Articles
8 Documents
Search results for
, issue
"Vol 14, No 2 (2023)"
:
8 Documents
clear
PENGARUH BUKU FIKSI TERHADAP THEORY-OF-MIND ANAK PRASEKOLAH
Devi Rusli;
Ali Arben
Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang) Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/rapun.v14i2.124769
Fiction books are learning media that can be used to introduce various experiences about other people's views and emotions to preschoolers through story characters. At preschool age, children already have a need to interact with other people, especially with their peers. Children's understanding of the desires and feelings of other people known as theory of mind (ToM) helps them to be more accepted and adjust when playing with their friends. The effect of fiction books on the ToM development of preschoolers was tested through experimental research on 44 (forty four) preschoolers (23 boys and 21 girls). Two experimental groups read fiction and non-fiction books and one control group (coloring). Based on the results of data analysis, it is known that there is an average difference between the 3 groups. It is known that the fictional experimental group has a better ToM score than the non-fiction experimental group and the control group with a significant p value <0.05 (Ⅹ² = 7.07 , p = 0.029 ). In conclusion, fiction books have an influence on the ToM development of preschoolers.
DAMPAK KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA SMK
Deska Fitria;
Muhamad Uyun
Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang) Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/rapun.v14i2.126142
Dukungan keluarga sangat di butuhkan dalam perencanaan dan pemilihan karir siswa karena dengan adanya dukungan orang terdekat siswa akan memiliki keyakinan lebih tinggi dalam merencanakan dan memustukan karir yang akan di pilihnya. Siswa yang memperoleh dukungan lebih dari keluarganya kemungkinan besar akan dapat merencanakan dan menentukan pilihan karir secara matang di banding siswa yang tidak memperoleh dukungan dari keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh antara konsep diri dan dukungan keluarga dalam perencanaan karir pada siswa. Sampel penelitian ini adalah 126 orang siswa kelas XII SMK Negeri 1 Keluang. Hasil hipotesis yang didapatkan, H1 ditolak dengan nilai sig 0,618 >0.05 dan nilai t hitung 0.500< t tabel 1.979, dapat diartikan bahwa tidak ada pengaruh antara konsep diri dan perencanaan karir. H2 diterima dengan nilai sig 0.005<0.05 dan nilai t hitung 2.857> t tabel 1.979, dapat diartikan terdapat pengaruh antara dukungan keluarga dan perencanaan karir. Selanjutnya H3 diterima dengan nilai 0.017>0.05 dan nilai f hitung 4228>3.07. dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara konsep diri dan dukungan keluarga terhadap perencanaan karir siswa
ADAPTASI EMPLOYEE ENGAGEMENT SCALE (EES) DAN BUKTI RELIABILITAS & VALIDITAS
Lusiana Effendi;
Airin Triwahyuni
Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang) Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/rapun.v14i2.116161
Salah satu kunci sukses perusahaan adalah keterlibatan karyawan / pegawai. Karyawan / pegawai yang memiliki keterlibatan yang kuat biasanya dapat bekerja lebih baik dan memberikan hasil kerja yang lebih baik pula bagi perusahaan. Salah satu cara mengukur keterlibatan ini adalah dengan alat ukur keterlibatan karyawan / pegawai. Alat ukur keterlibatan karyawan / pegawai ini dikembangkan oleh Shuck dkk. (2016) dan belum pernah diadaptasi dalam konteks budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengadaptasi skala keterlibatan karyawan / pegawai sesuai rekomendasi ITC Guidelines (ITC, 2016) dengan bukti reliabilitas dan validitas yang baik. Uji yang dilakukan meliputi reliabilitas konsistensi internal Alpha Cronbach, validitas isi, teori tes klasik melalui daya pembeda item, serta analisis faktor konfirmatori. Partisipan dalam penelitian (N=337) diambil dengan mempertimbangkan kemudahan sampling. Skala yang diadaptasi menghasilkan reliabilitas konsistensi internal α=0.917. Hasil uji menunjukkan bahwa validitas isi relevan (I-CVI ; S-CVI/UA ; S-CVI/Ave ) dengan daya diskrimasi item yang baik ( ). Hasil analisa faktor konfirmatori menunjukkan skala keterlibatan karyawan / pegawai memenuhi kriteria kecocokan (CFI=0.956; TLI=0.942; NNFI=0.942; NFI=0.937; PNFI=0.710; IFI=0.956; RNI=0.956; RMSEA=0.080; SRMR=0.050; dan GFI=0.928) dengan satu modifikasi indeks pada item EE3 & EE4. Hal ini berarti alat ukur skala keterlibatan karyawan / pegawai yang telah melalui serangkaian proses adaptasi ke dalam versi Bahasa Indonesia adalah reliabel dan valid.
