cover
Contact Name
Al Qari'ah
Contact Email
qori.diraz@gmail.com
Phone
+6281913645350
Journal Mail Official
alpenfkip@wiraraja.ac.id
Editorial Address
FKIP Universitas Wiraraja Sumenep, Jl. Sumenep - Pamekasan Km. 5 Patean Sumenep 69451
Location
Kab. sumenep,
Jawa timur
INDONESIA
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN : 25806890     EISSN : 25809075     DOI : https://doi.org/10.24929
Core Subject : Education,
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of scientific publications to pour conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. To achieve this, ALPEN will selectively disseminate ideas and studies complemented by quality research results related to education that can generate innovative, creative and original work and be tested in the field of primary school education and learning, disseminated and implemented to improve the quality of education at the regional level , national, and international.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2018): Juli-Desember 2018" : 5 Documents clear
PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA ANAK USIA DINI Choli Astutik
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24929/alpen.v2i2.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris tentang Penerapan Layanan Bimbingan dan Konseling di PAUD H.I El- Fath. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di PAUD H.I El- Fath melakukan beberapa tahapan konseling yaitu tahapan input, tahapan proses dan tahapan output. Dalam pelaksanaan konseling konselor tidak hanya menggunakan keterampilan verbal tetapi menggunakan berbagai media dan media yang digunakan yaitu permaian, buku cerita boneka tangan, bak pasir dan aktivitas sebagai bantuan.
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP WILAYAH DAN PERWILAYAHAN PADA MAPEL GEOGRAFI MELALUI PEMBELAJARAN STAD Mochammad Djahjadi
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24929/alpen.v2i2.18

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang memiliki tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam PBM didalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Geografi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode Diskusi Kelompok dan Pengukuran Hasil Pre-Post Tes dengan instrumen penelitian berupa soal tes, lembar observasi dan catatan lapangan yang dilaksanakan ke dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan, setiap pertemuan 2 jam pelajaran (2 x 45 menit). Subjek penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu siswa Kelas XII IPS 2 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 SMA Negeri 2 Sumenep yang berjumlah 40 siswa, terdiri 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa catatan lapangan dari hasil pengamatan teman sejawat. Kategori keberhasilan aktivitas belajar siswa didasarkan pada parameter adanya peningkatan rata-rata prosentase aktivitas belajar siswa dan taraf penguasaan tindakan. Sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih skor antara pre-test dan post test serta ketuntasan materi belajar disetiap siklus. Temuan atau hasil dari penelitian ini selain diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Geografi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Sumenep juga ditemukan adanya kecenderungan pada akhir siklus II, siswa mulai terlihat bosan dengan pembelajaran yang diterapkan. Dengan temuan ini disarankan peran guru untuk selalu melakukan diversifikasi metode pembelajaran dalam setiap kegitan Proses Belajar Mengajar.
PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS PESISIR Reny Puji Damayanti WR; Jefri Nur Hidayat; Kadarisman Kadarisman
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24929/alpen.v2i2.19

Abstract

Permasalahan siswa kelas VIII SMPN 2 Kalianget yang alami yaitu petunjuk praktikum IPA belum memuat komponen secara jelas dan lengkap. Hal tersebut membuat siswa tidak memahami kegiatan praktikum yang dilakukan. SMPN 2 Kalianget memiliki potensi daerah pesisir sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Petunjuk Praktikum IPA berbasis pesisir, mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap petunjuk praktikum tersebut. Metode yang digunakan yaitu model 4-D yang terdiri dari define, design, develop dan desimenate. Instrumen pengambilan data yang digunakan terdiri dari instrumen kelayakan materi, tampilan dan format serta Instrumen respon yang berupa angket respon siswa. Uji coba awal (Initial Testing) dilakukan kepada 5 siswa dan uji coba kuantitatif (Quantitative Testing) dilakukan kepada 24 Siswa. Berdasarkan hasil penelitian, (1) kelayakan petunjuk praktikum mendapat nilai sebesar 89,60% dengan kategori sangat layak (2) respon siswa sebesar 84,38% dengan kategori sangat baik. Jadi, petunjuk praktikum berbasis pesisir sudah dinyatakan sangat layak dan sangat baik untuk digunakan sebagai media pendukung saat kegiatan praktikum.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOCABULARY DAN MOTIVASI PADA SISWA MELALUI SMS GATEWAY DENGAN TEKNIK MOBILE LEARNING Rini Yudiati; Ach. Andiriyanto
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24929/alpen.v2i2.20

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS POP UP BOOK UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI MTs RAUDHATUT THALIBIN Zainorrahman Zainorrahman; Lutfiana Fazat Azizah; Kadarisman Kadarisman
Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2 (2018): Juli-Desember 2018
Publisher : FKIP Universitas Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24929/alpen.v2i2.21

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 5