cover
Contact Name
Aris Indriyanti, S.Pd., M.Pd.
Contact Email
aris@stieykp.ac.id
Phone
+6281328025208
Journal Mail Official
primaekonomika@stieykp.ac.id
Editorial Address
Jl. Godean Km 3 Tambak Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Prima Ekonomika : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 20870817     EISSN : 26214148     DOI : 10.37330/prima-ekonomika
Jurnal Prima Ekonomika merupakan jurnal ilmiah berkala tentang ekonomi dab bisnis. Frekuensi terbit setiap 6 bulan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2015): Prima Ekonomika" : 5 Documents clear
MAMAJEMEN PENCEGAHAN KKN DI INDONESIA Maszudi, Edi
PRIMA EKONOMIKA Vol. 6 No. 1 (2015): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.451 KB)

Abstract

Tahun 2016 ini, usia NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sudah 71 tahun dangerakan reformasi 1998 sudah memasuki usia 18 tahun. Hanya sayangnya masalah KKN(Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) yang menjadi agenda reformasi tidak berkurang, bahkansemakin mengila! Korupsi sudah masuk ke daerah-daerah hingga desa-desa di seluruh pelosoknegeri. Ditambah lagi gerakan terorisme dan ideologi radikal baik dari kanan dan kiri yangingin mengubah dasar negara NKRI patut diwaspadai. Ideologi kanan maksudnya ideologidari kelompok keagamaan yang ingin mengubah Pancasila dengan negara dengan sistemteologi tertentu adalah bahaya laten yang harus diperangi, sedangkan ideologi kiri radikaladalah ancaman dari bangkitnya komunisme gaya baru. Peredaran narkoba dan zat aktiflainnya yang kian marak membuat generasi muda tidak peduli terhadap masa depan bangsadan negara juga bentuk kejahatan yang wajib diberantas di NKRI. Perlu adanya Tindakanyang jelas dalam Pencegahan KKN di semua Aspek.
ANALISIS PENGARUH PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PRATAMA YOGYAKARTA Sudaryanto, Sudaryanto
PRIMA EKONOMIKA Vol. 6 No. 1 (2015): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.474 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelayanan kefarmasian terhadapkepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Pratama Kota Yogyakarta. Dalam penelitian inisampel yang diambil adalah 50 responden yang terdiri dari semua pasien rawat jalan di RumahSakit Pratama Kota Yogyakarta. Sampel diambil dengan menggunakan metode conveniencesampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikanlangsung kepada responden. Penelitian ini menggunakan model regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukan pelayanan kefarmasian tidak berpengaruh terhadapkepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Pratama Kota Yogyakarta. Hal ini ditunjukan ujit yang di peroleh sebesar 0,141 lebih besar dari hasil signifikan yang besarnya 0,05. Dari ujikoefesien determinasi menunjukan bahwa R Square besar 0,045 atau 4,5%. Hal ini menunjukanbahwa pelayanan kefarmasian berpengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 4,5 %,sedangkan sisanya sebesar 0,955 atau 95,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian iniKata Kunci : Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit
PENGARUH EFEKTIVITAS PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN TERHADAP MUTU PELAYANAN DI SWALAYAN MIROTA KAMPUS YOGYAKARTA kadari, kadari
PRIMA EKONOMIKA Vol. 6 No. 1 (2015): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.721 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Efektivitas Penanganan KeluhanPelanggan Terhadap Mutu Pelayanan di Mirota Kampus Yogyakarta”, penulis menelitiapakah ada hubungan yang positif antara efektivitas penanganan keluhan dengan mutupelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penanganan keluhanpelanggan yang dilakukan oleh karyawan, terhadap mutu pelayanan di Mirota KampusYogyakarta, dan besar pengaruh Efektivitas penanganan keluhan terhadap mutupelayanan di Mirota Kampus Yogyakarta .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif pendekatanasosiatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah denganmenggunakan metode kuesioner dan studi dokumentasi. Metode pengambilan sampeldalam penelitian ini adalah metode Probability samplig, yaitu suatu teknik penarikansampel yang memberikan kesempatan yang sama pada setiap anggota populasi untukterpilih menjadi sampel. Dengan ukuran populasi (N) = 100, maka jumlah respondenyang akan dihitung menggunakan rumus Slovin, jumlah responden penelitian inidengan tingkat kesalahan sebesar 10% (tingkat kepercayan 90%) adalah 50 responden.Dalam penelitian ini, analisis data yang dilakukan dengan menggunakan perhitungaregresi linier sederhana.Berdasarkan hasil perhitungan korelasi rank spearman didapatkan R sebesar 0, 586artinya variabel efektivitas penanganan keluhan (X) memiliki hubungan dengan mutupelayanan (Y) Mirota Kampus. Perhitungan koefisien determinasi dalam persendiperoleh sebesar 34.3% dan sisanya 65.7% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasilpengujian hipotesis diperoleh bahwa T hitung (5.009) > T tabel (1,677) artinya H0diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa berpengaruhsignifikan antara efektivitas penanganan keluhan (X) dengan mutu pelayanan (Y) diMirota Kampus Yogyakarta.
STUDI KOMPARASI SISTEM MANAJEMEN DALAM PENDIDIKAN DI YOGYAKARTA (INDONESIA) DAN THAILAND Sudarmanto, Sudarmanto
PRIMA EKONOMIKA Vol. 6 No. 1 (2015): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.232 KB)

