cover
Contact Name
Asep Rokhyadi Permana
Contact Email
jpsb@mercubuana-yogya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpsb@mercubuana-yogya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
ISSN : 23375817     EISSN : 26147289     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2: Agustus 2020" : 7 Documents clear
STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO CITRONG (CHEESE STICK TERONG) KELOMPOK WANITA TANI MENTARI BINAAN ORGANISASI IAAS LC UNPAD Lusi Wulan Safitri
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 8, No 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jpsb.v8i2.1041

Abstract

Genteng village's potential in agriculture sector is dominated by various vegetables commodities, one of which is eggplant. The Village Concept Program that was held in 2016 have been successful on creating a collaboration between IAAS LC Unpad and Kelompok Wanita Tani Mentari, which is a snack called Citrong with eggplant as it's main ingredient. The development of Citrong as a micro business doesn't always go as planned, because Kelompok Wanita Tani Mentari still can't market this product. So, marketing strategy is needed. This research aims to create a marketing strategy of Citrong micro business for Kelompok Wanita Tani Mentari. This research use qualitative design with study case as research technique. IFAS, EFAS, IE, and QSPM matrix are used for data analysis. The results of this research is micro business of Citrong in cell II (average internal position and high external position) which shows the type of strategy “Growth and Build”. So,marketing strategy that can be applied are intensive strategies such as market penetration, market development, and product development or integrated strategies such as backward integration, forward integration and horizontal integration.Keywords : Citrong, Marketing Strategy, Micro Business
KEPUTUSAN BERTRANSAKSI DAN KUALITAS PELAYANAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF PROMOSI, TINGKAT SUKU BUNGA, DAN LOKASI PADA BPR DI WILAYAH SOLO RAYA Denny Mahendra; Jarot Santosa; Aris Tri Haryanto
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 8, No 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jpsb.v8i2.1159

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat suku bunga, promosi dan lokasi terhadap keputusan bertransaksi nasabah dengan kualitas pelayanan sebagai variabel intervening yang terjadi pada BPR di wilayah Solo Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang bertransaksi di bulan Desember 2019 BPR di wilayah Solo Raya. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 15% dari populasi yaitu sebesar 126 nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas pelayanan, Tingkat suku bunga berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan, Lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan, Promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan bertransaksi, Suku bunga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan bertransaksi, Lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan bertransaksi, Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan bertransaksi Nasabah di BPR di wilayah Solo Raya
PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, DAN KEMAHIRAN PROFESIONAL TERHADAP KUALITAS AUDIT Meutia Layli; Johan Arifin
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 8, No 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jpsb.v8i2.1310

Abstract

Meningkatnya kasus korupsi dan terjadinya beberapa kasus penyalahgunaan wewenang yang dilakukan akuntan publik, menyebabkan kepercayaan masyarakat semakin berkurang terhadap profesi yang seharusnya membangun kepercayaan rakyat Indonesia terhadap pemerintah tersebut. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh kompetensi, independensi, dan kemahiran profesional terhadap kualitas audit pada auditor di BPK Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor BPK Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kompetensi memiliki pengaruh positif terhadap kualitas audit. Sedangkan independensi dan kemahiran profesional tidak memiliki pengaruh positif terhadap kualitas audit. Dengan demikian diharapkan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dapat melakukan upaya meningkatkan kompetensi profesi auditor dengan melakukan pelatihan atau pendidikan tambahan.  
Metode Marketing Mix Dan Analisis SWOT Dalam Penyusunan Strategi Bersaing Pada IKM Keripik Tempe Ayudy wahyu maulana
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 8, No 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jpsb.v8i2.1257

