cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
ISSN : 02163241     EISSN : 25410652     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, Vocational (Culinary, Fashion, Beauty and Tourism), Mechanical Engineering as well as learning. The incoming Article is are double blind peer-reviewed by at least two referees, and plagiarism checking will be carried out. JPTK is managed by issued twice a year i.e. in January and July.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019" : 14 Documents clear
ARISTA : Application of Reporting Information System at FTK Undiksha Anggisavitri, Kade Arista
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.15475

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Membuat rancang bangun dan mengembangkan ARISTA (Application of Reporting Informastion System FTK Undiksha); mengetahui respon sivitas akademika FTK terhadap ARISTA (Application of Reporting Informas-tion System at FTK Undiksha). Untuk memberikan pelayanan yang baik bagi civitas akademikanya, FTK memberikan kesempatan kepada sivitasnya untuk memberikan masukan baik kritik maupun saran terkait pelayan yang diberikan. Aplikasi ARISTA akan mewadahi semua keluhan baik kritik maupun saran yang berhubungan dengan pihak jurusan maupun fakultas. Aplikasi ini membagi cakupan permasalahan menjadi 2 yaitu, pengaduan ke jurusan atau pengaduan ke fakultas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE).Implementasi penelitian ini diterapkan dengan menggunakan framework Re-act-Native pada aplikasi mobile dan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan bantuan framework Laravel pada aplikasi web. Untuk proses pengujian, dilakukan lima (5) tahap proses pengujian yaitu: Uji blackbox untuk mengetahui apakah seluruh fungsional perangkat lunak sudah sesuai dan hasilnya sebesar 100% baik; uji whitebox yang menyatakan bahwa implementasi source code sesuai dan tanpa error; uji pengalaman pengguna menggunakan metode UEQ untuk mengetahui pengalaman pengguna setelah mengunakan aplikasi ARISTA; uji compatibility yang menyatakan aplikasi ARISTA bisa digunakan pada perangkat dengan merek dan sistem operasi Android yang berbeda; uji keamanan yang dilakukan dengan SQL Injection sebanyak 4 kali menyatakan bahwa aplikasi ARISTA aman. Kata kunci: Aplikasi Mobile, Pengaduan, FTK, Undiksha, React-Native
Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Hasil Belajar Anak Kelompok B Pada Tema Pengenalan Binatang Buas Sukaryawan, I Made; Sugihartini, Nyoman; Pradnyana, I Made Ardwi
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.16978

Abstract

AbstrakPengaruh media Virtual Reality terhadap hasil belajar anak kelompok B pada tema pengenalan binatang buas Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Virtual Reallity terhadap rata-rata hasil belajar anak kelompok B pada tema pengenalan binatang buas diTK wangun sesana, (2) untuk mengetahui respon anak usia dini diTK Wangun Sesana Singaraja setelah menggunakan media Virtual Reality pengenalan binatang buas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan model pembelajaran klasikal, sampel penelitian yang digunakan adalah anak kelompok B di TK Wangun Sesana tahun ajaran 2018/2019.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan pada hasil belajar anak yang menggunakan media virtual reality dengan siswa yang menggunakan media kartu bergambar diTK Wangun Sesana dengan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 9,50 dan untuk rata-rata hasil belajar untuk kelas control yaitu sebesar 6,74. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa  rata-rata post test hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok kontrol  (2) Hasil dari analisis respon siswa dari penerapan media Virtual Reality pada tema Pengenalan Binatang Buas dilihat dari rata – rata skor respon siswa sebesar 4,54 adalah termasuk dalam kategori sangat positif
The Implementation of Customer Relationship Management (CRM) Supported by SMS Gateway Technology Winatha, Komang Redy
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.188 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.16580

Abstract

Responding to the higher restaurant industry competition, the Mailaku Roemah Nongkrong restaurant was not too flexible in facing an environmental changes. It was still using manual technology while there was an advancing technological developments. It was still applying the internal resources for business development. One way to overcome this problem is by utilizing technology and the concept of customer relationship management (CRM). CRM is a marketing strategy to create and maintain customer relationships and reduce the possibility of customers moving to other competitors. This study presented the development and implementation of CRM in a web-based system that was supported by sms gateway technology. The research methodology that will be used in this study consists of some steps, such as library study, observation, interviews, and system development which was divided into analysis, design, coding, and testing. The result was a web-based system was able to manage customer data, product promotion, and customer service management to create good relationships with customers. This system can be as an alternative for restaurants and customers in establishing practical business communication.
EVALUASI USABILITY PADA SISTEM INFORMASI PERMOHONAN KENDARAAN DINAS (SIMONAS) PT. PLN (PERSERO) UNIT INDUK DISTRIBUSI BALI UP3 BALI UTARA SESUAI ISO 9241-11 DAN EIGHT GOLDEN RULES Amini, Rizki Puji; Pradnyana, I Made Ardwi; Wirawan, I Made Agus
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.17062

