cover
Contact Name
Atika Dini Savitri
Contact Email
-
Phone
+6285232734788
Journal Mail Official
ubthumaniora@gmail.com
Editorial Address
Gedung Rektorat Lantai 3 Jl. Lama No. 01, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Jurnal Borneo Humaniora
Jurnal Borneo Humaniora adalah jurnal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu, diadopsi dalam berbagai aktivitas penelitian dosen. Yang tergolong dalam rumpun ilmu humaniora yaitu: Ekonomi, Teologi, Filsafat, Hukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, dan Psikologi. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal BORNEO HUMANIORA (p-ISSN 2615-4331 dan e-ISSN 2599-3305) yang diterbitkan oleh LPPM UBT setahun 2 kali terbit pada bulan Februari dan Agustus. Untuk menunjang kelangsungan eksistensi Jurnal Borneo Humaniora redaksi mengundang para peneliti untuk menyumbangkan artikel hasil penelitian di bidang Ilmu-ilmu Humaniora.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2024): Februari" : 1 Documents clear
An Analysis of Students’ Problems on Writing Descriptive Text at Ten Grade of SMA NU 1 Tarakan Febriani, Yayuk; Hartiwi, Anin
Jurnal Borneo Humaniora Vol 7, No 1 (2024): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v7i1.6637

Abstract

Penelitian ini menyelidiki tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam pengembangan kemahiranmenulis teks deskriptif. Meskipun teks deskriptif adalah jenis teks yang tidak terlalu sulit, namun masih ada siswa yang masih menghadapi beberapa masalah dalam menulis teks deskriptif. Peneliti menggunakan tes menulis sebagai alat untuk mengumpulkan data dan bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA NU 1 Tarakan pada siswa kelas X. Penelitian ini menemukan masalah utama seperti pilihan kosakata dan leksikal yang terbatas, kesulitan memasukkan detail sensorik, dan masalah organisasi, kurangnya pemahaman elemen bahasa deskriptif, dan kurangnya kesadaran audiens. Hasil ini memberikan pemahaman yang berharga tentang dinamika kompleks dan tantangan yang dihadapi siswa dalam upaya linguistik kreatif ini. Hasil ini memberikan pemahaman yang berharga tentang dinamika kompleks dan tantangan yang dihadapi siswa dalam upaya linguistik kreatif ini. Pendidik dapat meningkatkan strategi pedagogis untuk mendorong penguasaan siswa dalam menulis deskriptif dengan memahami dan mengurangi kesulitan ini, yang akan menghasilkan peningkatan ekspresi kreatif dan kemampuan linguistik siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 1