cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
ISSN : 02163241     EISSN : 25410652     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, Vocational (Culinary, Fashion, Beauty and Tourism), Mechanical Engineering as well as learning. The incoming Article is are double blind peer-reviewed by at least two referees, and plagiarism checking will be carried out. JPTK is managed by issued twice a year i.e. in January and July.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2013): Edisi Juli 2013" : 5 Documents clear
SISTEM INFORMASI KERAJINAN LUKISAN KACA DESA NAGASEPAHA BERBASIS WEB Yoga Setyawan, I Nyoman; Marti, Ni Wayan
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 10, No 2 (2013): Edisi Juli 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.898 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v10i2.4071

Abstract

Sistem informasi kerajinan lukisan kaca Desa Nagasepaha berbasis web ini merupakan salah satu pemanfaatan teknologi komputer sebagai media pembelajaran yang lebih mudah dan cepat dimengerti. Sistem informasi ini membahas tentang informasi yang berhubungan dengan lukisan kaca Desa Nagasepaha yang terdiri dari beberapa bagian seperti: kategori serta produk lukisan kaca Desa Nagasepaha, bahan, alat, proses pembuatannya, dan keterangan-keterangan lainnya yang berhubungan dengan kerajinan lukisan kaca Desa Nagasepaha. Sistem informasi ini diimplementasikan dengan menggunakan script PHP dibantu dengan Adobe Dreamweaver CS3 sebagai editor, MySQL sebagai pengelola basis data, Adobe Photoshop CS3 sebagai pengelola design, dan Adobe Flash CS3 Proffesional sebagai pengelola animasi. Dengan demikian Sistem informasi kerajinan lukisan kaca Desa Nagasepaha berbasis web ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mencari informasi yang berhubungan dengan lukisan kaca Desa Nagasepaha dan dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan pembelian produk yang dihasilkan.
PERANAN PENGETAHUAN GIZI IBU HAMIL DAN IBU MENYUSUI TERHADAP KECERDASAN ANAK MELALUI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA Damiati, Damiati
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 10, No 2 (2013): Edisi Juli 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.122 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v10i2.4072

Abstract

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga salah satu pendidikan formal dengan program regular yang diselenggarakan di sekolah dimana mempunyai tujuan untuk menjadikan anak didik menjadi kreatif sehingga dapat menggeneralisasikan, mengabstrakkan, dan menemukan hubungan sehingga dapat mengemukakan pendapat dan bersikap, selain itu dapat menumbuhkan nilai-nilai insani dan ilahi dalam masyarakat. Untuk itu anak perlu mendapatkan pendidikan melalui asuhan dan bimbingan serta pengawasan dari orang tua selain di sekolah. Agar anak dapat tumbuh kembang dengan optimal orang tua harus memenuhi kebutuhan faali anak yaitu kebutuhan anak dalam mendapatkan makanan bergizi mulai dalam kandungan sampai dilahirkan yang berguna untuk pertumbuhan badan perkembangan kecerdasannya. Keadaan perkembangan otak sangat terpengaruh apabila kurang gizi terjadi sejak dalam kandungan dan berlanjut sampai usia bayi. Keadaan malnutrisi akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin yang dikandungnya dan memberi dampak terjadinya inferior. Untuk itu diperlukan gizi yang cukup bagi calon ibu dan ibu hamil agar anak yang dilahirkan sehat dan kelak merupakan sumber daya yang berkualitas dan dapat diandalkan untuk bersaing di era globalisasi.   Kata-kata kunci :  Gizi ibu hamil dan menyusui, kecerdasan anak, Pendidikan PKK
OPTIMALISASI PEMECAHAN MASALAH TRANSPORTASI MENGGUNAKAN METODE NWC, INPEKSI, DAN VAM Kertiasih, Ni Ketut
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 10, No 2 (2013): Edisi Juli 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.22 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v10i2.4073

Abstract

Sistem optimalisasi dalam pemecahan masalah transportasi menggunakan metode NWC (north west corner), INPEKSI (matrik minimum), dan VAM (Vogel Approximation Method) adalah sebuah sistem yang dibangun dan difungsikan sebagai sistem yang diharapkan mampu mengetahui biaya paling minimum dalam pengalokasian barang dengan membandingkan tiga metode tersebut. Sistem ini memiliki kelebihan dalam proses input, keakuratan proses perhitungan dan proses pengerjaan lebih cepat dari proses perhitungan secara manual. Sistem ini digunakan untuk melakukan proses input jumlah gudang, input jumlah pabrik, biaya satuan dari tiap-tiap pabrik menuju tiap-tiap gudang, hasil produksi tiap pabrik, dan kapasitas gudang, selanjutnya dilakukan proses perhitungan dengan menggunakan ketiga metode tersebut. Sistem ini dibangun dengan menggunakan visual basic 6.0 dan microsoft office accsess 2007 sebagai basis datanya. Sistem ini diharapkan dapat mempermudah pengguna dalam penyelesaian masalah pendistribusian barang dari pabrik ke masing-masing gudang.   Kata-kata  kunci :  Optimalisasi, NWC, INPEKSI dan VAM
PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS LKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS X SMAK SANTO PAULUS SINGARAJA Ariastini, Ni Putu Linda
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 10, No 2 (2013): Edisi Juli 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.887 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v10i2.4075