Abstract

SIMONAS atau Sistem Informasi Permohonan Kendaraan Dinas adalah layanan untuk mengelola peminjaman mobil dinas di PT PLN (persero) Unit Induk Distribusi Bali UP3 Bali Utara. SIMONAS perlu dilakukan suatu evaluasi untuk mengetahui tingkat usability yang berguna untuk mengoptimalkan layanan. Metode evaluasi yang digunakan adalah usability testing berbasis ISO 9241-11. Kuisinoner yang digunakan untuk mengukur kepuasan dalam penelitian ini adalah kuesioner SUS. Teknik Performance Measurement dan Restropective Think Aload digunakan untuk mengukur atribut efektivitas dan efisiensi. Subjek dalam penelitian ini adalah pegawai di PT PLN (persero) Unit Induk Distribusi Bali UP3 Bali Utara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) usability testing layanan SIMONAS memiliki tingkat efektifitas dengan rata-rata Completion rate 83,31% dalam kategori efektif, dan efisiensi diukur menggunakan persamaan time basse efficiency dan overall relative efficiency, serta tingkat kepuasan dalam kategori tingkat penerimaan pengguna masuk dalam kategori marginal, Tingkat grade skala masuk dalam kategori D, dan Adjektif rating masuk dalam kategori good.  (2) Rekomendasi perbaikan disesuaikan terhadap saran yang diperoleh dari teknik RTA dan teori  Eight Golden Rules yang dilanggar.
MODEL PEER ASSESSMENT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Setemen, Komang; Erawati, Luh Joni; Purnamawan, I Ketut
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.656 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.16619

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model peer assessment berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pelibatan peserta didik dalam proses penilaian melalui peer assessment membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kemajuan dan keunggulan TIK dapat digunakan dalam pengembangan sistem peer assessment berbasis komputer. Penelitian ini merupakan pengembangan model penilaian menerapkan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pada fase define telah dilakukan need assessment yaitu survey lapangan yang menyasar guru-guru SMA dan SMK di beberapa sekolah di Kabupaten Buleleng, Bali. Survey dilakukan dengan penyebaran angket yang berkaitan dengan penilaian peserta didik. Tahap design telah dilakukan perancangan model peer assessment yang melibatkan peserta didik dalam penilaian. Selanjutnya telah dikembangkan prototipe sistem penilaian berbasis komputer pada tahapan development
SISTEM INFORMASI BUKU INDUK SISWA Cintya Prabandari, Luh Putu
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.697 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.16669

Abstract

Gempa, banjir, tanah longsor, kebakaran merupakan kejadian yang tidak terduga dan tidak dapat diprediksi terutama kejadian alam. Seringkali kejadian tersebut membawa dampak yang tidak terduga seperti kehilangan harta benda, sanak saudara dan dokumen-dokumen penting. Pada penelitian ini lebih menekankan pada pemecahan permasalahan kehilangan dokumen-dokumen penting seperti ijasah. Sistem Informasi Buku Induk Siswa yang diharapkan dapat membantu data menjadi terkomputerisasi yang dapat diakses secara online. Di dalam sistem ini, terdapat pengolahan data yang pada awalnya data berasal dari sumber tertulis kemudian menjadi data yang terkomputerisasi sehingga memudahkan dalam penyimpanan dan pencarian data. Dengan adanya sistem ini, membantu dalam pencarian data siswa yang masih aktif atau tercatat sebagai siswa dan pencarian data alumni siswa. Pengujian yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang baik ditunjukan dengan semua fungsional form berjalan sesuai dengan kebutuhan fungsional yang telah dirancang sebelumnya.
TRANSFERABLE SKILL DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA BLENDED LEARNING TERINTEGRASI TRI KAYA PARISUDHA PADA MATA KULIAH PROBSTAT Indrawan, I Putu Oktap
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.16622