Mental Toughness through Resilience : Exploring Money Scam Experience among Adolescene Victims in Padang
Indriyani Santoso;
Vinda Afnita
Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang) Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/rapun.v14i2.128471
Money scam bukan hanya meninggalkan kerugian finansial, namun juga menimbulkan efek psikologis yang mengguncang kepercayaan, juga kenyamanan seseorang dalam mengelola keuangan pada korbannya. Teknologi yang berkembang dengan pesat membuat remaja yang belum mantap literasi digital dan finansialnya menjadi korban. Padahal, remaja masih bergantung dengan orangtua maupun wali dalam aspek ekonominya. Penelitian ini mengungkap ketangguhan mental melalui proses resiliensi remaja korban money scam di Kota Padang. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologis, analisis data yang merupakan hasil wawancara dilakukan dengan metode Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Pengumpulan data sendiri dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi hasil pengumpulan bukti penipuan. Subjek pada penelitian ini adalah tiga orang remaja korban money scam. Hasil penelitian ini menemukan bahwa subjek menjadi korban money scam karena penilaian situasi yang rendah, tergiur dengan penawaran keuntungan yang besar tanpa berpikir panjang. Proses resiliensi dianalisis dari hasil wawancara dengan melakukan koding berdasarkan aspek resiliensi dari teori Reivich & Shatte (2002). Resiliensi diawali dengan emosi marah, cemas, dan takut. Namun demikian, setelah melalui proses tersebut timbul sebuah ketangguhan mental dari subjek yang membuat subjek memiliki penilaian lebih baik dengan situasi yang kurang lebih sama, sehingga subjek memiliki kewaspadaan dalam menentukan keputusan finansialnya di masa depan.
Strategi Mencapai Keseimbangan Hidup dan Kerja Perempuan Pelaku Usaha E-commerce.
Rahma Ardiani;
Sri Lestari
Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang) Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/rapun.v14i2.122747
This study aims to understand the strategies for achieving work-life balance in mothers with children under five who are e-commerce entrepreneurs. This study uses a qualitative approach to phenomenology. This research involved five young mothers in e-commerce businesses obtained through the snowball technique. Data collection techniques used semi-structured interviews and were analyzed by thematic analysis. This research revealed five themes: e-commerce business management, childcare, household affairs, marital conflict, and me-time. This research implies that cooperation with partners and having time to pause from routine for a moment is an essential key in the strategy of achieving work-life balance.
KARAKTERISTIK HASIL ASESMEN NEED FOR ENDURANCE BERBASIS TEORI TES MODERN
Rosita Nur Savitri;
Ali Ridho;
Elok Faiz Fatma El Fahmi
Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang) Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/rapun.v14i2.124139
Tes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS) sebagai salah satu tes kepribadian yang banyak digunakan belum pernah direvisi sejak diadaptasi di Indonesia pada tahun 1989, dan juga belum pernah diteliti kelayakannya secara empiris, termasuk untuk aspek need for endurance. Sedangkan uji kelayakan setiap alat tes harus dilakukan secara berkala karena terjadinya perubahan subjek dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi 28 item yang menyusun aspek need for endurance. Respon dari 212 partisipan (47 laki-laki dan 165 perempuan) terhadap 28 aitem dikalibrasi dengan menggunakan model item response theory (IRT) dua parameter logistik (2PL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua aitem yang bermasalah dikarenakan; (satu) karena parameter indeks lokasi yang sangat negatif, dan (dua) karena daya pembeda yang negatif. Sedangkan pada level tes, aspek need for endurance dapat memberikan informasi secara maksimal ketika mengukur partisipan yang memiliki kecenderungan need for endurance rendah. Disarankan agar para pengembang dan pengguna EPPS menggunakan temuan ini untuk berhati-hati dalam menginterpretasikan asesmen yang melibatkan dua aitem ini.
The Role Of Mindfulness On Mindful Consumption Mediated By The Involvement Of Online Shopper Consumers
Teguh Lesmana
Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang) Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/rapun.v14i2.122218
This study examines the role of consumer involvement in predicting the role of awareness of consumption awareness in online consumer shopping. This research is a quantitative study involving 220 early adult participants who shop online in Jakarta. Data collection was carried out using the Mindful Consumption Behavior Scale to measure mindful consumption, the Five Facet Mindfulness Questionnaires Short Version (FFMQ-SV) to measure mindfulness, and the Customer Engagement Scale to measure consumer engagement. The three measuring instruments have been tested for reliability and the test results have a good and acceptable reliability value. The results of the study using linear regression analysis show that consumer involvement can play a positive role as a significant mediator of the role of mindfulness in predicting mindful consumption. Thus, mindfulness can play a better role in mindful consumption with consumer involvement that helps online buyers to be fully involved in purchases made so that mindful purchases are created in online shopping.
Pengaruh Pelatihan Goal Setting untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Diri dalam Belajar Siswa SMK Muhammadiyah Nganjuk: Pendekatan Quasi Eksperimen
Nurfi Laili;
Ghozali Rusyid Affandi
Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang) Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/rapun.v14i2.124472
Permasalahan yang terkait dengan regulasi diri akademik pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk ditunjukkan dengan banyaknya jumlah siswa yang tidak hadir atau bolos dalam proses belajar mengajar hingga lebih dari dua puluh kali dalam satu semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan goal setting pada peningkatan kemampuan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang bersekolah di SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk, sebanyak 42 siswa. Subjek terbagi ke dalam kelompok kontrol sebanyak 22 siswa dan kelompok eksperimen sebanyak 20 siswa. Metode penelitian kali ini adalah menggunakan pendekatan quasi eksperimen yang membandingkan data pretest dan postest pada kelompok kontrol dan eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala self regulated learning yang dikembangkan peneliti. Analisis data penelitian menggunakan analisis uji perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perbedaan nilai rerata sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen diterima, dan terjadi peningkatan yang signifikan self regulated learning sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk