Journal of English Language Teaching
Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or education, research, and professionalism in Indonesia. The journal provides research and paper to increase awareness, consideration and analysis of issues in Teaching English as Foreign Language, and also promotes the interchange of ideas, and comparative studies in this field.
Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1, No 2 (2013): Serie F"
:
9 Documents
clear
USING ADAPTED MATERIALS TO TEACH READING A NARRATIVE TEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL
Cyntia Vonica;
Amri Isyam
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie F
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (490.775 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1984
Abstrak Bahan ajar adalah hal penting dalam mendukung proses belajar mengajar siswa di dalam kelas. Dengan adanya bahan ajar, siswa dapat memahami pelajaran dengan baik. Oleh sebab itu, guru harus menyediakan bahan ajar yang relevan dengan siswa.. Sekarang ini, banyak di jumpai bahan ajar yang tidak sesuai dengan kurikulum. Hal ini mengharuskan guru untuk lebih kreatif dan teliti dalam menyesuaikan bahan ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran Bahasa. Dari kenyataan di atas, maka penulis memilih penggunaan adapted material untuk pengajaran teks narrative pada siswa SMP. Dengan menggunakan adapted material dapat mengurangi kesulitan siswa dalam memahami bahan ajar, bahkan mengembangkan bacaan menjadi sangat bagus dan menarik Kata kunci: reading, narrative text, materials, adapted materials
USING TALKING CARDS TO IMPROVE STUDENTS SPEAKING ABILITY FO JUNIOR HIGH SCHOOL
Muhammad Zulfiyardi;
Don Narius
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie F
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1989
ABSTRAK Makalah ini membahas tentang pengajaran berbicara bahasa inggris dengan menggunakan Talking Cards. Penulis melihat bahwa siswa dalam kemampuan berbicara masih kurang. Penyebabnya adalah kurang percaya diri, takut akan kesalahan ucapan, dan takut akan ditertawakan oleh siswa lain. Oleh karena itu, penulis memberikan solusi dengan penggunaan media pembelajaran yang interaktif melalui Talking Cards. Talking Cards merupakan suatu permainan yang dimainkan melalui kartu bermain yang berjumlah 52 (lima puluh dua); terbagi dalam empat jenis yaitu spade, heart, club dan diamond). Penulis membuat makalah ini bertujuan: (1) menggambarkan bagaimana guru bahasa inggris menggunkakan Talking Cards untuk siswa sekolah tingkat pertama, (2) menjelaskan langkah-langkah pengajaran berbicara siswa sekolah tingkat pertama dengan menggunakan Talking Cards secara rinci. Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat sehingga guru bahasa inggris dapat berkreasi sendiri dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Kata kunci: Pengajaran, Motivasi, Media, Talking Cards
USING CAMPFIRE LEGEND PC GAME AS A MEDIA IN TEACHING IMPERATIVE SENTENCE FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Anatasia Amalia Aster;
Don Narius
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie F
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (678.221 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1985
Abstrak Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menjelaskan bagaimana cara penggunaan Campfire Legend PC Game sebagai media dalam pengajaran kalimat perintah pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Melalui makalah ini diharapkan akan memberikan hal yang bermanfaat bagi para guru dalam mengajarkan siswa tentang kalimat perintah. Selanjutnya, permainan ini diharapkan mampu menjadi media alternatif bagi para guru untuk meningkatkan kemampuan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam memahami kalimat perintah. Tidak hanya mengerti fungsinya, tapi juga mampu menggunakannya pada waktu dan tempat yang tepat. Guru yang menggunakan permainan ini sebagai media dalam pengajaran kalimat perintah akan dibantu dengan petunjuk- petunjuk yang berbentuk kalimat perintah yang tersedia dalam permainan tersebut. Key words: Campfire Legend PC Game, teaching imperative sentence, junior high school
TEACHING WRITING A SPOOF TEXT BY USING SERIES OF PICTURES TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Priscilla Orianda;
Rusdi Noor Rosa
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie F
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (375.431 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1981
Abstrak Kemampuan siswa SMA dalam memahami spoof teks masih sangat kurang disebabkan karena penggunaan media yang tidak menarik oleh guru dalam pengajaran. Spoof teks adalah adalah teks yang menceritakan cerita faktual, yang terjadi di masa lalu dengan berakhir tak terduga dan lucu. Salah satu media pengajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami spoof teks adalah series of pictures. Pictures series merupakan satu set gambar yang terdiri dari 4 sampai 8 gambar yang menunjukkan kejadian pada sebuah cerita. Jadi pictures series ini bisa membantu dan membangkitkan minat siswa di dalam menulis spoof text. Kata Kunci : teaching writing, spoof text, series of pictures, senior high school.