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan transferable skill mahasiswa sebelum dan sesudah implementasi blended learning terintegrasi tri kaya parisudha; (2) ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep mahasiswa sebelum dan sesudah implementasi blended learning terintegrasi tri kaya parisudha.  Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretset-postest design dipilih untuk tujuan mengetahui efektivitas atau pengaruh perlakuan terhadap variabel dependen (Sugiyono, 2013). Dalam penelitian ini satu kelompok subjek diberikan perlakuan blended learning terintegrasi tri kaya parisudha. Hal yang dinilai pada subjek ini adalah nilai transferable skill dan nilai pemahaman konsep mahasiswa. Penilaian nilai transferable skill dan nilai pemahaman konsep mahasiswa dilakukan sebelum implementasi blended learning terintegrasi tri kaya parisudha dilambangkan dengan O1, dan penilaian setelah implementasi blended learning terintegrasi tri kaya parisudha dilambangkan dengan O2. Perbedaan hasil pengukuran yang timbul dianggap sebagai akibat dari blended learning terintegrasi tri kaya parisudha yang diterapkan. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan t pair test jika yang dikomputasi menggunakan IBM SPSS 20 for WIndows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan signifikan nilai transferable skill sebelum dan sesudah blended learning terintegrasi tri kaya parisudha (p<0,05) dengan nilai rerata transferable skill mahasiswa setelah implementasi blended learning terintegrasi tri kaya parisudha (87,11) lebih besar dibandingkan sebelumnya (55,11); (2) terdapat perbedaan signifikan nilai pemahaman konsep sebelum dan sesudah blended learning terintegrasi tri kaya parisudha (p<0,05) dengan nilai rerata pemahaman konsep setelah implementasi blended learning terintegrasi tri kaya parisudha (87,48) lebih besar dibandingkan sebelumnya (55,46).
USABILITY TESTING MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION PADA APLIKASI E-MUSRENBANG BAPPEDA KABUPATEN BADUNG Purnama, Thrisnandha; Pradnyana, I Made Adrwi; Agustini, Ketut
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.17949

Abstract

AbstrakDengan semakin majunya perkembangan teknologi informasi, pemerintah membuat aplikasi web yang mempermudah masyarakat untuk mengetahui informasi mengenai perencanaan ataupun hasil yang transparan terkait pembangunan dalam suatu wilayah. Kabupaten Badung Provinsi Bali adalah salah satu wilayah yang memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut, Bappeda Kabupaten Badung menggunakan aplikasi E-Musrenbang. Aplikasi E-Musrenbang merupakan salah satu produk yang digunakan untuk melakukan proses perencanaan pembangunan, dengan adanya sistem ini maka proses pembangunan Kabupaten Badung akan dapat terencana dengan baik dan menghasilkan sebuah laporan demi terciptanya Kabupaten Badung yang lebih baik, maju dan nyaman. Pengujian usability sangat penting untuk mengetahui tingkat usability suatu sistem karena hasil pengukurannya bisa digunakan sebagai masukan penting untuk memperbaiki sistem tersebut dimasa mendatang menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek usability sistem aplikasi E-Musrenbang Bappeda dengan Metode Heuritic Evaluation, dan menggunakan 15 responden  yang merupakan pengguna sistem aplikasi E-Musrenbang. Rekomendasi perbaikan Sistem Aplikasi E-Musrenbang Bappeda didapat dari hasil pengukuran usability terhadap responden serta dari teori HCI (Human Computer Interaction) yang berkaitan dengan ilmu disiplin yang berfokus pada desain, evaluasi dan implementasi dari interaksi sistem yang digunakan oleh manusia. Kata kunci: usability, heuristik, E-Musrenbang
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAK) BERBASIS WEB PADA SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) AGAMA HINDU SINGARAJA Sumiantara, I Gusti Lanang Putu; Pradnyana, I Made Ardwi; Agustini, Ketut
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.18342

Abstract

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Agama Hindu Singaraja belum mempunyai sebuah sistem informasi yang menunjang hal-hal yang berkaitan dengan akademik. Sistem Informasi akademik yang diterapkan saat ini masih bersifat manual dan memiliki beberapa kelemahan, seperti antrian siswa pada interval tertentu, sehingga akan memperlambat proses. Untuk mengatasi masalah ini, dibuat Sistem Informasi Akademik (SIAK) berbasis web untuk memfasilitasi proses belajar mengajar dan administrasi siswa agar dapat mematuhi kalender akademik yang berasal dari perguruan tinggi. Proses dan fitur yang akan terkandung dalam SIAK disesuaikan dengan permintaan STKIP agama Hindu Singaraja. Dalam pengembangannya, Sistem informasi akademik ini menggunakan model waterfall dan menggunakan framework codeigniter. Sistem ini dapat berjalan secara online sesuai dengan kebutuhan dari STKIP Agama Hindu Singaraja. Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Informasi yang dapat diakses melalui komputer client ataupun server. Berdasarkan hasil pengujian, sistem informasi bekerja dengan baik. Sistem dinilai mampu membantu maslah administrasi denan presentasi niai yaitu 79%. Sistem mendapat respon yang positif dari pengguna.Kata kunci: Model Waterfall, framework codeigniter,sistem informasi. 
Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web Pada Futsal Station Bekasi Merdekawati, Agustiena
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.16483

