carried out by the Islamic Syari'at Office of Banda Aceh City in providing guidance for converts. Data collection techniques are carried out by interviews, documentation and observation. Based on the results of the study it can be seen that the persuasive communication patterns carried out by the Islamic Office of the Syari'at of Banda Aceh in providing guidance for converts by giving lectures and consultations by preachers and speakers The messages conveyed included religious teachings such as how to read the Qur'an. the good science of tauhid, fiqh and ahklak. Message delivery is assisted with infrastructure media such as infocus and through social media. With this formation has made the converts know a variety of Islamic knowledge so that the maullaf can worship according to the advice of Islam. In providing guidance to converts through persuasive communication there are several obstacles to the Islamic Syari'at Office of the City of Banda Aceh such as the lack of interest in converts to attend coaching, busy Muslim converts with their jobs, ethnic differences among converts and the absence of supporting facilities such as transportation and guidebooks. converts who were flown by the Banda Aceh Syari'at Service. Keywords:Persuasive Communication, Guidance, Muslim converts Islamic Shari'a Service.
PEMANFAATAN YOUTUBE UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI RELIGIUS (STUDI PADA MAHASISWA FISIP UNSYIAH ANGKATAN 2017 YANG MENGIKUTI UP3AI) nitraiz Amri
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (23.795 KB)

Abstract

ABSTRAK            Penelitian ini berjudul Pemanfaatan Youtube untuk Pemenuhan Kebutuhan Informasi Religius (Studi pada Mahasiswa FISIP Unsyiah Angkatan 2017 yang mengikuti UP3AI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan youtube  untuk pemenuhan kebutuhan informasi religius mahasiswa FISIP Unsyiah angkatan 2017 yang mengikuti program UP3AI. Dari konsep pada penelitian ini, kebutuhan informasi religius merupakan kebutuhan informasi mengenai keagamaan, ajaran – ajaran Agama Islam termasuk kajian – kajian Islami maupun dakwah yang saat ini banyak tersiar dan diminati kalangan remaja terutama mahasiswa melalui media sosial terutama YouTube. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode desktiptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur terhadap tujuh informan yang merupakan mahasiswa FISIP Unsyiah angkatan 2017. Pemilihan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu menentukan informan berdasarkan dengan beberapa kriteria yakni mahasiswa FISIP Unsyiah angkatan 2017 yang mengikuti program UP3AI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa YouTube memberikan manfaat besar bagi penggunanya terutama mahasiswa sebagai referensi maupun pemenuhan kebutuhan informasinya. Kajian – kajian islami maupun dakwah dalam youtube sangat membantu mahasiswa UP3AI dalam pemenuhan informasi religius. YouTube dengan secara luas membagi berbagai informasi keagamaan tanpa batasan durasi sehingga media ini lebih dipilih dan banyak digunakan oleh kalangan remaja terutama mahasiwa saat ini. Kebutuhan informasi terjadi karena keadaan tidak menentu yang timbul akibat terjadinya kesenjangan dalam diri manusia antara pengetahuan yang dimiliki dengan yang dibutuhkannya. Sehingga mahasiswa akan mencari informasi melalui media ini untuk memenuhi kebutuhannya. Hal tersebut sesuai dengan teori Uses and Gratifications, dimana audience aktif untuk menentukan media mana yang dipilih untuk memuaskan kebutuhannya.Kata Kunci:YouTube, Informasi Religius Utilization of Youtube for Fulfilling Religius Information Needs (Study of 2017 FISIP Unsyiah Students following UP3AI)ABSTRACT                 This research is entitled Utilization of Youtube to Fulfill Religious Information Needs (Study on 2017 Unsyiah FISIP Students who attend UP3AI). This study aims to determine the utilization of youtube to fulfill the religious information needs of the 2017 Unsyiah FISIP students who joined the UP3AI program. From the concept in this study, religious information needs are a need for information about religion, Islamic teachings including Islamic studies and da'wah which are currently widely spread and are in demand among teenagers, especially students through social media, especially YouTube. This type of research is qualitative research using the desktiptif method. Data collection was conducted by semi-structured interviews with seven informants who were students of Unsyiah FISIP 2017. The selection of informants using purposive sampling technique, namely determining informants based on several criteria, namely Unsyiah FISIP 2017 students who joined the UP3AI program. The results of the study indicate that YouTube provides great benefits for its users, especially students as a reference and fulfillment of their information needs. Islamic studies and da'wah on youtube really help UP3AI students in fulfilling religious information. YouTube by widely dividing various religious information without limitation of duration so that this media is preferred and widely used by teenagers, especially students today. Information needs occur because of uncertain conditions arising from the occurrence of gaps in humans between the knowledge they have and what they need. So that students will find information through this media to meet their needs. This is in accordance with the theory of Uses and Gratifications, where the audience is active in determining which media are chosen to satisfy their needs. Keyword :YouTube, religious information
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TRANSPORTASI PT. MAHARA TRANSPORTASI GROUP DI KOTA BANDA ACEH Cut Marda Latifa; Alamsyah Taher
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (23.795 KB)

Abstract

ABSTRAK, Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Transportasi Pt. Mahara Transportasi Group Di Kota Banda Aceh” .Tujuan penelitian ini adalah untuk dan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dimiliki oleh perusahaan dan juga untuk mengetahui alternative strategi yang dapat dipakai oleh perusahaan PT. Mahara Transportasi Group. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis SWOT (Strength, Weakness, Oppurtunities, Threats). Adapun yang dimaksud dengan analisis ini adalah untuk mengidentifikasi lingkungan intern dan ekstern perusahaan dalam iklim persaingan dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis yang sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  yang berjenis deskriptif.  Informan atau subjek penelitian yang dipilih untuk diwawancarai sesuai tujuan penelitian yaitu Manajer Operasional/SDM Perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara terstruktur dan dokumentasi. Fokus penelitian penulis terpusat pada strategi komunikasi pemasaran PT. Mahara Transportasi Group dalam menumbuhkan minat konsumen untuk menggunakan jasanya dan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan dalam memasarkan jasanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran PT. Mahara Transportasi Group dalam menumbuhkan minat konsumen dengan memberikan promo pada hari dan tempat tujuan tertentu, dan juga dengan melakukan promosi/iklan berupa spanduk dan selebaran. Berdasarkan analisis SWOT, Pt. Mahara Transportasi Group menduduki kuadran I yaitu Growth dimana perusahaan memiliki kekuatan dan peluang untuk terus maju dalam menghadapi persaingan. Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, jasa, transportasi. " Marketing Communication Strategy of PT. Mahara Transportasi Group in Banda Aceh City ". ABSTRACT, This research is entitled " Marketing Communication Strategy of PT. Mahara Transportasi Group in Banda Aceh City ". The aim of this research is to know the strengths, weaknesses, opportunities and threats that are owned by the company and also to find out alternatives strategies that can be used by the company PT. Mahara Transportation Group. The theory used in this study is the theory of SWOT analysis (Strength, Weakness, Oppurtunities, Threats). As for what is meant by this analysis is to identify the internal and external environment company in a climate of competition with companies engaged in the same business field. This study uses a descriptive qualitative approach. Informants or research subjects were chosen to be interviewed according to the research objectives, namely the Operations Manager / HR of the Company. Data collection methods used in the study were structured interviews and documentation. The focus of the author's research is centered on the marketing communication strategy of PT. Mahara Transportasi Group in growing consumer interest to use their services and how communication strategies are carried out in marketing their services. The results of this study indicate that the marketing communication strategy of PT. Mahara Transportasi Group in growing consumer interest by providing promos on certain days and destinations, and also by conducting promotions / advertisements in the form of banners and leaflets. Based on SWOT analysis, Pt. Mahara Transportasi Group occupies quadrant I, which is Growth where companies have the power and great opportunity to move forward in the face of competition.Keywords : Marketing Communication, services, transportation 
TRANSFORMASI PERJUANGAN POLITIK GERAKAN ACEH MERDEKA (Suatu Penelitian Terhadap Arah dan Strategi Perjuangan Politik GAM Pasca 13 Tahun Perjanjian MoU Helsinki) Cut Maisarah; Dr. Effendi Hasan, M.A.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (23.795 KB)