TEACHING SPEAKING TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS THROUGH FOUR CORNERS GAME
Ayu Rahayu;
Jufri Jufri
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie F
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (367.123 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1986
Abstrak This article discusses about a technique in teaching English, that is, expressing student’s idea and opinion in English. The technique is Four Corners game. The goal is to train the students to speak English by discussing and expressing their opinion. The way is students devided into four groups that is stood in each corners of the class and ask them to discuss the topic that is given, also express their opinion in front of the class. This technique is considered to give some benefits for English teacher. And for the students, it can be interesting to gain students’ abilitity in learning English. Key words: speaking, Four corners game
SPEAKING BOARD GAME TO TEACH SPEAKING OF DESCRIPTIVE TEXT
Ervi Susanti;
Zul Amri
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie F
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (322.805 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1982
Abstrak Makalah ini dibuat dengan melakukan tinjauan pustaka. Makalah ini membahas tentang penggunaan sebuah permainan, Speaking Board Game sebagai salah satu media yang dapat digunakan dalam pengajaran speaking melalui sebuah teks descriptive. Penggunaan Speaking board game dalam pengajaran diharapkan dapat membantu guru dalam mengajarkan speaking dan meningkatkan minat siswa dalam belajar speaking terutama dalam hal mendeskripsikan seseorang atau sebuah benda. Dalam hal ini guru perlu mempersiapkan media yang digunakan yaitu dadu dan foto kopi dari speaking board tersebut. Di awal pembelajaran guru memotivasi siswa untuk belajar serta mengaktifkan kemampuan mereka tentang apa yang akan dipelajari. Kemudian setiap orang dalam masing-masing kelompok akan memiliki kesempatan untuk bermain. Siswa melemparkan dadu lalu berpindah tempat sesuai dengan nomor yang mereka dapatkan dan mendeskripsikan gambar yang ada dalam kotak secara lisan sesuai dengan kata kunci yang diberikan. Guru menyimpulkan pembelajaran serta mengevaluasi proses pembelajaran pada akhir proses pembelajaran. Key Word: speaking board game, teaching speaking, Descriptive text
TEACHING WRITING REPORT TEXT THROUGH STUDENTS’ FIELD EXPERIENCE AT JUNIOR HIGH SCHOOL
Richa Firdaus;
Sunaryo Sunaryo
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie F
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (629.652 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1987
Abstrak Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan Students’ Field Experience sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis report text dengan cara siswa diminta untuk melakukan pengamatan dan mengumpulkan informasi terhadap objek tertentu sebagai ide untuk menulis teks report. Langkah - langkah dalam menggunakan Students’ Field Experience ini adalah dimulai dengan membangun latar belakang pengetahuan siswa terhadap report text (Pre teaching). Guru memperkenalkan teknik yang akan digunakan serta menjelaskan bagaimana menggunakan teknik tersebut untuk membuat sebuah report text, membagi siswa dalam beberapa kelompok, memberikan lembaran pengamatan kepada siswa sebagai panduan untuk mencari dan mengembangkan informasi terhadap objek pengamatan yang di lakukan di lapangan, siswa menyusun ide berdasarkan informasi yang di kumpulkan untuk menulis report text (Whilst Teaching).Pada Post Teaching, guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Key Words: Strategy, students’ field experience, information list sheets, writing.
TEACHING VOCABULARY TO ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS THROUGH COLORING PICTURES ACTIVITY
Suri Mutya;
Amri Isyam
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie F
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (426.519 KB)
|
DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1983
Abstrak Tujuan artikel ini adalah untuk memaparkan salah satu kegiatan dari pembelajaran kosakata yang dapat digunakan oleh guru Bahasa Inggris untuk siswa SD. Kegiatan yang dimaksud adalah “Coloring Pictures Activity” atau disebut juga dengan kegiatan mewarnai gambar. Dimana siswa harus mampu untuk mewarnai gambar sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh guru. Dengan “Coloring Pictures Activity”, siswa memahami kosakata tidak hanya dengan mengetahui arti kata tersebut, tetapi juga mengetahui bagaimana bentuk atau gambar asli dari kata-kata tersebut. Dalam artikel ini penulis mengambil topik pelajaran mengenai buah-buahan, sehingga dalam kegiatan mewarnai penulis juga mengambil gambar buah-buahan sebagai gambar yang akan diwarnai oleh siswa. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa lebih mudah untuk mengingat kosakata sekaligus bentuk atau gambar dari kosakata yang mereka pelajari. Key Words: picture, color, vocabulary, activity
Teaching Reading Comprehension by Using Question-Answer Relationship (QAR) Strategy for Senior High School Student
Rhama Putra;
Jufri Jufri
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie F
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1988
ABSTRAK Artikel ini membahas penggunaan strategi Question-Answer Relationship (QAR) pada pengajaran membaca dalam bahasa Inggris. Dalam artikel ini dibahas bagaimana pengaplikasian strategi QAR dalam proses pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca. Strategi ini terdiri dari 2 tipe pertanyaaan yaitu In-the-Book questions yang dilakukan dengan menanyai pertanyaan dan mencari jawabannya di dalam teks bacaan dan In-My-Head questions yang dilakukan dengan menanyai pertanyaan dan memikirkan jawaban berdasarkan apa yang telah mereka ketahui yang berhubungan dengan teks bacaan dan berdasarkan pengetahuan atau pengalaman yang telah dialami siswa sebelumnya. Strategi ini dapat digunakan untuk mengintrogasi teks bacaan agar lebih difahami karna antara pertanyaan dan jawabannya saling berhubungan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca. Kata Kunci: reading comprehension, QAR strategy, teaching at senior high school student