Abstract

Aplikasi penyewaan jadwal lapangan futsal ini digunakan untuk memudahkan penyewa mengetahui jadwal lapangan futsal yang kosong, untuk memberikan kemudahan dalam melakukan proses penyewaan jadwal lapangan futsal tanpa harus datang langsung ke tempat futsal. Pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan metode Waterfall. Aplikasi ini di implementasikan dengan bahasa pemograman PHP, database MySQL sebagai media penyimpanan data dan metode pengujian menggunakan black box testing. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi penyewaan melalui website. Aplikasi ini dapat digunakan oleh 3 pengguna, yaitu admin, petugas dan penyewa. Admin dapat melakukan olah data lapangan, harga sewa, penyewa, booking, konfirmasi pembayaran dan halaman statis. Penyewa dapat melakukan booking via web, melihat informasi jadwal lapangan dan konfirmasi pembayaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 2 (2025): Edisi Juli 2025 Vol. 22 No. 1 (2025): Edisi Januari 2025 Vol. 21 No. 2 (2024): Edisi Juli 2024 Vol. 21 No. 1 (2024): Edisi Januari 2024 Vol. 20 No. 2 (2023): Edisi Juli 2023 Vol. 20 No. 1 (2023): Edisi Januari 2023 Vol. 19 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022 Vol. 19 No. 1 (2022): Edisi Januari 2022 Vol 18, No 2 (2021): Edisi Juli 2021 Vol. 18 No. 2 (2021): Edisi Juli 2021 Vol 18, No 1 (2021): Edisi Januari 2021 Vol. 18 No. 1 (2021): Edisi Januari 2021 Vol. 17 No. 2 (2020): Edisi Juli 2020 Vol 17, No 2 (2020): Edisi Juli 2020 Vol. 17 No. 1 (2020): Edisi Januari 2020 Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020 Vol 16, No 2 (2019): Edisi Juli 2019 Vol. 16 No. 2 (2019): Edisi Juli 2019 Vol. 16 No. 1 (2019): Edisi januari 2019 Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019 Vol 15, No 2 (2018): Edisi Juli 2018 Vol. 15 No. 2 (2018): Edisi Juli 2018 Vol 15, No 1 (2018): Edisi Januari 2018 Vol. 15 No. 1 (2018): Edisi Januari 2018 Vol. 14 No. 2 (2017): Edisi Juli 2017 Vol 14, No 2 (2017): Edisi Juli 2017 Vol 14, No 1 (2017): Edisi Januari 2017 Vol. 14 No. 1 (2017): Edisi Januari 2017 Vol. 13 No. 2 (2016): Edisi Juli 2016 Vol 13, No 2 (2016): Edisi Juli 2016 Vol 13, No 1 (2016): Edisi Januari 2016 Vol. 13 No. 1 (2016): Edisi Januari 2016 Vol 12, No 2 (2015): Edisi Juli 2015 Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015 Vol. 12 No. 1 (2015): Edisi Januari 2015 Vol 12, No 1 (2015): Edisi Januari 2015 Vol. 11 No. 2 (2014): Edisi Juli 2014 Vol 11, No 2 (2014): Edisi Juli 2014 Vol 11, No 1 (2014): EDISI JANUARI 2014 Vol. 11 No. 1 (2014): EDISI JANUARI 2014 Vol 10, No 2 (2013): Edisi Juli 2013 Vol. 10 No. 2 (2013): Edisi Juli 2013 Vol 10, No 1 (2013): Edisi Januari 2013 Vol. 10 No. 1 (2013): Edisi Januari 2013 Vol. 9 No. 2 (2012): Edisi Juli 2012 Vol 9, No 2 (2012): Edisi Juli 2012 Vol. 9 No. 1 (2012): Edisi Januari 2012 Vol 9, No 1 (2012): Edisi Januari 2012 Vol 8, No 2 (2011): Edisi Juli 2011 Vol. 8 No. 2 (2011): Edisi Juli 2011 Vol 8, No 1 (2011): Edisi Januari 2011 Vol. 8 No. 1 (2011): Edisi Januari 2011 Vol 7, No 2 (2010): Edisi Juli 2010 Vol. 7 No. 2 (2010): Edisi Juli 2010 Vol 7, No 1 (2010): Edisi Januari 2010 Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010 Vol 6, No 2 (2009): Edisi Juli 2009 Vol. 6 No. 2 (2009): Edisi Juli 2009 Vol. 6 No. 1 (2009): Edisi Januari 2009 Vol 6, No 1 (2009): Edisi Januari 2009 More Issue