Abstract

Konflik antara Aceh/GAM dengan Pemerintah Pusat terjadi pada tahun 1976. GAM merupakan organisasi pembebasan Aceh dari Pemerintah Pusat. Pemberontakkan GAM di Aceh dilatarbelakangi oleh ketidakadilan Pemerintah Pusat  terhadap daerah Aceh baik secara politik, ekonomi, maupun sosial budaya. Pada tanggal 15 Agustus 2005 pihak GAM dan Pemerintah RI sepakat untuk berdamai setelah berkonflik selama 30 tahun. Setelah kedua pihak menandatangani perjanjian damai MoU Helsinki, organisasi GAM bertransformasi dari perjuangan bersenjata kepada perjuangan politik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Arah perjuangan GAM pasca 13 tahun perdamaian Aceh sudah sesuai dengan MoU Helsinki dan mengetahui Dampak transformasi GAM setelah kesepakatan damai antara GAM dan pemerintah Indonesia. Metode penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah data primer yaitu dengan cara wawancara dan data sekunder berupa dokumentasi/kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan Arah perjuangan GAM pasca 13 tahun perdamaian Aceh yang sesuai dengan MoU Helsinki adalah implementasi poin-poin perjanjian yang terdapat dalam MoU Helsinki oleh Pemerintah pusat serta pihak GAM melalui partai lokal khususnya Partai Aceh berusaha menguasai  posisi-posisi  strategis  dibidang  pemerintahan  dan  legislatif. Transformasi GAM setelah kesepakatan damai antara GAM dan Pemerintah Indonesia juga memberikan dampak yang signifikan untuk daerah Aceh umumnya dan kombatan GAM khususnya. Dampak tersebut dapat dilihat dari beberapa bidang seperti dalam hal perubahan konstelasi politik di Aceh, terbentuknya KPA dan Partai Aceh, perubahan birokrasi, dan dalam bidang sosial ekonomi.POLITICAL STRUGGLE TRANSFORMATION OF FREE ACEH MOVEMENT (GAM) (A Study on the Direction and Strategy of the Free Aceh Movement (GAM) Political Strategy Fight after Thirteen Years of the MoU-Helsinki Agreement)The conflict between Free Aceh Movement (GAM) with the Central Government started in 1976. GAM is an organization that fights for Aceh independence from the Central Government. This fight is caused by injustice of the Central Government towards Aceh province politically, economically, socially, and culturally. On August 15, 2005, GAM and Republic Indonesia Government agreed on the MoU after long conflict of 30 years. After both of the parties signed the MoU-Helsinki peace agreement, GAM transformed from the armed movement to the political movement. The aim of this research is to define the movement direction of the Free Aceh Movement (GAM) after 13 years of the peace agreement whether it is in line with the MoU-Helsinki peace agreement, and to find out GAM transformation impact after the peace agreement between GAM with Indonesia Government. The method of this research is a descriptive qualitative. The techniques of data collection used are the primary data which was obtained through interview and the secondary data which was obtained through documentation/library. The result of this research shows that the movement direction of GAM which is appropriate to the MoU-Helsinki Aceh peace agreement after 13 years is the Aceh Free Movement (GAM) especially the Aceh party tries to dominate strategic positions on the government and legislative. GAM transformation after the peace agreement between GAM and the Indonesia government also lead significant impact to Aceh and specifically to the combatants of the Free Aceh Movement (GAM). Those impacts can be viewed on several sectors like the political constellation change in Aceh, the formation of Aceh Transition Commission and Aceh party, bureaucracy, and social economy change.
Analisa sosiologi terhadap budaya peupok di Aceh Besar nurul aula putri
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019
Publisher : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (23.795 KB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat analisa sosiologi terhadap budaya peupok leumo pada masyarakat Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  makna budaya peupok leumo dalam  kehidupan masyarakat serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terhambatnya kelestarian peupok leumo di Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme simbolik dari Herbert Blumer. Penelitian ini dilakukan di Aceh Besar digampong Ujong Blang Kecamatan Kuta Baro. Informan dalam penelitian ini yaitu peternak sapi, panitia pelaksana, masyarakat gampong serta penonton yang terlibat langsung dalam acara peupok leumo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa makna Peupok Leumo  bagi masyarakat Aceh Besar dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat yang mengikutinya, dan juga menjadi ajang hiburan setelah panen padi selesai, menjalin silaturahmi antar pemilik lembu dan  salah satu kebudayaan yang harus dipertahankan karena budaya peupok leumo dapat memberikan kontribusi yang besar untuk masyarakat, akan tetapi saat ini kebudayaan peupok leumo perlahan menghilang dengan sendirinya dikarenakan ada faktor yang menghambat kelestariannya, diantaranya perubahan zaman yang semakin moderen, pemikiran masyarakat yang semakin terbuka luas akan hal teknologi dalam konteks budaya, serta kurangnya pemahaman remaja sekarang akan kebudayan tradisionalnya dan berkurangnya infrastruktur yang di butuhkan.Kata kunci : Kebudayaan, Peupok Leumo, Kesejahteraan  Ekonomi sociological analysis of the culture of peupok leumo in the Aceh Besar’s society   This study is about the sociological analysis of the culture of peupok leumo in the Aceh Besar’s society (Case Study of the Preservation of Peupok Leumo’s Culture as a Great Aceh Cultural Asset). The purpose of this study is to determine the meaning of the culture of peupok leumo in society's lives and to find out the factors that led to the obstruction of the preservation of peupok leumo in Aceh Besar. This study uses the theory of symbolic interactionism by Herbert Blumer. This study was conducted in Aceh Besar in gampong Ujong Blang, Kuta Baro District. In this study, the informants were cow farmers, executive committees, gampong communities and spectators who were directly involved in the peupok leumo’s program. The data collection techniques used in this study were observation, interviews and documentation. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that eating Peupok Leumo for Aceh Besar’s people can improve the economic welfare of the people who follow it, and also become a place of entertainment after the rice harvest, establishing friendship between oxen owners and one of the cultures that must be maintained because this culture can make a big contribution to the community However, nowadays the culture of Peupok Leumo has been largely abandoned by the community because there are many things that are incompatible with the culture it should be. Keyword : Culture, Peupok Leumo, Economic Prosperity