Abstract

Tulisan ini merupakan upaya untuk mengungkapkan hasil temuan selama menjadiguest lecturer pada RMUTK. Guest lecturer sendiri bertujuan untuk meningkatkankinerja dosen yang pada gilirannya akan meningkatkan kinerja mahasiswa.Metode yang digunakan meliputi teori sosial, budaya dan komunikasi. Tiap fragmenyang ditemui di lapangan dianalisis dengan prinsip – prinsip dari ilmu – ilmutersebut.Hasil temuan yaitu bahwa filosofi pendidikan di RMUTK menganut prinsipkomplementasi dan bukan kompetisi. Dalam berbagai hal prinsip ini dapat secaraalamiah menempatkan posisi mahasiswa yang berbakat dan kurang berbakat padafungsinya masing – masing.
ANALISIS LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN REKAM MEDIS PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS DI RSPAU dr. S. HARDJOLUKITO YOGYAKARTA Wirawan, Ganis
PRIMA EKONOMIKA Vol. 6 No. 1 (2015): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyelenggaraan rekam medis dituntut untuk memberikan pelayanan prima untukmenciptakan kepuasan pasien terutama dengan waktu tunggu yang singkat. Berdasarkan hasilpenelitian penulis di RSPAU dr. S. Hardjolukito, salah satu masalah rekam medis adalahlamanya waktu tunggu pelayanan rekam medis pasien rawat jalan peserta BPJS.Metode penelitian yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untukmengetahui kendala-kendala yang mempengaruhi lama waktu tunggu pelayanan rekam medispasien rawat jalan peserta BPJS di RSPAU dr. S. Hardjolukito. Subyek penelitian ini yaitupetugas pendaftaran rawat jalan dan petugas rekam medis, sedangkan objek penelitian iniadalah pelayanan rekam medis pasien rawat jalan peserta BPJS. Cara pengumpulan data denganmenggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan rekam medispasien lama tergolong lama yaitu 15 menit 53 detik atau lebih lambat dari standar yang telahditetapkan pemerintah yaitu <10 menit. Kendala yang mempengaruhi waktu tunggu pelayananrekam medis pasien rawat jalan peserta BPJS yaitu berkas persyaratan pasien tidak lengkap,gangguan fasilitas pendaftaran, dan masalah pada penyimpanan berkas rekam medis.

Page 1 of 1 | Total Record : 5