cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
+6281267058001
Journal Mail Official
info@ust.ac.id
Editorial Address
Jl. Setiabudi No. 479 F Tanjungsari Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan
ISSN : 24431079     EISSN : 27158136     DOI : http://dx.doi.org/10.1234/akuntansi
Core Subject : Economy,
Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, terbit sejak 2015, merupakan Media Riset Akuntansi dan Keuangan yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu akuntansi dan keuangan terkini yang mencakup Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi International, Auditing dan Perpajakan, setiap naskah yang dikirimkan ke Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan akan ditelaah oleh dewan editor yang relevan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan September .
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No. 2 Tahun 2019" : 5 Documents clear
PENGARUH INTENSITAS ASET TETAP, LEVERAGE, LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP REVALUASI ASET TETAP PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Sitepu, Herdini Br; Silalahi, Evelin R.R.
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 5 No. 2 Tahun 2019
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.236 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v5i2.156

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas aset tetap, leverage, likuiditas, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap revaluasi aset tetap pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 perusahaan dengan periode penelitian selama 4 tahun dari tahun 2014-2017. Data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia melalui website www.idx.co.id.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil uji menunjukkan bahwaleverage dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap revaluasi aset tetap, intensitas aset tetap berpengaruh negatif dan signifikan terhadap revaluasi aset tetap, likuiditas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap revaluasi aset tetap, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap revaluasi aset tetap dan secara bersama-sama variabel intensitas aset tetap, leverage, likuiditas, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap revaluasi aset tetap. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain serta memperpanjang periode penelitian sehingga dapat melihat kecendrungan yang terjadi dalam jangka panjang sehingga hasil yang diperoleh lebih dapat menggambarkan kondisi yang sesungguhnya selama jangka panjang.
ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DITINJAU DARI KEPUASAN KERJA Sihombing, Sarimonang; Sitanggang, Darna
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 5 No. 2 Tahun 2019
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.264 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v5i2.533

Abstract

Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan kontribusi individu yang melebihi tuntutan peran di tempat kerja dan di-reward oleh perolehan kinerja tugas.Organisasi yang memiliki karyawan denganOrganizational Citizenship Behavior yang baik, akan memiliki kinerja yang lebih baik dari organisasi yang lain.Perilaku ini muncul karena perasaan sebagai anggota organisasi dan merasa puas apabila dapat melakukan sesuatu yang lebih kepada organisasi. Organizational Citizenship Behavior(OCB) ini melibatkan beberapa perilaku meliputi perilaku menolong orang lain, menjadi volunteer untuk tugas-tugas ekstra, patuh terhadap aturan-aturan dan prosedurprosedur di tempat kerja. Dimensi Organizational Citizenship Behavior adalah perilaku membantu,kepatuhan terhadap organisasi,sportmanship, loyalitas terhadap organisasi, inisiatif individual, kualitas sosial dan perkembangan diri. Faktor-faktor yang mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior antara lain: merasa puas dengan pekerjaannya, menerima perlakuan yang sportif dan penuh perhatian dari pengawas dan percaya bahwa mereka diperlakukan adil dalam organisasi.Salah satu faktor yang mempengaruhi meningkatnya perilaku Organizational Citizenship Behavior dalam suatu organisasi adalah faktor yang berasal dari dalam diri karyawan, seperti kepuasan kerja. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja antara lain: faktor hubungan antra karyawan, faktor-faktor individual dan faktor-faktor luar seperti rekreasi dan pendidikan. Dimensi kepuasan kerja antara lain: kepuasan dalam pekerjaan itu sendiri, gaji, pengakuan, hubungan antara supervisor dengan tenaga kerja dan kesempatan untuk maju.
PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) SIMPANG MATARAM MEDAN Silaban, Sunarti E.; Elisabeth, Elisabeth; Sagala, Roslinda
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 5 No. 2 Tahun 2019
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.154 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v5i2.534

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian KFC Simpang Mataram Medan. Pengumpulan data dilakukan melalui cara penyebaran kuesioner yang dilaksanakan pada 100 pengunjung pada KFC Simpang Mataram Medan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 22. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi berganda adalah Y=3,374+0,531X1+0,285X2+0,149X3 artinya dalam pengujian uji F menunjukkan bahwa Promosi, harga dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian KFC Simpang Mataram Medan (Fhitung sebesar 30,041 > Ftabel sebesar 2,70). Secara parsial (uji t) menunukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian KFC Simpang Matararam Medan (thitung 5,675 > 1,984 dan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05), harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian KFC Simpang Mataram Medan (thitung 2,330 > 1,984 dan tingkat signifikan 0,022 < 0,05) dan Inovasi produk berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar (thitung 1,708 < 1,984 dengan tingkat signifikan 0,091 > 0,05 ) dan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,484 Artinya, Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh Promosi, Harga dan Inovasi Produk sebesar 48,4%, sedangkan 42,6% lagi dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti komunikasi dan keamanan dan lain-lain. Dan dari hasil penelitian dan pembahasan sebaiknya KFC Simpang Mataram Medan semakin mengembangkan dan mempertahankan indikator-indikator dari Promosi, harga dan inovasi produk yang telah ada di KFC Simpang Mataram Medan.
PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Sembiring, Yan Christin Br.; Saragih, Afni Eliana
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 5 No. 2 Tahun 2019
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.218 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v5i2.535

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh komisaris independen (KI) dan komite audit (KA) terhadap kinerja keuangan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian ini diambil dari perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2016-2017 yaitu 43 perusahaan. Adapun metode yang digunakan adalah metode purposive sample dimana perusahaan yang masuk dalam kriteria adalah berjumlah 31 perusahaan. Akan tetapi, membuang data outlier sebanyak 7 perusahaan, sehingga unit analisisnya adalah 55 perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa datadata yang digunakan dalam penelitian ini telah memenuhi uji asumsi klasik, yang meliputi: tidak terjadi gejala multikolinearitas, tidak terdapat autokorelasi, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan data terdistribusi normal. Dari hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel KI dan KA tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan secara simultan dan parsial.
PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS, LEVERAGE,DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI Saragih, Afni Eliana; Sembiring, Yan Christin Br.
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 5 No. 2 Tahun 2019
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.906 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v5i2.183

Abstract

Aktivitas utama perusahaan manufaktur adalah mengolah bahan baku menjadi barang jadi. Sisa hasil produksi atau yang sering disebut limbah dapat menyebabkan polusi air, tanah, maupun udara. Hal ini menuntut adanya tanggung jawab sosial perusahaan disebutCorporate Social Responsibility (CSR) terhadap masyarakat maupun pemerintah.Defenisi CSRmenurut World Bisnis Council for Sustainable Development (WBCD) merupakan suatu komitmen berkelanjutan oleh perusahaan untuk bertindak etis dan memberikan kontribusi kepada pengembangan ekonomi dari pihak internal ataupun masyarakat luas, bersamaan dengan peningkatan taraf hidup pekerjanya beserta seluruh keluarga.Pada banyak kasus, tanggung jawab sosial tersebut belum ditaati perusahaan secara benar dan normal. Hasil evaluasi efek sosial ditemukan bahwa banyak konflik dan masalah yang ditinggalkan oleh sisa hasil produksi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh corporate governance,profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Kimia dan Industri Dasar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tahapan penelitian dimulai dengan mengumpulkan data yang dibutuhkan, selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate governance, profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSRbaik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian selanjutnya dapat diperluas dengan menganalisis faktor-faktor lain yang mempengaruhi CSR, atau menganalisis item CSR tertentu yang paling banyak diungkapkan oleh perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5