Abstract

Medium small industry (IKM) is one of the real sectors which is a favorite of the public to compete in producing maximum profits. This sector is also a strong foundation for regional governments in developing an independent regional economy. This is the reason for the many SMIs that have sprung up and are dominated by millennials. The purpose of this study was to determine the competitive strategy using the marketing mix method and SWOT analysis on one of the tempe chips SMIs. This type of qualitative research and direct interviews are things that are used in this study. The results showed that the position of IKM Ayudy was in the quadrant I in the SWOT analysis where the right strategy to compete was to use an aggressive strategy. Ayudy IKM will take advantage of open business opportunities by focusing on the strength of its products. The competitive strategy is divided into marketing mix where its application includes a product strategy by doing innovative products, this is considered appropriate because it is to overcome boredom in consumers so that consumers remain comfortable with the product from the IKM Ayudy; pricing strategy is done by implementing wholesale prices, this is intended to facilitate sales quickly; location strategy by opening sales outlets directly aimed at consumers especially those located far from production houses; and of course promotional strategies through social media that make products more known and have an impact on increasing sales
Effect Of Supply Chin Product Quality Prima Service Costumer Satisfaction And Loyality Indyah Hartami Santi; Indria Guntarayana
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 8, No 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jpsb.v8i2.1243

Abstract

This study aims to study and explain the relationships and independent variables, namely the variables Role Chain, Product Quality, Excellent Service on Customer Satisfaction and Loyalty. In this study using a mixed methods strategy using SEM Smart PLS analysis and qualitative in the derming cycle model priority concurrent triangulation strategy is the collection of qualitative data at the same time with research, then, comparing qualitative data with quantitative data to match the combination. The results of this study prove that the Research Regarding Product Quality. Assistance Chain for Customer Satisfaction. Help Chain for Customer Loyalty. Product Quality that impacts Excellent Service. Product Quality aimed at Customer Satisfaction. Product Quality that counts towards Customer Loyalty. Excellent Service To Customer Satisfaction. Excellent Service is valued towards Customer Loyalty. Customer Satisfaction Supports Customer Loyalty.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT ANGKASA PURA I (Persero) Hendri Dunan; Desi Rahmawati; Appin Purisky Redaputri
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 8, No 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jpsb.v8i2.1204

Abstract

Pada dasarnya kinerja karyawan merupakan hasil proses yang kompleks dari karyawan itu sendiri berdasarkan faktor eksternal (budaya organisasi) dan faktor internal (kompetensi), maupun upaya strategis dari perusahaan. Kinerja karyawan diharapkan dapat meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan. Jika kinerja karyawan baik maka nilai perusahaan akan baik pula, demikian sebaliknya jika kinerja karyawan tidak baik maka akan tidak baik pula nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan kompetensi secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif bersifat asosiatif dengan desain penelitian survey deskriptif verifikatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini mendukung semua hipotesis yang diajukan dimana budaya organisasi dan kompetensi memiliki pengaruh positif baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan. Artinya, budaya organisasi dan kompetensi memiliki peran yang sama penting terhadap peningkatan kinerja karyawan.
Kajian Uraian Pekerjaan dan Pemetaan Kompetensi : Studi Kasus pada Perusahaan Pengembang Properti di Surabaya Filinia Filinia
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol 8, No 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jpsb.v8i2.1186

Abstract

Analisa jabatan merupakan salah satu teknik yang penting dalam Manajemen Sumber daya Manusia untuk menyediakan informasi mengenai tanggung jawab suatu jabatan dan karakteristik individu yang diperlukan untuk menjalankan tanggung jawab tersebut. Tujuan penelitian ini adalah melaksanakan analisa jabatan pada salah satu perusahaan pengembang properti di Surabaya untuk menunjang pembaharuan uraian pekerjaan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan proses pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi literatur. Penelitian ini menghasilkan uraian pekerjaan yang relevan dengan tanggung jawab rutin pemegang jabatan, kompetensi yang diperlukan pemegang jabatan untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut serta kesenjangan kompetensi dan area pengembangan pemegang jabatan yang diperoleh melalui proses wawancara berbasis perilaku.

Page 1 of 1 | Total Record : 7