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK melalui metode kooperatif berbasis LKS, (2) meningkatan  hasil belajar siswa  pada mata pelajaran TIK melalui metode kooperatif berbasis LKS, (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaan kooperatif berbasis LKS pada mata pelajaran TIK. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAK Santo Paulus Singaraja tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar, hasil belajar dan respon siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah (1) metode observasi yang digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar, (2) metode tes yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar, (3) kuisioner digunakan untuk memperoleh data respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif. Semua data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) terjadi peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa pada pelajaran teknologi informasi dan komunikasi sebesar 2,12 atau 15% yaitu pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 11,60 dengan kualifikasi cukup tinggi sedangkan pada siklus II sebesar 13,72 dengan kualifikasi tinggi, (2) terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 3,2% yaitu pada siklus I sebesar 73,79 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75,86% meningkat menjadi 76,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% pada siklus II, (3) Respon siswa terhadap penerapan metode kooperatif berbasis LKS pada mata pelajaran TIK adalah positif dengan rata-rata sebesar 78,28. Kata-kata kunci: pembelajaran kooperatif, motivasi belajar, hasil belajar
PENGEMBANGAN PORTAL E-LEARNING SMK NEGERI 1 MANGGIS Dewi, Luh Joni Erawati; Opayanti, Ni Ketut
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 10, No 2 (2013): Edisi Juli 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.572 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v10i2.4074

Abstract

Portal E-learning SMK Negeri 1 Manggis adalah sebuah sistem yang dibuat untuk membantu serta mendukung proses pembelajaran baik pemberian materi maupun tugas secara online. Dengan adanya portal e-learning ini diharapkan dapat meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru karena memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja. Selain itu, melatih siswa lebih mandiri dan aktif dalam mendapatkan ilmu pengetahuan, serta mempermudah penyimpanan materi pembelajaran. Perancangan sistem ini digambarkan dengan menggunakan DFD (data flow diagram) dan diimplementasikan dengan menggunakan Adobe Dreamwaver sebagai editor, Adobe Photoshop  sebagi pengelola design, PHP sebagai script programing, dan MYSQL sebagai pengolah basis data.   Kata-kata kunci: portal, e-learning, SMK Negeri 1 Manggis

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 2 (2025): Edisi Juli 2025 Vol. 22 No. 1 (2025): Edisi Januari 2025 Vol. 21 No. 2 (2024): Edisi Juli 2024 Vol. 21 No. 1 (2024): Edisi Januari 2024 Vol. 20 No. 2 (2023): Edisi Juli 2023 Vol. 20 No. 1 (2023): Edisi Januari 2023 Vol. 19 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022 Vol. 19 No. 1 (2022): Edisi Januari 2022 Vol 18, No 2 (2021): Edisi Juli 2021 Vol. 18 No. 2 (2021): Edisi Juli 2021 Vol 18, No 1 (2021): Edisi Januari 2021 Vol. 18 No. 1 (2021): Edisi Januari 2021 Vol 17, No 2 (2020): Edisi Juli 2020 Vol. 17 No. 2 (2020): Edisi Juli 2020 Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020 Vol. 17 No. 1 (2020): Edisi Januari 2020 Vol. 16 No. 2 (2019): Edisi Juli 2019 Vol 16, No 2 (2019): Edisi Juli 2019 Vol. 16 No. 1 (2019): Edisi januari 2019 Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019 Vol 15, No 2 (2018): Edisi Juli 2018 Vol. 15 No. 2 (2018): Edisi Juli 2018 Vol. 15 No. 1 (2018): Edisi Januari 2018 Vol 15, No 1 (2018): Edisi Januari 2018 Vol 14, No 2 (2017): Edisi Juli 2017 Vol. 14 No. 2 (2017): Edisi Juli 2017 Vol 14, No 1 (2017): Edisi Januari 2017 Vol. 14 No. 1 (2017): Edisi Januari 2017 Vol 13, No 2 (2016): Edisi Juli 2016 Vol. 13 No. 2 (2016): Edisi Juli 2016 Vol 13, No 1 (2016): Edisi Januari 2016 Vol. 13 No. 1 (2016): Edisi Januari 2016 Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015 Vol 12, No 2 (2015): Edisi Juli 2015 Vol. 12 No. 1 (2015): Edisi Januari 2015 Vol 12, No 1 (2015): Edisi Januari 2015 Vol. 11 No. 2 (2014): Edisi Juli 2014 Vol 11, No 2 (2014): Edisi Juli 2014 Vol 11, No 1 (2014): EDISI JANUARI 2014 Vol. 11 No. 1 (2014): EDISI JANUARI 2014 Vol 10, No 2 (2013): Edisi Juli 2013 Vol. 10 No. 2 (2013): Edisi Juli 2013 Vol. 10 No. 1 (2013): Edisi Januari 2013 Vol 10, No 1 (2013): Edisi Januari 2013 Vol. 9 No. 2 (2012): Edisi Juli 2012 Vol 9, No 2 (2012): Edisi Juli 2012 Vol. 9 No. 1 (2012): Edisi Januari 2012 Vol 9, No 1 (2012): Edisi Januari 2012 Vol 8, No 2 (2011): Edisi Juli 2011 Vol. 8 No. 2 (2011): Edisi Juli 2011 Vol 8, No 1 (2011): Edisi Januari 2011 Vol. 8 No. 1 (2011): Edisi Januari 2011 Vol 7, No 2 (2010): Edisi Juli 2010 Vol. 7 No. 2 (2010): Edisi Juli 2010 Vol 7, No 1 (2010): Edisi Januari 2010 Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010 Vol 6, No 2 (2009): Edisi Juli 2009 Vol. 6 No. 2 (2009): Edisi Juli 2009 Vol 6, No 1 (2009): Edisi Januari 2009 Vol. 6 No. 1 (2009): Edisi Januari 2009 More Issue